Dampak Psikologis Perkembangan Anak Jika Dikekang Oleh Orang Tua

Dampak Psikologis Perkembangan Anak Jika Dikekang Oleh Orang Tua

February 27, 2017 Off By admin

Dampak Psikologis Perkembangan Anak Jika Dikekang Oleh Orang TuaNama : zahro
E-mail : zahro2xx@gmail.com
Judul : dampak psikologis perkembangan anak
Isi Konsultasi : Malam..apakah ada dampak psikis bagi anak yg dituntut melakukan perintah & permintaan org tua,yg srgkali perintah & permintaannya hnya dilandasi agar si anak bisa menyeimbangkan dg yg lain tnpa memikirkan apakah si anak mampu & menikmatinya atau tidak, selain itu si anak jg jarang diberi kebebasan utk melakukan apa yg ia suka, krn org tuanya sgt posesif, mengkhawatirkan anaknya mengalami kegagalan jika si anak yg memutuskan sendiri, pdhl tujuan si anak baik & mrpkn cita2nya. Dan apakah seseorang bisa berubah ke arah positif & sukses dg sendirinya tanpa bantuan & dukungan dari keluarga terutama orang tua? pdhl ia mengalami trauma akibat bullying shg sangat membutuhkan dukungan dari org2 terdekat. Mohon penjelasannya.

Jawaban

Dampak psikologis Perkembangan anak – Untuk mba zahro, Kondisi anak yang dalam keluarga smenjak kecil dituntut untuk memenuhi permintaan dan harapan dari orang tua, tanpa memikirkan apakah si anak mampu atau tidak. Menikmati atau tidak, tentu akan dapat menimbulkan dampak yang kurang begitu baik bagi perkembangan psikologis anak.

Misalkan saja, anak yang dituntut begitu banyak oleh orang tuanya tanpa di berikan hak untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dapat mengalami seperti marah, stress, hingga yang terparah berujung pada depresi.

Dampak lain yang dapat di alami sang anak adalah, anak bisa jadi menjadi anak yang pemberontak atau justru menjadi anak yang minder.

Ia bisa menjadi seorang anak pemberonak, dimana pemberontakan yang dilakukannya adalah bentuk dari ungkapan harapan dan keinginan yang selama ini tidak mampu diungkapkan kepada orang tuanya.

Anak berpotensi menjadi cendrung minder dan tidak percaya diri, hal tersebut dikarenakan pendapat anak dan keinginan anak yang selalu diredam atau tidak didengarkan oleh orang tuanya. Akhirnya sang anak merasa bahwa ide ataupun pendapat yang ia miliki tidak berharga. Dan hal itu jika terus menerus terjadi akan berdampak pula kepercayaan dirinya di lingkungan luar.

Dampak psikologis Perkembangan anak

Dan masih banyak lagi dampak psikologis yang akan di alami oleh sang anak. Kedekatan antara orang tua dengan anak pun akan menjadi bermasalah di kemudian hari. Dimana sang anak akan mengasosiasikan orang tuanya sebagai pengekang kebebasan dan hak yang dimiliki oleh sang anak. atau anak menganggap bahwa kehadiran orang tua justru memberikan dampak negative bagi kebahagiaan yang ia rasakan, sehingga ia beranggapan bahwa orang tua bukanlah tempat ternyaman untuk meminta bimbingan dan arahan.

Jika anak salah mengambil langkah dengan mencari bimingan diluar dalam artian orang lain, maka hal ini sangat mengkhawatirkan apabila ia mendapat bimbingan dari orang yang salah atau kurang tepat.

Pertanyaannya Selanjutnya adalah

Apakah seseorang dapat berubah kea rah positif dan sukses dengan sendirinya tanpa bantuan dan dukungan dari orang tua?

Tentu setiap manusia memiliki potensi dan kesuksesannya sendiri. Selama ia memiliki niat dan tekad untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Menjadi sukses adalah buah dari kekonsistenan dan usaha yang pantang menyerah. Banyak belajar dari orang-orang sukses atau dari apapun yang sekiranya dapat menambah kemampuan sang anak untuk berkembang.

Banyak kok pelatihan-pelatihan atau buku-buku motivasi ataupun psikologi yang dapat anda beli untuk dipelajari. Untuk buku-buku PSIKOLOGI kami dari Psikologi Indonesia dan Psikoma memfasilitasi jika ada dari para pembaca yang membutuhkan buku psikologi di toko kami. Pemesanan dapat di lakukan melalui pesan fanspage ini atau langsung menghubungi via kontak di psikoma.com.

Semoga apa yang anak itu rasakan dapat menjadi bahan renungan dan pembelajaran bagaimana kehidupan yang kelam tak juga apat mematahkan semangat menjadi orang yang sukses. Semoga bermanfaat. Psikologi Mania