Coping Strategy, Pilihan Strategi Jitu Untuk Menghadapi StressCOPING STRATEGY .Stress adalah suatu kondisi yang alami dan wajar dialami oleh siapapun. Tidak hanya orang dewasa dengan tanggung jawab yang besar, anak kecil yang belum sekolah pun bisa saja mengalami stress. Stress sendiri secara umum bisa diartikan sebagai kondisi tertekan. Stress merupakan “pintu masuk” dari munculnya gejala – gejala depresi, yang dapat lebih berbahaya bagi kesehatan mental anda.

Coping Strategy, Pilihan Jitu Untuk Menghadapi Stress

Bagaimana menghadapi stress?

Ada banyak hal yang bisa menjadi cara ampuh dalam menghadapi stres. Cara ini disebut sebagai coping strategy, atau strategi coping. Strategi ini terdiri dari beberapa macam strategi yang bisa menjadi pilihan anda dalam menghadapi stress. Secara umum, ada dua jenis strategi coping dalam menghadapi stress, yaitu problem focused coping dan juga emotion focused coping

Problem Focused Coping

Strategi coping dalam menghadapi stress yang pertama ada problem focused coping. Secara umum, strategi coping yang satu ini merupakan salah satu strategi dalam menghadapi stress yang berfokus pada pemecahan masalah. Stress kebanyakan muncul akibat adanya masalah – masalah tertentu. Dengan menggunakan pendekatan problem focused coping ini, anda akan menghadapi stress yang anda alami dengan cara mencari pemecahan masalah yang menjadi penyebab stress anda.

Dalam menggunakan pendekatan problem focused coping ini, maka anda harus benar – benar memahami masalah apa yang menjadi penyebab kemunculan stress pada diri anda (stressor). Kemampuan anda dalam melakukan brainstorming dan juga mencari alternatif pemecahan masalah sangat diperlukan dalam melakukan pendekatan problem focused coping ini. Selain itu, pengalaman masa lalu, juga sangat penting untuk menjadi pertimbangan anda dalam menyelesaikan masalah yang menyebabkan anda mengalami stress ini.

Beberapa contoh pendekatan Problem Focused Coping dalam menyelesaikan masalah bisa anda lihat melalui situasi berikut ini :

  • Ketika terjebak macet di jam sibuk, dan anda sudah terlambat ke kantor, maka anda akan mencari alternatif lain, yaitu menggunakan transportasi lain yang lebih cepat, memutuskan untuk cuti karena terjebak macet, ataupun solusi lainnya yang mungkin bisa anda pilih dalam menghadapi masalah ini.
  • Anda tidak memiliki uang untuk biaya hidup keluarga anda, maka anda bisa mengatasinya dengan meminjam uang, menjual barang yang sudah tidak terpakai, ataupun mencari pekerjaan baru supaya bisa mendapatkan uang.

Dua contoh diatas adalah contoh dari pendekatan problem focused coping dalam menghadapi stress

Emotion Focused Coping

Apabila problem focused coping terfokus pada bagaimana anda bisa menyelesaikan masalah yang menyebabkan stress, maka emotion focused coping berfokus pada emosi yang muncul ketika anda dihadapkan pada situasi yang menyebabkan munculnya stress. Pendekatan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang belum berpengalaman dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stress, mereka yang memang tipe individu yang emosional, dan banyak dilakukan oleh para wanita.

Berikut ini adalah beberapa contoh pendekatan emotion focused coping yang dilakukan dalam menghadapi stress :

  • Ketika terjebak macet di jam – jam sibuk, anda mendengarkan lagu supaya anda bisa lebih tenang, dan bisa lebih stabil emosinya
  • Ketika anda sudah tidak punya uang untuk biaya hidup sehari – hari, anda merenung, dan juga mungkin menangis untuk meluapkan tekanan yang menghampiri anda.

Emotion focused coping lebih mengarah kepada bagaimana seseorang bisa melepaskan emosi yang muncul pada saat stress muncul, sehingga bisa menimbulkan kelegaan. Misalnya ketika sudah menangis karena stress, biasanya seseorang akan merasa lega, dan mampu berpikir lebih positif daripada sebelumnya.

Nah, itu adalah dua pendekatan coping stress yang bisa anda pelajari dan juga anda terapkan ketika anda mengalami stress. Selamat mencoba.

By: Eduardus Pambudi