Datang Ke Psikolog, Apakah Saya Mengalami Gangguan Kejiwaan?

Datang Ke Psikolog, Apakah Saya Mengalami Gangguan Kejiwaan?

November 23, 2016 Off By admin

Datang Ke Psikolog, Apakah Saya Mengalami Gangguan Kejiwaan? Gangguan kejiwaan – Saat ini, profesi psikolog seringkali dianggap mengerikan, karena banyak orang yang menganggap bahwa datang ke psikolog, berarti dirinya mengalami gangguan kejiwaan, dan akan dikucilkan masyarakat. Namun demikian, sebenarnya pernyataan ini kurang tepat. Ketika anda datang ke seorang psikolog, atau mungkin psikiater, bukan berarti anda mengalami apa yang namanya gangguan kejiwaan.

Psikolog merupakan profesi yang berkaitan dengan ilmu psikologi, baik psikologi klinis, industri organisasi, sosial, anak, pendidikan dan sebagainya. Tugas utama dari psikolog adalah melakukan proses pemeriksaan dan konseling, serta melakukan pendekatan psikologi kepada klien.

Hal-hal Apa Saja Yang Ditangani Oleh Psikolog?

Apabila membahas mengenai hal apa saja yang ditangani dan menjadi ruang lingkup seorang psikolog, maka Jawabannya sangat luas. Hal ini disebabkan karena ruang lingkup psikolog adalah segala hal yang berkaitan dengan manusia, baik itu buruk, baik, hingga masalah kesehatan mental, yang juga sering dianggap sebagai gangguan jiwa.

Namun demikian, hal ini membantah bahwa datang ke psikolog adalah tanda bahwa anda mengalami gangguan jiwa. Anda tidak harus mengalami gangguan jiwa untuk datang ke seorang psikolog.

Misalnya saja anda merasa stress dan depresi akibat kondisi rumah tangga anda. Ini bukanlah suatu bentuk gangguan jiwa. Atau mungkin anak anda sulit diatur dan juga anda ingin supaya anak menjadi lebih giat belajar lagi. Apakah ini termasuk ke dalam gangguan jiwa? Bukan. Melakukan pemeriksaan melalui test IQ juga merupakan ruang lingkup pekerjaan psikolog. Jadi, belum tentu ketika anda datang ke psikolog, maka anda adalah orang yang mengalami gangguan mental atau gangguan kejiwaan.

Saat ini, ilmu psikologi dan juga psikolog tentunya sudah banyak berfokus kepada bagaimana mengembangkan dan membantu orang lain supaya mampu untuk mencapai kesehatan mental yang baik, dan memiliki trait positif di dalam dirinya. Jadi, ilmu psikologi tidak melulu berkaitan dengan gangguan jiwa, gangguan mental, dan lain sebagainya.

Ketika anda datang ke psikolog, psikolog tidak akan memandang anda sebagai orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Psikolog akan memandang anda sebagai seorang klien yang setara dengan dirinya, dan membutuhkan konsultasi mengenai masalah yang anda hadapi.

Faktanya adalah, ketika anda mengalami masalah, belum tentu anda sanggup untuk menghadapi masalah anda hingga tuntas. Beberapa masalah anda mungkin membutuhkan pendampingan dan juga konsultasi oleh orang-orang yang profesional, seperti psikolog misalnya. Jadi, ketika anda datang ke psikolog, bukan berarti anda mengalami gangguan mental atau gangguan jiwa, namun anda berhasil menyadari, bahwa anda memiliki suatu masalah, dan ingin menuntaskan masalah yang anda hadapi tersebut.

Karena itu, jangan pernah takut untuk berhadapan dengan seorang psikolog. Psikolog adalah manusia yang sama seperti diri anda, yang telah disumpah untuk membantu menyelesaikan dan memberikan solusi terbaik akan permasalahan yang dialami oleh kliennya. Yuk, mulai saat ini hilangkan pemikiran bahwa datang ke psikolog berarti anda mengalami gangguan jiwa dan mental. Ubah pemikiran tersebut menjadi “saya datang ke psikolog, karena saya peduli dengan perubahan di dalam diri saya”. Psikologi Mania