Deep Breathing Relaxation, Teknik Relaksasi Yang Efektif Untuk Mengatasi Stress Dan KecemasanTeknik Relaksasi Yang Efektif Untuk Mengatasi Stress. Anda mungkin sering mengalami masalah kecemasan dan juga sering mengalami stress bukan? Tuntutan pekerjaan yang berat, dan juga tuntutan lainnya merupakan salah satu penyebab munculnya stress dan juga kecemasan pada banyak orang, dan anda pun bisa menjadi salah satunya. Banyak orang merasa stress, dan juga seringkali tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi stress dan kecemasan yang mereka alami, sehingga berujung pada depresi dan masalah – masalah psikologis yang semakin parah.

Nah, bagi anda yang mungkin sedang cara terbaik untuk mengatasi masalah  dan juga masalah kecemasan, maka anda bisa mencoba melakukan relaksasi tubuh, untuk mengatasi kecemasan dan juga stress yang anda alami.

Manfaat Dari Relaksasi Tubuh

Relaksasi sudah lama menjadi andalan banyak terapis untuk mengatasi kecemasan dan juga stress. Prinsip utamanya adalah, ketika seseorang berada dalam kondisi rileks, maka kondisi psikologisnya juga akan menjadi lebih baik dan tenang, sehingga mampu untuk membantu meredakan stress dan juga kecemasan yang sering muncul. Selain itu, dengan kondisi tubuh yang sudah rileks dan juga tenang, maka hal ini akan berpengaruh juga terhadap pikiran dan juga emosi anda. Intinya adalah relaksasi tubuh bisa membantu anda untuk menjadi lebih tenang, fokus dan juga bisa membantu untuk menurunkan stress dan kecemasan secara efektif.

Bagaimana Supaya Tubuh Bisa Menjadi Rileks?

Nah, supaya tubuh anda bisa menjadi lebih rileks dan dapat membantu anda menurunkan kecemasan dan mengatasi stress, maka ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tubuh anda menjadi lebih rileks :

  1. Melakukan latihan pernapasan
  2. Melakukan relaksasi pada otot – otot tubuh
  3. Meditasi
  4. Yoga dan Senam
  5. Pergi ke lokasi atau tempat wisata yang nyaman dan menarik

Deep Breathing Relaxation, Teknik Pernapasan Untuk Stress Dan Juga Kecemasan

Salah satu teknik pernapasan yang mudah untuk dilakukan untuk mengatasi kecemasan dan juga stress adalah deep breathing relaxation. Teknik pernapasan ini sangat mudah untuk dilakukan, dan bisa digabungkan juga dengan teknik relaksasi yang lainnya. Berikut ini adalah langkah – langkah mudah untuk melakukan Teknik Deep Breathing Relaxation :

  1. Posisikan tubuh anda secara nyaman, disarankan untuk duduk tegak dan tidak terganggu atau terdistraksi.
  2. Pejamkan mata anda perlahan, usahakan berada di ruangan yang sunyi dan tidak ramai
  3. Letakkan satu tangan anda pada bagian dada, dan rasakan detak jantung anda.
  4. Letakkan satu tangan anda lagi pada bagian perut anda.
  5. Tarik napas melalui hidung dengan kuat, hingga anda merasakan nafas anda memenuhi perut anda
  6. Kemudian lepaskan atau hembuskan nafas anda melalui mulut secara perlahan, rasakan ketika anda menghembuskan nafas, maka udara di perut anda menjadi berkurang, yang perut anda menjadi mengempis
  7. Lakukan pernapasan ini beberapa kali, sesuai dengan kemampuan anda.

Teknik pernapasan ini bisa anda lakukan dimanapun anda berada, selama anda bisa nyaman dengan situasi yang anda alami. Bisa juga menambahkan musik – musik apapun yang anda senangi, dan mampu untuk membuat ada merasa nyaman.

Itulah sedikit langkah  – langkah teknik relaksasi deep breathing relaxation yang bisa anda lakukan sendiri dimanapun anda berada untuk membantu mengatasi stress dan menurunkan kecemasan yang anda alami

By: Eduardus Pambudi