Dampak Depresi Dan Menghindari Keinginan Untuk Bunuh Diri

Nama : Melixxxx
Judul : Psikologi abnormal
Isi Konsultasi : Penanganan apa yg harus dilakukan untuk penderita psikologi abnormal dan biporal.karena saya merasa kl dalam keadaan depresi yg berat dan yg terlintas dipikiran saya adalah untuk melakukam bunuh diri

 

Jawaban: Trimakasih sebelumnya mba Meli, untuk apa yang di alami. Mungkin disini ada beberapa hal yang tak bisa langsung di pastikan secara mendalam, mengingat apa yang anda ceritakan pun tak menceritakan jangka waktu yang telah anda alami, lalu apa saja yang anda rasakan selain keinginan untuk bunuh diri ketika sedang depresi itu berlangsung. Dan masih banyak lagi part yang tidak lengkap.

Namun secara garis besar, seseorang dapat di katakan depresi jika telah mengalami hal-hal seperti berkut ini.

  1. Rasa sedih, cemas atau hampa yang terus-menerus.
  2. Rasa putus asa dan perasaan pesimistis
  3. Rasa bersalah, merasa tak berharga, dan tidak berdaya
  4. Kehilangan minat ataupun kesenangan atas hobi maupun aktivitas yang sebelumnya disukai.
  5. Menjadi lamban, kelelahan, dan lemah
  6. Sullit untuk berkonsentrasi untuk memutuskan ataupun mengingat.
  7. Mengalami kesulitan tidur (insomnia) atau berlebihan tidurnya (Hipersomnia).
  8. Sulit makan atau nafsu makan yang berlebihan
  9. Muncul gejala penyaki fisik yang tak hilang hanya dengan pengobatan seperti sakit kepala dan permasalahan pada pencernaan.
  10. Berfikir ingin mati atau bunuh diri
  11. Merasakan adanya beban berat di kaki maupun tangan

Dampak Depresi

Jika memang beberapa di antaranya telah dirasakan maka dapat dipastikan memang telah mengalami suatu keadaan depresi. Depresi dapat disebabkan oleh beberapa sebab mulai dari faktor lingkungan, keluarga, ekonomi, dan hubungan social. Resiko seseorang terkena depresi pun akan semakin meningkat jika ia merupakan orang yang cendrung menyukai keadaan menyendiri. Jika tak di tangani secara serius maka akan menimbulkan dampak depresi yang cukup para, termasuk bunuh diri.

Ada baiknya ketika anda tengah mengalami fase tersebut berusaha untuk mengalihkannya pada hal-hal membagi keluh kesah anda pada teman yang dapat di ajak ngobrol. Karena seberat-beratnya beban fikiran yang dimiliki akan lebih mudah jika ada yang membantu untuk menanggungnya. Selain itu berfikirlah positif, karena berfikir positif merupakan obat dari segala permasalahan hidup yang di hadapi.

Jika memang hal yang anda alami tersebut telah sampai pada taraf yang menghkhawatirkan segera untuk datangi psikolog terdekat.

Psikologi Mania