Dampak Perkembangan Psikologis Dari Korban Cyberbullying

Dampak Perkembangan Psikologis Dari Korban Cyberbullying

March 13, 2017 Off By admin

Dampak Perkembangan Psikologis Dari Korban Cyberbullying Nama : Ria
E-mail : Mikisxx@gmail.com
Judul : menjadi narasumber (Apa yang akan terjadi pada Korban cyberbullying)
Isi Konsultasi : Dalam rangka menempuh tugas akhir saya ingin meminta bantuan konsultan untuk menjadi narasumber pada proyek yang akan saya garap berhubungan dengan psikologi korban dan pelaku cyberbullying. Yang Saya harapkan, konsultan bisa memberikan info kepada saya mengenai dampak dari korban cyberbullying dan faktor apa saja yang memicu pelaku melakukan cyberbullying secara ilmu psikologi. Data yang Saya dapatkan dari Anda nanti akan Saya gunakan untuk menjadi referensi dalam pembuatan project akhir saya. Salam, Ria

Jawaban

Apa Itu Cyberbullying?

Untuk mba ria, saya akan menjelaskan sebelumnya tentang apa itu cyberbullying.  Cyberbullying itu sendiri adalah bentuk dari kekerasan non fisik yang dilakukan di ranah dunia maya. Kekerasan tersebut dapat berupa ejekan, makian, ancaman, dan penghinaan dalam bentuk meme, video, dan gambar yang tujuannya untuk memalukan dan merendahkan martabat orang lain. Contoh yang paling terkenal tentang cyberbullying adalah Haters.

Cyberbullying menurut smith dkk (2008) yaitu bentuk perlakuan kasar yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang, yang mana mereka menggunakan bantuan alat elektronik yang dilakukan dengan berulang dan juga terus menerus hingga seseorang yang ditarget kesuitan untuk membela diri.

Pada umumnya cyberbullying terjadi di ranah media sosia seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

Perlu di bedakan sebelumnya, cyberbullying ini adalah perilaku dimana korbannya adalah para remaja yang berusia kurang dari 18 tahun dimana secara hukum ia belum di anggap sebagai orang yang dewasa. Sebaliknya, jika ia telah berada di atas 18 tahun, secara hukum ia telah di anggap sebagai orang dewasa. Maka jika korbannya adalah orang dewasa di atas 18 tahun, hal itu dikategorikan sebagai cyber crime, cyber stalking, atau hate speech (ujaran kebencian).

Seseorang yang korban cyberbullying tentu akan mengalami dampak psikologis yang tidak baik kedepannya. Dampak secara psikolgos misalnya, ia menjadi stress, depresi, rendah diri.

Dampak terburuk yang akan di alami adalah, bunuh diri. Kasus cyberbullying saat ini, tak sedikit para korbannya akhirnya bunuh diri karena tidak kuat melihat banyaknya celaan, dan hinaan di media sosial yang di milikinya secara terus, menerus.

Macam-Macam Jenis Dari Cyberbullying

  1. Harassment (gangguan): pesan – pesan yang berisi sebuah gangguan yang mana hal tersebut menggunakan email, sms, ataupun pesan dalam bentuk teks di media sosial yang dilakukan secara terus-menerus.
  2. Flaming (Terbakar): adalah dengan mengirimkan sebuah pesan dalam bentuk teks yang mana isinya adalah kata – kata yang penuh amarah dan juga frontal. Istilah seperti ini (Flame) merujuk pada kata – kata di pesan yang berapi – api
  3. Denigration (Pencemaran nama Baik): hal ini adalah sebagai bentuk proses mengumbar keburukan yang dimiliki oleh seseorang di media internet khususnya media sosial, yang bermaksud agar dapat merusak reputasi dan juga nama baik korban.
  4. impersonation (peniruan): hal ini adalah bentuk berpura – pura menjadi orang lain dan juga mengirimkan pesan – pesan ataupun status yang tak baik. Misalkan saja seperti melakukan hack akun orang lain, lalu menuliskan status yang dapat merusak nama baik orang yang di hack akunnya.
  5. outing: menyebarkan sebuah rahasia orang lain, ataupun foto – foto yang sifatnya peribadi milik orang lain.
  6. Exclusion (pengeluaran): hal ini adalah bentuk dari kesengajaan dan juga kejam mengeluarkan seseorang daripada grup online.
  7. Trickery (Tipu Daya): adalah bentuk dalam membujuk seseorang dengan menggunakan tipu daya, dengan maksud agar ia mendapatkan rahasia ataupun foto pribadi dari orang tersebut.
  8. Cyberstalking: Adalah bentuk cyberbullying yang mana ia mengganggu dan juga mencemarkan nama baik daripada seseorang secara intens hingga orang tersebut (korban) ketakutan besar dengan orang tersebut.

Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Melakukan Cyberbullying

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang melakukan cyberbullying adalah rasa iri, dengki, sombong, dan pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan. Misalnya mereka dahulunya pernah menjadi korban bully itu sendiri.

Baca Juga Artikel Sebelumnya CyberBullying, Kenali Lebih Lanjut Apa Itu CyberBullying

Itulah beberapa hal yang dapat kita pahami mengenai dampak korban cyberbullying bagi perkembangan psikologis seseorang. Semoga jawaban ini dapat mencerahkan dan bermanfaat. Psikologi Mania