Episode Manik Pada Mereka Yang Mengalami Bipolar

Manik / Mania atau Maniac, merupakan episode yang muncul pada mereka yang mengalami bipolar. Episode ini akan muncul bergantian dengan episode depresif dari mereka yang mengalami bipolar.

Episode manik adalah kebalikan 180 derajat dari ciri – ciri gangguan depresif mayor. Mereka yang sedang mengalami episode manik ini, biasanya akan mengalami beberapa ciri seperti :

  1. Sangat bersemangat dan juga bergairah, jauh lebih bergairah dibandingkan orang – orang biasa yang mungkin mengkonsumsi obat – obatan
  2. Berteriak – teriak
  3. Memiliki dorongan atau impuls energi yang sangat kuat
  4. Seringkali terlihat seperti orang yang sedang mengamuk
  5. Kepercayaan diri meningkat sangat drastis

Ibaratnya sebuah game komputer, maka mereka yang berada dalam episode manik ini memiliki kekuatan diatas 100%, dan terlihat sangat liar, dan juga rusuh apabila tidak terbiasa melihatnya.

Namun, seperti ciri khas dari gangguan bipolar, episode ini akan bertahan selama beberapa saat, beberapa hari atau beberapa waktu, lalu kemudian akan berubah secara drastis ke dalam episode depresif.

Dari dua episode yang sangat berlawanan itulah, maka seringkali gangguan bipolar ini banyak disebut sebagai gangguan yang mirip seperti roller coaster.

Perubahan yang terjadi sangatlah drastis, dan sangat tidak terkontrol. Bagi anda yang tidak biasa menghadapi dan bertemu mereka yang mengalami gangguan bipolar ini, maka bisa dipastikan anda akan merasa bingung, sekaligus takut menghadapinya, karena anda tidak tahu kapan episode manik atau depresif tersebut muncul.

Bagaimana Menghadapi Gangguan Bipolar?

Saat ini, farmakoterapi, alias terapi menggunakan obat – obatan secara medis merupakan solusi yang banyak digunakan dan efektif untuk mengendalikan masing – masing episode dari gangguan bipolar tersebut. Namun, ketika putus obat, maka episode tersebut akan kambuh lagi.

Selain terapi menggunakan obat – obatan, psikoterapi, alias terapi secara psikologis juga terbukti efektif membantu mereka yang mengalami gangguan bipolar. Psikoterapi seperti hipnoterapi, dan meditasi efektif untuk membantu menguranig gejala – gejala dari masing – masing episode dari gangguan bipolar.

Dengan cara di atas sekiranya kita mampu untuk hidup sehat baik itu secara fisik maupun psikologis. Jangan lupa terus pantengin www.psikoma.com dan di share ke banyak orang agar yang lain mendapat manfaat

By: Muhamad Fadhol Tamimy

 

Baca Juga artikel sebelumnya Mengenal Apa Itu Bipolar Disorder