Depresi Dan Masalah Gangguan Yang MenyertainyaDepresi selalu saja memiliki gangguan yang menyertainya, sebelum depresi itu sendiri muncul. Sebelum membahasnya, terlebih dahulu kita memahami arti dari depresi yaitu merupakan suatu kondisi kejiwaan yang terguncang dikarenakan munculnya perasaan tertekan, sedih dan juga lelah, yang sangat mendalam, dimana pada keadaan ini mampu menyebabkan hilangnya semangat, serta mengganggu beragam aktivitas dan juga membuat kita malas untuk melakukan segala apapun. Pada kasus lain yang lebih ekstrim, bahkan munculnya depresi menyebabkan seseorang tak memiliki gairah dalam hidup hingga aksi bunuh diri.

Munculnya depresi terlebih dahulu di awali dengan gejala stress yang muncul dalam diri seseorang. Stress yang tidak tertangani dengan baik berlanjut pada stress yang tergolong berat. Stress yang tergolong berat ini, lalu memunculkanlah gangguan yang dinamakan depresi ini.

Banyak hal hal yang menjadi penyebab kemunculan depresi saat ini. Masalah-masalah seperti interaksi sesama manusia, persepsi yang salah terhadap penyikapan sebuah kondisi, hingga motovasi rendah dalam diri seseorang. Beberapa penyebab depresi dapat kita ketahui seperti beriktu ini;

  • Kematian ataupun kehilangan orang yang dicintai dan sangat dekat dengan diri kita.
  • Bencana Alam yang terjadi
  • Korban kekerasan maupun tindak asusila
  • Rasa Kesepian Yang Berlarut-larut
  • Ketidakpuasan Terhadap Takdir
  • Tekanan Dari Orang-orang di sekitarnya
  • Konsumsi Narkoba ataupun Alkohol
  • Dan yang terakhir adalah kesulitan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya maupun lingkungannya.

Depresi akan menyebabkan gangguan gangguan fisik seperti masalah pencernaan, rasa berat di tengkuk, pusing, dan sakit yang di rasakan secara berlebihan akan kondisi fisiknya. Selain itu, orang yang sedang mengalami depresi akan terlihat murung, menutup diri, dan nampak bersedih. Hal tersebut dikarenakan sebuah guncangan dari perasaan yang dirasa berat oleh para penderitanya.

Perlu penanganan yang segera, sebelum depresi tersebut berujung pada aksi membahayakan diri sendiri, seperti pada bunuh diri. Selain itu penguatan orang-orang di sekitarnya pun sangat di butuhkan untuk meneguhkan kondisi psikologis orang-orang yang mengalami depresi.

Dorongan untuk memperbaiki kualitas spritual merupakan hal yang paling ampuh untuk di lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu orang-orang di sekitar anda yang mengalami depresi. Salam. By: Muhamad Fadhol Tamimy