Ini Dia 5 Ciri – Ciri Orang Yang Optimis Ciri Orang Yang Optimis. Optimis adalah satu kata yang memiliki banyak makna. Optimis sangat berkaitan erat dengan harapan akan sesuatu yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Biasanya, optimis merupakan salah satu sifat seseorang yang diperoleh dari berbagai macam pengalaman hidup, dan tentu saja tidak mudah mendapatkan sifat optimis di dalam diri anda. Dengan menjadi orang yang optimis, maka hidup anda bisa menjadi lebih baik. Sudah banyak penelitian mengenai optimisme, yang ternyata memiliki banyak sekali pengaruh, salah satunya adalah di bidang prestasi dan juga makna hidup.

Apakah anda adalah orang yang optimis? Yuk, coba cari tahu, bagaimana ciri – ciri dari orang yang optimis, dan coba cocokkan dengan kepribadian dan juga sifat – sifat anda, apakah anda sudah menjadi orang yang optimis atau belum. Berikut ini adalah 5 ciri – ciri orang yang optimis :

1. Mampu menghentikan dan menahan pikiran negative

Ciri – ciri orang yang optimis pertama adalah mampu menahan dan juga menghentikan pemikiran negatif. Pemikiran negatif adalah salah satu penghambat untuk menjadi orang yang optimis, karena optimis adalah salah satu bentuk pemikiran yang positif. Karena itu, hentikan segala pemikiran dan emosi negatif anda, sehingga anda bisa menjadi orang yang lebih positif dan juga optimis.

2. Selalu merasa gembira dan bersyukur meskipun berada pada situasi sulit

Saat – saat yang sulit dan juga susah pasti akan datang menghampiri anda bagaimanapun caranya, kapanpun dan dimanapun. Orang – orang yang optimis akan menghadapi situasi seperti itu dengan cara yang benar, yaitu selalu merasa gembira dan selalu bersyukur atas apapun yang sudah diperoleh. Hindari mengeluh ketika berada dalam situasi sulit, dan selalu utamakan rasa syukur dan juga gembira saat menghadapi segala macam situasi, terutama yang sulit dan juga tidak menguntungkan anda.

 3. Selalu yakin bahwa kesempatan terbuka lebar

Ciri orang optimis lainnya adalah selalu merasa yakin bahwa ada banyak kesempatan yang akan terbuka lebar untuknya. Mereka selalu yakin bahwa apa yang terjadi sekarang adalah sebuah pintu gerbang untuk kesempatan baru lainnya yang lebih besar dan terbuka lebar untuk mereka. Segala hal yang dihadapkan atau mereka hadapi adalah sebuah kesempatan baik yang harus mereka ambil dan mereka jalani.

 4. Sering memberikan motivasi dan mendorong orang lain untuk berbuat sesuatu yang baik dan positif

Hal lainnya yang menarik dari ciri – ciri orang yang optimis adalah seringkali memberikan motivasi dan dorongan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu hal yang baik dan juga positif. Motivator bisa jadi merupakan salah satu profesi yang sangat cocok untuk orang – orang yang optimis. Orang yang optimis mampu memberikan dorongan, dan juga aura semangat yang positif bagi siapapun yang berada di sekitarnya, sehingga tentu saja akan sangat cocok untuk membangkitkan semangat dan juga harapan orang lain.

5. Mampu menerima hal yang sudah tidak bisa dirubah lagi

Banyak hal di dunia ini yang sulit, bahkan tidak bisa dirubah sama sekali. Nasib misalnya. Ketika anda mengalami suatu nasib sial, maka masa lalu itu sudah tidak akan pernah bisa dirubah lagi. Yang ada hanyalah masa kini dan juga masa depan. Nah, mereka yang memiliki ciri – ciri optimis, biasanya akan mudah untuk menerima hal yang sudah tidak bisa dirubah lagi, dan fokus pada apa yang akan dilakukan selanjutnya. Masa lalu biarlah berlalu dan tidak perlu diratapi, ditangisi, bahkan disesali. Terima hal itu apa adanya, dan tatap masa sekarang dan masa depan yang bisa dirubah, itulah ciri – ciri orang yang optimis.

Nah, bagaimana? Apakah dari 5 ciri – ciri orang yang optimis itu, anda memiliki salah satunya? Kalau iya, selamat, maka anda bisa dikategorikan sebagai orang yang optimis. Kalau belum, maka jangan berkecil hati, karena masih banyak kesempatan bagi anda untuk bisa merubahnya.  By: Eduardus Pambudi