Cara Tepat Memarahi AnakCara Tepat Memarahi Anak – Sebagai orang tua tentu pernah marah bukan dengan terhadap anak anda? Baik itu dikarenakan kesalahan anak yang di lakukan dengan sengaja ataupun tidak disengaja, ada saja hal-hal yang lazim terjadi dan membuat para orang tu marah terhadap anaknya.

Marah terhadap anak merupakan hal yang sah-sah saja selama memiliki tujuan yang tepat dan cara-cara marah yang tidak berlebihan. Tak cuma marah saja yang dilarang untuk berlebihan, bahkan makan secara berlebihan saja dilarang, apalagi bentuk emosi dalam diri seperti marah.

Perlu cara tepat memarahi anak, agar maksud marah yang di lakukan tersebut dapat dipahami oleh anak dengan baik. Jangan sampai marah yang di lakukan tersebut hanyalah berisi emosi saja, tanpa adanya unsur sebuah manfaat di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa cara tepat memarahi anak yang dapat di praktikan di rumah, semoga marah anda bermanfaat untuk anak-anak kelak.

Cara Tepat Memarahi Anak

 Berlaku Tegas

Cara Tepat Memarahi Anak

Berlakulah tegas terhadap anak, namun bukan berarti tegas yang kelewat batas, atau mengarah pada keras yang membabi buta. Penting diberlakukan ketegasan ini, agar konsistensi dari pesan di balik marah dapat tersampaikan dan tetap terjaga hasilnya.

Dengan berlaku tegas, juga dapat membuat sang anak berpikir dua kali ketika hendak mengulangi lagi perbuatannya. Akan tetapi memang tegas tersebut tak berarti menakut-nakuti anak, karena kalian adalah orang tua bukan centeng tukang jagal.

 Perhatikan Emosi

Cara Tepat Memarahi Anak

Telah di singgung di pembukaan sebelumnya bahwa makan saja tak boleh berlebihan, apa lagi emosi dalam diri. Tentu dilarang untuk berlebihan.

Apabila sekiranya emosi anda sedang meluap-luap, akan lebih baik jika marah anda saat itu di urungkan terlebih dahulu. Setelah tenang, baru anda bisa marah dengan lebih terarah.

Apabila emosi tengah meluap-luap, tentu marah yang anda lakukan hanya berisi emosional yang menjurus pada kekerasan saja, tanpa ada sebuah esensi edukatif di dalamnya.

 Tunjukkan Kesalahannya

Cara Tepat Memarahi Anak

Sering kali marah para bunda dan ayah saat ini hanya fokus terhadap emosi yang tengah meluap. Seakan anak menjadi sasaran empuk jika berbuat salah, bukan menjadi seorang yang butuh bimbingan dan pembelajaran.

Jika masih saja menggunakan cara kuno tersebut, sebenarnya hanya akan membuat anak semakin brutal dan menganggap anda sebagai musuh. Cobalah ketika anda marah, tunjukkan  letak kesalahannya. Setelah anda menunjukkan kesalahannya, jangan lantas di biarkan begitu saja.

Beri pula penjelasan dari konsekuensi yang akan di dapatkannya apabila anak mengulangi kembali kesalahannya tesebut. Dengan begitu anak akan lebih paham, mengapa ia di marahi.

Cara Bijak Memahari Anak

Cara Tepat Memarahi Anak

Gunakan Bahasa Yang Baik

Orang tua saja apabila di beri tau dengan menggunakan bahasa yang tidak baik bakalan tidak paham dan berpotensi emosional balik. Apalagi anak, yang notabene kondisi perkembangan kognitifnya belum sematang orang dewasa.

Gunakanlah kata-kata yang baik dan bersifat mengingatkan, bukan menggurui. Hindari kata-kata kasar ataupun umpatan yang buruk terhadap anak anda. Karena sekali lagi, anda marah untuk membimbing anak, bukan marah terhadap musuh bebuyutan anda.

Cari Tahu Penyebabnya

Cara Tepat Memarahi Anak

Sebelum anda menumpahkan segala amarah terhadap anak anda, akan lebih baik jika mencari tau terlebih dahulu mengapa anak melakukan hal yang membuat anda marah. Karena bisa jadi, ia sebenarnya tak bermaksud membuat anda marah, hanya saja sebenarnya ia ingin mencari/ mendapatkan perhatian dari anda.

Cari tahu sebab mengapa anak anda melakukan hal tersebut. Bisa jadi niatnya baik namun caranya saja yang kurang tepat.

Beri Tahu Konsekuensi

Cara Tepat Memarahi Anak

Berilah ia konsekuensi dari apa yang telah ia perbuat. Maksudnya adalah memberikan pengertian kepada anak tentang apa akibat yang ditimbulkan karena perbuatannya itu. Apakah kehilangan teman atau merugikan orang lain.

Dengan memberi tau konsekuensi, harapannya anak akan melakukan instropeksi terhadap diri sendiri hingga ia dapat memikirkan kembali jika ingin melakukan hal yang sama.

Ajari Minta Maaf

Cara Tepat Memarahi Anak

Meminta maaf atas kesalahan yang di perbuat saat ini menjadi pelajaran yang sangat penting dan mulai langka. Padahal mendidik anak untuk legowo meminta maaf atas kesalahan yang di lakukan adalah langkah tepat dalam upaya menyiapkan calon generasi penerus bangsa yang bersikap kesatria.

Salah satu mental kesatria inilah yang ada pada pribadi yang berani meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah di lakukannya.

Ajari ia untuk berani meminta maaf dan mengakui segala kesalahannya. Hal ini sangat bermanfaat pula untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri anak.

 Jangan Munafik

Cara Tepat Memarahi Anak

Munafik inilah yang tak kalah banyaknya dilakukan oleh orang tua saat ini. Pada suatu saat anak di marahi karena kedapatann merokok, namun dengan santainya bapak merokok di depan anak.

Memarahi anak karena kedapatan pulang agak malam, namun orang tuanya baru saja pergi ke diskotik untuk hepi-hepi, sunggu perbuatan yang sangat tidak baik bukan?

Berikut ini adalah beberapa cara tepat memarahi anak yang dapat di praktikan di rumah, semoga marah anda bermanfaat untuk anak-anak kelak.

Beri Hukuman Ringan

Cara Tepat Memarahi Anak

Menghukum anak terkadang memang perlu di lakukan agar anak jera atas kesalahan yang di lakukannya. Akan tetapi sebaiknya memberikan hukuman juga sebaiknya tidak kelewat batas. Berilah ia hukuman sewajarnya yang tidak menyakiti mental dan fisik anak.

Dengan begitu esensi dari marah orang tua memiliki orientasi pada perbaikan sikap sang anak, bukan berorientasi untuk menumpahkan kekesalan terhadap sang anak. Hal inilah yang penting sekali untuk di munculkan pada diri setiap orang tua.

Hindari Kekerasan

Cara Tepat Memarahi Anak

Semarah apapun anda terhadap anak, hindari melakukan kekerasan terhadapnya. Baik itu kekerasan fisik maupun mentalnya. Hal ini demi kebaikan anak itu sendiri, jangan sampai kekerasan yang anda lakukan justru berdampak pada traumatis yang di alami anak nantinya.

Selain itu kekerasan yang di lakukan terhadap anak, juga mempengaruhi perkembangan mental dari sang anak itu sendiri.

Jangan Berlebihan

Cara Tepat Memarahi AnakJangan marah secara berlebihan hingga menyakiti psikologis anak. Marahlah seperlunya saja yang penting esensi dari larangan ataupun nesehat anda telah tersampaikan terhadapnya. Dengan begitu perkembangan anak tak akan terganggu dengan kekerasan yang dilakukan oleh orang tua secara berlebihan.

Minta Maaflah

Cara Tepat Memarahi AnakSetelah memarahi anak segeralah meminta maaf terhadapnya. Dan katakanlah kalau anda sebenarnya melakukan hal itu hanya karena anda sangat sayang kepadanya.

Beberapa cara marah terhadap anak di atas mungkin hanya sebagian kecil dari cara yang dapat diikuti, namun meskipun masih sebagian kecil ada sebuah tujuan yang sebenarnya ingin di capai. Yaitu adalah mendidik anak tanpa menggunakan kekerasan dan tidak terjadi dampak yang buruk dalam memarahi anak. Menumbuhkan kasih sayang yang di balut dengan pendidikan keluarga secara benar, harapannya anak nantinya mampu mengikuti cara-cara yang lebih elok dalam menyikapi kesalahan yang ada. By: Muhamad Fadhol Tamimy

Untuk anda yang ingin mendalami tentang psikologi anak dan perkembangan anda bisa membeli buku-buku yang membawa anda untuk memahami bagaimana itu PERKEMBANGAN DI PSIKOMA SHOP