Dampak Sosial Media Terhadap Perkembangan Kepribadian Seseorang

Dampak Sosial Media Terhadap Perkembangan Kepribadian Seseorang

December 22, 2016 Off By admin

Dampak Sosial Media Terhadap Perkembangan Kepribadian SeseorangDampak sosial media tentu saja memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing-masing. Kebanyakan pengguna sosial media yang kebanyakan remaja dan dewasa awal akan mengalami suatu perubahan atau perkembangan kepribadian yang bisa jadi dipengaruhi oleh penggunaan sosial media tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Alzahrani dan Bach (2014) mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor atau hal yang mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang ketika menggunakan sosial media. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat dampak sosial media bagi perkembangan kepribadian seseorang, terutama pada remaja:

  1. Memperkuat perilaku mencari popularitas

Salah satu dampak sosial media yang paling sering muncul dan menjadi pembahasan adalah munculnya perilaku “mencari”, yang berhubungan kuat dengan popularitas. Penggunaan sosial media banyak memicu munculnya perilaku mencari popularitas, dimana seseorang menggunakan sosial media hanya agar dirinya dilihat dan diakui oleh orang lain. hal inilah yang kemudian akan berdampak pada perkembangan kepribadian seorang remaja.

  1. Meningkatkan kecemasan dan depresi

Berikutnya, dampak sosial media yang bisa muncul pada remaja antara lain adalah dapat memunculkan dan memperkuat kemunculan depresi dan rasa cemas pada diri seorang remaja. Alasan pertama yang menyebabkan hal ini muncul adalah karena pertemanan di sosial media sifatnya hanyalah sementara dan tidak nyata, dimana seseorang tidak bertemu dan berinteraksi dengan “teman” di dalam kehidupan nyata.

Hal ini akan berdampak ketika misalnya seseorang melihat postingan temannya yang bahagia dan menyenangkan, di saat dirinya sedang merasa tidak nyaman. Hal ini akan membuat dirinya merasa sedih dan tidak bahagia dengan dirinya dan hidupnya sendiri. Inilah yang kemudian dapat memunculkan kecemasan dan juga depresi pada diri seorang remaja.

  1. Standar penampilan yang tidak realistis

Dampak sosial media membuat seorang remaja memiliki standar yang bahkan tidak realistis untuk diraih. Misalnya saja memaksakan diri menggunakan barang branded, hanya agar foto profilnya terlihat bagus, di saat dia sedang tidak memiliki uang sama sekali. Hal ini menyebabkan kecenderungan seseorang yang menggunakan sosial media, terutama anak muda menjadi cenderung materialistis, dan terobsesi akan suatu “kesempurnaan” dan kebahagiaan yang dibuat oleh standar sosial media, bukan standar dirinya di dalam kehidupan nyata.

  1. Munculnya budaya popularitas

Dampak sosial media menyebabkan seseorang menjadi cenderung terobsesi atau terfokus pada popularitas di dalam media sosial. Seperti misalnya menghabiskan banyak waktu hanya untuk memposting sebuah foto agar terlihat cool di sosial media.

Baca juga Tipe Kepribadian Seseorang Dilihat Berdasarkan Foto Profile Sosial Media

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebenarnya selain dampak sosial mdia yang positif, terdapat pula dampak negatif, yang dapat mempengaruhi perkembangan seorang remaja secara signifikan. sosial media sangat efektif untuk membentuk kepribadian seseorang berkat ke-4 faktor tersebut. Karena itu, bijaklah dalam menggunakan sosial media, agar anda tidak terkena dampak sosial media yang buruk tersebut. By: Eduardus Pambudi