Bagaimana Caranya Mengatasi Rasa Sulit Bergaul dan Meningkatkan Percaya DiriNama : alfiah ulayya shafa
E-mail : alfiahxx@gmail.com
Judul : Saya merasa bingung dengan sifat saya yang sulit bergaul (Meningkatkan Percaya  Diri)
Isi Konsultasi : saya sedsng menduduki kelas 7 di MTsN Sawahlunto dan saya suka dengan musik,membaca buku,film baratdan korea atau thailand,lagu barat,drama korea dan lagu korea serta hal hal tentang inggris termasuk berbicara bahasa inggris.dibilang sulit bergaul juga tidak terlalu,karena saya lebih cenderung melihat orang berdasarkan kelakuannya dan cara berbicaranya,dan saya lebih tertarik memulai pembicaraan dengan orang yang memiliki hobi yang sama dengan saya atau topik yang saya anggap menarik. tapi saya jarang menemukan orang orang seperti itu,terlebih lagi saya tinggal di kota yang kecil,dan di kota ini sangat sedikit anak anak yang menyukai musik,kebanyakan menyukai olahraga.dan lebih banyak lagi yang tidak mengetahui bakatnya.saya lebih banyak menghabiskan waktu dirumah,bersantai dan melakukan aktivitas yang saya sukai.dan ketika saya berinteraksi dengan orang lain,saya mengalami kesusahan terutama ketika orang tua saya menyuruh untuk berbasa basi.saya hanya memiliki beberapa sahabat,kalau teman mungkin bisa dibilang lumayan dan tidak terlalu dekat dengan saya,hanya sebatas saling kenal mengenal.sya juga merasa kesulitan ketika berbicara didepan banyak orang,saya merasa grogi dan takut. tapi ketika saya tampil bermain musik,saya tidak pernah merasa grogi.saya bingung harus berbicara dengan siapa,padahal ibu saya adalah seorang guru BK SMP,tapi saya merasa kurang nyaman membicarakan hal ini dengannya.sekian, terima kasih.mohon dibalas

Jawaban

Hay mba alifah, saya jadi ingin dengar nih jika mba alifah bermain musik, hehehe.

Terkait dengan problem yang sedang dirasakan tersebut memang seringkali terjadi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ya karena memang tak banyak orang yang tau bahwa setiap manusia itu berbeda. Orang lain lebih banyak yang dengan serta mertanya menggenralisir bahwa setiap orang tersebut harus sama dengan apa yang diharapkannya.

Untuk mba alifah, menjadi orang yang asik dengan hal-hal yang disukai itu tidaklah salah. Lebih menyukai musik dibandingkan dengan berolahraga, atau lebih menyukai buku, filem korea, lagu barat juga tidak mengapa. Yang terpenting ada sebuah keseimbangan.

Mungkin anda lebih nyaman untuk menyendiri, karena anda belum menemukan teman atau kawan yang cocok dengan hobi yang anda miliki. Namun karena kita sebagai makhluk sosial, coba deh mba alifah untuk bersosialisasi. Ga perlu sering-sering kok, yang penting ada sebuah keseimbangan ya.

Selama mba alifah mau mencoba, untuk berinteraksi dengan orang lain ataupun memulai untuk mencoba menegur duluan, nanti rasa PD yang dirasakan akan muncul. Yah memang manusia tidak bisa berubah secara drastis menjadi percaya diri tiba-tiba, tapi dengan memulai untuk mencobanya maka mba alifa bisa menjadi PD loh.

Tapi saya lebih nyaman untuk menyendiri dengan melakukan aktifitas yang disukai, terus gimana dong?

Yah itu tidak salah, malah jika mba alifa menekuni apa yang menjadi hobi, hal tersebut akan menjadi dhasyat loh dimasa depan. Barangkali nanti mba alifa bercita-cita untuk menjadi seorang pengamat musik atau bahkan penulis lebih bagus loh.

Caranya Mengatasi Rasa Sulit Bergaul dan Meningkatkan Percaya Diri

Ada tips nih yang barangkali bisa di coba untuk masalah kepercayaan diri, agar mba alifa nanti bisa membiasakan diri berinteraksi dan berbicara di depan umum.

  1. Niat: wah untuk urusan nomer satu ini, mimin paling seneng nih ngasih yang beginian. Mengapa selalu niat, yah karena niat itu ibarat alamat untuk menuju tempat tujuan. Jika tidak ada alamat, apa bisa menuju tempat tujuan? You know what kan? Hehe
  2. Memulai untuk membiasakan diri mengutarakan pendapat yang sedang dipikirkan. Mulailah dengan membiasakan diri di lingkungan terkecil keluarga, sahabat, teman, hingga khalayak ramai. Ikuti step dan alurnya dengan konsisten. Ingat setiap perbedaan yang terjadi nantinya jangan membuat anda ciut atau merasa tidak di hargai. Karena perbedaan tersebut adalah hal biasa yang akan selalu ada di dalam kehidupan setiap manusia. Hal yang sama juga bisa saja terjadi dengan admin di Psikoma dan Psikologi Indonesia sendiri kok. Jadikan perbedaan itu sebuah keindahan, bukan sebagai keburukan. Karena pelangi akan menjadi indah jika ia memiliki warna yang berbeda bukan satu warna.
  1. Mengulang: ulangi lah setiap proses yang terjadi. Karena orang tidak percaya diri terkadang bukan dikarenakan sifat bawaan, namun ia muncul karena ia tidak terbiasa dan membiasakan. Oleh sebab itu biasakanlah dengan mengulang.
  2. Beri Penghargaan Diri: setiap kemajuan yang anda miliki, misalnya anda sudah mulai PD mengutarakan pendapat di hadapan keluarga, sahabat, teman, hingga khalayak ramai. Setiap fase yang anda berahasil melewatinya maka berilah penghargaan pada diri sendiri. Memberi penghargaan pada diri sendiri tak perlu dengan yang aneh-aneh cukup denan bersyukur itu sudah cukup.
  3. Ingat satu hal “bahwa manusia selalu membutuhkan orang lain”: ingatlah hal ini, karena jika anda tidak pd untuk berinteraksi dengan orang lain, takutnya jika anda mengalami masalah anda justru malu meminta tolong. Untuk itu ingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain.

Nah itulah beberapa hal yang sekiranya bisa menjadi bahan renungan. Untuk siapapun, tidak hanya untuk mba alifa, namun juga para pembaca setia Psikoma, dan Psikologi Indonesia.

Caranya Mengatasi Rasa Sulit Bergaul dan Meningkatkan Percaya Diri

Untuk yang terakhir, mungkin ini sebagai informasi saja Jika Psikologi Indonesia rencananya akan mengadakan training Public Speaking. Training Public speaking sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin sukses menjadi seorang pembicara, pemimpin, hingga sukses dalam karir, dan tentunya untuk meningkatkan percaya diri dalam diri anda.

Rencananya training akan di adakan di bulan Agustus di Kota Jakarta. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah).

Dana di atas tergolong besar, untuk itu sebelum memutuskan untuk mengikuti cobalah untuk berfikir dahulu secara bijak. Namun jika anda telah memutuskan untuk ikut di acaranya, semoga dapat bermanfaat dan dapat di bagikan ilmu dan inspirasinya dengan rekan-rekan di sekitar anda. Semoga kebaikan akan selalu menyertai anda semua.

Pemesanan dapat langsung menghubungi admin Psikologi Indonesia, atau menghubungi mitra kami di Link http://bit.ly/2u9t2ot