Dhasyatnya Mekanisme Pikiran Dalam Membuat Arsip Memory Dalam Akal

Dhasyatnya Mekanisme Pikiran Dalam Membuat Arsip Memory Dalam Akal

January 18, 2017 Off By admin

Dhasyatnya Mekanisme Pikiran Dalam Membuat Arsip Memory Dalam AkalSetelah sebelumnya kita memahami beberapa hal yang dapat menguatkan kekuatan pikiran, maka dalam tulisan kali ini saya akan membahas seberapa berartinya kekuatan pikiran dalam membuat arsip Memory dalam akal kita.

Ya memory, mengapa harus memory? Sebagai pendahuluan, memory merupakan ingatan, yang berfungsinya disebabkan oleh kerja kognisi yang mana melibatkan otak dalam pengambilan sebuah informasi. Dalam proses memory (mengingat) terdapat 3 tahapan penting yang tak akan terpisahkan yaitu encoding (memasukkan informasi), storage (penyimpanan), dan juga mengingat (retrieval stage).

Pikiran Membuat Arsip Memori Dalam Akal

Pada saat lahir, manusia itu bersih. Data – data di dalam otaknya jernih. Ia pun belumlah mengerti makna dan juga bahasa apa pun. Bahkan, ia juga belum mengerti apa yang terjadi di alam sekitarnya. Orang tua mulai mengajaknya untuk berkomunikasi melalui ekspresi wajah dan gerakan tubuh secara berulang – ulang sampai ia dapat mengucapkan kata-kata.

Seiring berjalannya waktu, ia tumbuh menjadi besar. Ia mulai sedikit demi sedikit memiliki pengetahuan sederhana tentang sebuah makna yang terjadi di sekitarnya. Pengetahuan ini akhirnya memberinya pengertian tentang makna yang ia tangkan dan memberikan kata tertentu yang mana menggambarkan pengertian tersebut.

Di sinilah akal mulai membuka data/ file-file (memory) kognitif bagi pengertian ini. Setiap saat mengetahui pengertian lain dari suatu kata, maka terbentuklah file (memory) tersendiri untuk melengkapi pengertian tersebut. Di setiap file secara khusus akan memuat pengertian tertentu. Maka, saat seorang anak akan mendapatkan pengalaman dalam pengertian tertentu, akalnya pun akan merekam pengalaman tersebut dalam sebuah file khusus.

Sebagai sebuah contoh, file (Memory) untuk cinta. Pada saat anak menemukan sesuatu yang berarti cinta, maka akalnya akan merekam seuatu hal tersebut dalam file cinta. Contoh lainnya adalah file marah. Anak akan merekam semua pengalaman marah yang ia alami sepanjang hidupnya dalam file marah.

Begitulah akal yang akan terus melakukan proses membuka memory dan menyimpan beragam pengalaman ke dalam file-file yang sesuai dengan pengertian dengan pengalaman yang ditemui oleh seseorang. Dengan demikian maka terbentuklah memory kasih sayang, memory ceria, memory takut, cemas, putus asa, kehilangan, persatuan, citra diri, harga diri, kesabaran, kepemilikan, istikomah dan lain sebagainya.

Jadi dalam hal ini akal memiliki banyak sekali arsip memory yang berisi pengetahuan, keyakinan, bahasa, norma, dan juga prinsip. Setiap kali kita menghadapi pengalaman baru, maka otak akan mengidentifikasinya dengan menggunakan data yang telah ada, selanjutnya menyimpan pengalaman baru tersebut di dalam file yang sejenis.

Kejutan

Pada saat seseorang takut pada hal tertentu, terbukalah file perasaan takut di dalam otaknya. Di setiap kali menghadapi rasa takut tersebut, baik secara sadar ia akan memikirkan hingga membayangkan, persepsinya akan meningkat dan juga rasa takut di dalam file tersebut semakin menumpuk.

Apabila ia ingin terbebas dari rasa takut tersebut, maka ia akan mulai mengobatinya secara konsisten, maka di saat seperti itulah terjadi yang namanya kejutan. Ia akan dapat sepenuhnya bebas dari file takut karena file tersebut sejenis.

Ada orang yang mencoba untuk mengatasi rasa cemas, takut, gugup, kesepian, sia – sia dan sebagainya dengan menggunakan obat-obatan. Padahal, obat – obatan tersebut tak dapat mengubah file yang telah tersimpan di dalam akal bawah sadarnya tersebut.

Contoh Di Dalam Kehidupan Nyata

Pada suatu hari seorang wanita paruh baya datang dari daerah meksiko untuk menemui motivator di montreal, Kanada. Ia pun terpukul dikarenakan perceraian dengan suami yang ia cintai. Padahal, mereka telah 10 tahun lamanya hidup bersama. Mereka pun dikaruniai 3 anak. Pada awalya perempuan tersebut hidup damai sejahtera sampai saat ia melihat perubahan yang terjadi ada suaminya.

Belakangan, sang suami ini sering pulang malam, cendrung bersikap temperamental, tak seperti biasanya. Setelah ia menyelidiki hal tersebut, ternyata sang suami telah main serang dengan gadis keturunan Kanada-Prancis. Ia pun berusaha untuk tegar dalam menghadapi kenyataan tesebut, namun akhirnya ia pun minta cerai.

3 bulan kemudian, perempuan tersebut merasakan kesepian, takut dan disia – siakan. Ia pun memutuskan untuk membawa pergi anak-anaknya ke daerah meksiko, dan berharap ada perubahan sekaligus ia mengunjungi keluarga serta teman-teman. wanita itu pergi selama dua bulan. Selama itu pula ia merasakan adanya perubahan.

Namun, di saat ia kembali ke Montreal Kanada, hysteria perasaan tersebut hadir kembali menyayat seluruh jiwanya. Ia akhirnya berkonsultasi dengan seorang spesialis berbagai bidang. Hasil yang di dapat untuk sementara waktu ia dapat tenang. Akan tetapi, di saat ia kembali menyendiri, isak tangisnya pecah. Muncul kembali perasaan – perasaan negatif di mana ia takut akan kesepian.

Ketika ia mengunjungi sang motivator tersebut di Montreal, motivator tersebut pun menjelaskan bahwa di dalam dirinya ada sebuah memory khusus yang mana ia menyimpan seluruh peristiwa menyakitkan tersebut. File itu sendiri memiliki cabang yang akan terhubung dengan file-file menyakitkan lain yang mana pada saat file/ memory tersebut terbuka maka akan memicu terbukanya file yang lain pula.

Agar dapat merubah secara keseluruhan maka sang wanita itu di anjurkan oleh sang motivator untuk menyembuhkan di dalam diri sendiri. Sembari sang motivator yang juga seorang psikolog tersebut memulai melakukan terapi. Di pertemuan awal, sang motivator menggunakan metode al-istirja’ bi al-‘umr (penyingkapan masa lalu) dan metode ‘illaj al-dzat al syabbah (terapi dalam diri dengan mengenang masa muda). Hasilnya, wanita tersebut merasakan ketenangan yang sebelumnya pernah hilang.

Pada pertemuan yang kedua, sang motivator menggunakan sebuah metode memutus tali penghubung dari akal bawah sadar (qath’ al-habl al-la-wai). Ini adalah metode khusus dalam memutuskan tali yang menguhubungkan ia dengan mantan suami sehingga wanita tersebt benar – benar lepas dari pengaruhnya. Dan, di saat pertemuan yang ketiga sang motivator memberikan sebuah terapi kekuatan energy manusia. Terapi yang ketiga ini dilakukan guna membersihkan pusat – pusat pengaruh sang suam di dalam diri wanita itu, llalu menyeimbangkan dalam 7 pusat kekuatan dalam diri manusia. Kurang dari 10 hari, sang wanita tersebut akhirnya dapat melepaskan diri daripada pahitnya pengalamannya.

Di sesi akhir pertemuan sang motivator mengupayakan agar wanita tersebut membangun masa depan cerah, apapun rintangan yang ia hadapi. Mulai dari sekarang ia akhirnya telah kembali pada kehidupannya yang semula. Bahkan, ia pun lebih tegar. File-file yang cenderung negatif telah berubah menjadi file yang positif. Sehingga hal tersebut mendukungnya untuk dapat lebih bersikap tegar. File – file tersebut memiliki beragai keterampilan yang diperoleh aka daripada pengalaman.

Begitulah contoh memory (file) akal yang tersimpan di dalam alam bawah sadar. Guna membuat sebuah perubahan sempurna seperti yang di inginkan, maka mulailah dari dalam diri anda. Yaitu dalam mengubah memory khusus yang terkait dengan hal itu.

Hal ini senada dengan firman Allah, sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS: Al-Ra’d 11).

Jadi, sekali lagi, guna menumbuhkan perubahan yang diinginkan terjadinya secara sempurna, maka mulailah dari dalam diri anda. Sekuat apapun bantuan yang diberikan dari luar, tak akan efektif kecuali apabila anda menolong diri sendiri dengan kembali pada Allah.

Setelah itu, mengubah sebuah arti persepsi di dalam file (memory) bawah sadar. Dengan begitu, maka perubahan pun akan sempurna. Saat anda mengubah persepsi, segalanya pun akan ikut berubah. File di alam bawah sadar anda akan berangsur berubah dan akan mengubah kehidupan seperti apa yang diidamkan. By: Muhamad Fadhol Tamimy

(Referensi: Terapi Berpikir Positif Dr. Ibrahim Elfiky)

Untuk mengundang ataupun mengadakan kerjasama di bidang pelatihan dan training motivasi, pendidikan, dan industry dengan psikoma/ Psikologi Indonesia anda dapat menghubungi via kontak dan pesan massager di fanspage facebook Psikologi Indonesia @ipsikologi. Semoga selalu di berikan kesuksesan dan keberkahan dalam menjalani hidup.