Dampak Buruk Perselingkuhan Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Dampak Buruk Perselingkuhan Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

May 16, 2017 Off By Admin

Dampak Buruk Perselingkuhan Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang AnakDampak buruk perselingkuhan – Keretakan dalam rumah tangga banyak disebabkan karena terjadinya perselingkuhan. Mungkin tidak akan terlalu berpengaruh jika pasangan yang berselingkuh tersebut belum memiliki buah hati. Namun akan berbeda konteks jika dalam keluarga tersebut sudah memiliki anak, karena tentu akan berimbas juga pada tumbuh kembang anak. Apalagi jika misalkan anak tersebut masih belum mengerti apa-apa.

Baca juga 5 Alasann Mengapa Perselingkuhan Itu Tidak Termaafkan

Perselingkuhan yang menghancurkan keluarga akan memiliki beberpa pengaruh terhadap anak, mulai dari pengaruh psikis ataupun tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah dampak buruk perselingkuhan orang tua terhadap tumbuh kembang anak.

  1. Prestasi Anak Menurun

Apabila anak dalam masa sekolah kemudian orang tuanya ternyata berselingkuh. Kenyataan seperti ini tentunya akan menjadi pukulan keras untuk anak, mulai dari digodai teman-temannya atau menjadi bahan pembicaraan atau bahkan menjadi dijauhi teman-temannya. Hal ini tentunya berdampak sangat nyata, sehingga akan membuat anak kurang bisa berkonsentrasi dalam belajar dan akhirnya akan berimbas pada penurunan prestasi anak. Pernyataan ini didasarkan pada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa masa kecil anak yang buruk akan membuat anak sulit untuk belajar dengan baik.

  1. Anak Lebih Banyak Menyendiri

Apabila orang tua melakukan perselingkuhan dan anaknya tahu sudah tentu akan mempengaruhi pergaulan anak. Betapa tidak, ketika hendak bertemu dan bermain dengan teman sebayanya sang anak merasa risih dan kadang malu. Perilaku seperti ini nantinya akan melahirkan kebiasaan anak untuk lebih banyak menyendiri. Akhirnya akan mengurangi pergaulan dan tumbuh kembang anak, dimana anak seumuran dia harusnya masih menikmati masa kecil namun malah sebaliknya menjauh karena merasa risih dengan status yang dia alami.

  1. Depresi

Perselingkuhan dalam rumah tangga akan berimbas pada adanya ketidak harmonisan rumah tangga. Lalu ketidak harmonisan ini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Apalagi jika sang anak masih dalam kondisi yang sangat labil, dikatutkan akan membuat anak menjadi depresi. Depresi yang dialami anak bisa jadi depresi ringan atau bisa juga depresi berat artinya depresi yang lebih buruk.

  1. Berperilaku Kasar

Perilaku anak tidak akan pernah jauh dari apa yang diperoleh dan diperhatikan dari kedua orang tuanya. Apabila orang tuanya berselingkuh, sudah pasti akan berpengaru pada perkembangan karakter anak. Misalnya saja, anak perlahan akan menjadi berperilaku kasar karena sudah melihat bagaimana ketidak harmonisan dalam keluarganya.

  1. Trauma Jika Akan Menjalani Hubungan Nanti

Dampak terakhir yang biasanya akan dibawa hingga anak dewasa adalah trauma atau fobia untuk menjalin sebuah hubungan denga lawan jenis. Mungkin ketika anak masih kecil, dampak yang satu ini tidak terlalu mencolok. Tetapi ketika anak sudah tumbuh dewasa, tentunya trauma atau fobia itu akan muncul tanpa anak sadari. Hal ini terjadi karena ketika sedang dalam masa pertumbuhannya, sang anak melihat bagaimana orang tuanya dikhianti sehingga akan muncul mainset bahwa apa yang dia lihat akan terjadi padanya. By: Nurus Syarifatul ‘Aini