Cinta Di Balik Ajakan Untuk Menikah

Nama : xxxx elis
Judul : pernikahan
Isi Konsultasi : Kak, saya mau nanya dong Gimana sih cara ngebedain cowok yg ngajak nikah tp kesana nya bs nrima kita apa ada nya atau ngajak nikah hny krna nafsu karna nafsu aja? Itu cara ngebedain nya gmn ya kak? Mohon jawaban nya kak makasih

Jawaban: Trimakasih sebelumnya untuk mba elis, mengenai perbedaan orang yang mencintai yang dilandasi pada nafsu dan cinta memang terkadang sulit untuk di bedakan. Terlebih lagi, bagi para pria ataupun wanita yang dalam masa pendekatan akan selalu tertutupi oleh topeng kebaikan. Hal tersebut lumrah saja terjadi, karena biasanya dalam momen PDKT ada beberapa faktor  “usaha” untuk mendapatkan sang terkasih.

Namun secara garis besar ada beberapa hal yang perlu dicermati tentang perbedaan cinta yang bermotif nafsu dan cinta yang bersifat murni

  1. Mereka yang cendrung untuk mencintai karena nafsu akan memandang anda karena sesuatu hal yang tak memiliki alasan. Cinta akan begitu saja muncul tanpa ia mampu menjelaskannya. Namun bagi mereka yang mencintai karena nafsu biasanya model pendekatannya selalu saja memuji-muji tentang fisik yang anda miliki. Pernah kan liat di media social atau di manapun berada  laki-laki yang mirip Om-Om yang menyapa sampai taraf “usaha” dengan obral pujian fisik seperti hay cantik, hay manis, hay dan lain lain.
  2. Saling Terbuka. Mereka yang mencintai bukan karena nafasu akan ikhlas untuk membuka semua rahasia masa lalunya. Karena bagian dari masa lalu adalah bagian yang sangat sensitif manakala tak sengaja terbuka ketika menjalani mahligai rumah tangga.
  3. Serius dengan Penetapan Waktu dan Tanggal menikah. Pria yang mengajak anda untuk menikah pada dasarnya merupakan pria yang memang telah memantapkan hatinya dan kehidupannya untuk anda. Karena hanya mereka yang memiliki nyali lah yang berani mengjak anda menikah, bukan berlama-lama terombang-ambing dalam hubungan yang statusnya hanya pacaran.
  4. Rajin Ibadah. Mungkin jika masih dalam masa PDKT, masalah ibadah ini sangatlah rajin terlebih di depan anda. Namun anda dapat mengecek rajin atau tidaknya dari cerita orang-orang terdekat yang memang terbiasa hidup di tengah-tengah pasangan anda. Ketika ia tak pernah sedikit pun meninggalkan ibadahnya menurut keyakinannya maka ia adalah pemimpin keluarga yang tepat untuk anda.

Yakinilah bahwa Pernikahan merupakan niat dan ibadah yang dijalankan setiap umat manusia. Dalam janji suci ia dipersatukan hingga menghadap pada keabadian. Hati manusia merupakan lautan yang amat dalam. Ia tak akan mampu kita lihat hanya dari kasat mata. Ia akan mampu di rasa, manakala kita ikut hanyut dalam pusaranya. Begitupula tentang perasaan dan niat karena ungkapan cinta.

Psikologi Mania