Dampak Negatif Ibu Hamil Jika Tidak Menjaga Pola MakanMasa yang paling dinanti oleh pasangan suami istri adalah masa kehamilan. Tidak menutup kemungkinan untuk selalu menjaga si jabang bayi agar tetap sehat dan terjaga selama proses kehamilannya. Segala hal akan dilakukan oleh PASUTRI mulai dari olahraga, melakukan aktifitas dengan hati-hati, memberikan supplement, dan menjaga pola makan.

Salah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan pada masa kehamilan adalah menjaga pola makan dan hidup sehat. Terlalu banyak makanan yang tidak sehat akan mengancam kesehatan calon bayi, maka dari itu diperlukannya diet kehamilan. Diet bukan berarti jumlah makanan yang dikonsumsi menjadi sangat sedikit, tetapi ibu harus lebih bijak dalam memilih kandungan gizi, protein, mineral dan vitamin sebagai asupan ibu dan calon bayi.

Ada beberapa dampak negatif jika ibu tidak menjaga pola makan baik bagi sang ibu dan juga si calon bayi.

  • Yang pertama, jika berat badan sang ibu mengalami berat badan berlebih atau (Overwight) maka akan mengancam janin dan ibu baik pada masa kehamilan, persalinan dan pasca persalinan. Bagi sang ibu jika mengalami overwight saat kehamilan, beresiko terkena hipertensi dan diabetes. Resiko yang diterima oleh janin adalah terhambatnya oksigen yang disalurkan oleh plasenta akibat terhimpit oleh lemak sang ibu, yang akhirnya janin tidak bisa tumbuh optimal karena kurangnya asupan oksigen.
  • Yang kedua, jika berat badan ibu mengalami kekurangan berat badan (Underweight) dapat mengancam kesehatan janin. Resiko yang di dapat oleh janin adalah berat badan bayi rendah, tidak menutup kemungkinan bayi akan lahir prematur, cacat pada bayi, dan pertumbuhan bayi terhambat.

Pada masa kehamilan membuat ibu untuk terus ingin mengunyah dan mengkonsumsi apa yang diinginkan. Jangan salah sangka jika pada masa kehamilan jika ibu hanya makan sekedar kenyang, tapi konsumsilah apa yang ibu dan janin butuhkan. Setiap apa yang ibu konsumsi adalah asupan makanan juga terhadap calon bayi, maka pilih – pilihlah makanan dengan kandungan gizi, protein, mineral, vitamin , dan zat besi yang sesuai dengan kondisi tubuh. Apabila ibu ragu, bisa konsultasikan ke dokter. Semoga yang sangat sedikit ini bermanfaat bagi ibu dan tumbuh kembang bayi, jagalah generasimu dengan asupan gizi yang memadai.

By: Vany Bayu