Diantara Dua Pilihan Pria Untuk Menjadi Pendamping Hidup

Nama : Vhy
E-mail : nuraexx@gmail.com
Judul : Konsultasi psikologis pendamping hidup (saya bingung memilih tunangan saya atau pria baru)
Isi Konsultasi : Saya wanita usia 24 tahun, dan saya sudah bekerja. Saya telah berhubungan dengan pria I selama hampir 3 tahun, dia pria yang baik, tidak pernah aneh2, dia selalu berusaha mewujudkan keingingan saya meskipun dia pria yang cuek introvert, pendiam, dan tidak romantis. Kami sering berdebat tentang masalah bagaimana dia bersikap cuek, atau saya yang sering tidak di perhatikan, bahkan tentang bagaimana dia seharusnya memperlakukan hari spesial. Pandangan kami tentang bagaimana hari ulang tahun seharusnya berbeda, dia lebih merasa kalau hal itu bukan hal penting, tapi saya sebaliknya, saya sering ingin menyerah karna pertengkaran kami. Tapi saya merasa dan dia selalu meyakini kalau perbedaan kami bukan masalah.

Hampir satu tahun belakangan ini kami menjalani hubungan LDR, karna pekerjaan kami beda kota, akibatnya kami jarang bertemu, paling bisa disempatkan bertemu sebulan sekali. Tapi karna sipatnya yang cuek dia jarang sekali memberi kabar, dia sering bilang karna kerjaanya, tapi bisa sampe sehari bahkan 2 hari dia tidak balas WA saya. Saya sering merasa ingin menyerah tapi dia terus meyakinkan kalau semuanya baik2 saja, akhirnya kami memutuskan untuk bertunangan bulan des 2016 dan menikah di bulan des 2017. Tapi setelah tunangan dia makin sibuk dengan pekerjaanya, makin susah untuk memberi kabar.

Dan akhirnya 2 bulan belakangan ini saya dekat dengan pria F, sebenarnya dari awal saya masuk kerja di tempat ini dia sudah mencoba mendekati saya, tapi saya menguatkan hati karna saya ingin setia pada pasangan saya, dia pria yang humoris, dia pria yang terbuka dan tau cara mengungkapkan perasaan, dia sering memeluk saya, dan tidak malu untuk menggandeng tangan saya dan saya suka diperlakukan seperti itu, merasa saya sangat diakui berbeda dengan pasangan saya. Pria F dari awal tau saya punya pacar dan saya sudah tunangan, tapi dia tetap berusaha mendekati akhirnya 2 bulan ini kita mulai menjalani hubungan yang awalnya saya pikir cuma pertemanan karna saya merasa jenuh dengan tunangan saya, tapi makin kesini saya makin bingung, dia menunjukan keseriusannya, dia minta saya menunggu 1 tahun lagi dan menikah dengannya. Tapi saya bingung harus memilih tunangan saya yang saya tidak yakin lagi dengan perasaan saya atau memilih orang baru tapi saya juga ragu apakah dia bener2 akan menikah dengan saya?

Jawaban

Memilih pendamping hidup – Untuk mba vhy, menjalin hubungan dan memantapkan sebuah komitmen memang tak selamanya lancar dan mulus seperti jalan tol. Menggunakan jalan tol saja agar mulus kita perlu membayarnya terlebih dahulu bukan? Begitu juga dalam menjalin hubungan, akan ada selalu gangguan yang menyertai. Entah itu sesuatu yang “baru” ataupun sifat dari pasangan.

Mungkin ada beberapa hal yang ingin saya beri nasehat, barangkali apa yang saya beritaukan ini dapat menjadi bahan pertimbangan, karena keputusan tetap berada di tangan anda.

Ketahuilah bahwa memang menghadapi pria yang cuek itu membuat sebel. Terlebih lagi jika lelaki tersebut tidak peka. Padahal sebagai seorang wanita, kasih sayang dan perhatian hingga hal-hal kecil pun selalu ingin diutamakan. Hal ini sudah kodratnya seorang wanita sebagai manusia, ingin disayangi dan dicintai.

Tidak memperhatikan hari ulang tahun bukanlah masalah, karena bisa jadi rasa kasih sayang ditunjukkan dengan hal lain. Toh juga belum menjadi suami anda. jika nanti ia menjadi suami bisa jadi ia akan lebih romantis dari apa yang di bayangkan saat ini.

Mencari dan Menentukan Pendamping Hidup

Kesibukan yang ia lakukan, bisa jadi ia sedang berusaha keras untuk mewujudkan harapan dan cita-cita yang sedang kalian rancang bukan?

Untuk rekan anda yang tengah mendekati anda memang akan membuat anda bimbang. Terlebih lagi ia memberikan perhatiannya. Namun cobalah untuk di perhatikan lagi, bahwa sebenarnya “HAL-HAL BARU” itu memang menarik, namun tak selamanya “HAL-HAL Baru” terasa sama dan mengenal diri anda. Bisa jadi orang baru tersebut hanya manis di muka. Terkecuali mantap ia hendak melamar dengan pasti tanpa janji.

Memilih pendamping hidup – Kalau ditimbang kepastian dengan penetapa waktu adalah hal yang lebih realistis dibandingkan dengan banyaknya perhatian. Oleh sebab itu cobalah untuk didiskusikan lagi dengan pasangan anda yang telah bertunangan dengan anda tempo hari yang lalu. Bukankah dikhianati itu sakit? Untuk itulah coba segera diskusikan dan berikan penegasan dengan orang yang baru anda kenal dan juga tunangan anda tersebut. Jika ingin melanjutkan mintalah kepastian waktu.

Karena sebagai wanita yang lebih menenangkan adalah kepastian bukan sebuah obrolan janji tanpa penetapan waktu. Psikologi Mania