Cara Sukses Menjadi Remaja Berprestasi Masa KiniCara Sukses Menjadi Remaja Berprestasi. Prestasi dapat digambarkan sebagai suatu hal pekerjaan seseorang yang berhasil dicapai dengan kerja keras dan diapresiasikan. Namun ada juga salah seorang ahli berpendapat bahwa prestasi ialah usaha atau pekerjaan yang dilakukan dengan giat oleh seseorang. Terdapat beberapa aspek dalam prestasi terutama pada prestasi belajar, meliputi:

 

  • Strategi kognitif
  • Kemampuan intelektual
  • Strategi efektif
  • Informasi verbal
  • Keterampilan

Cara Sukses Menjadi Remaja Berprestasi Masa Kini

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi seseorang yang berprestasi. Tetapi tidak mudah untuk menjadi seseorang yang berprestasi dibutuhkan keterampilan dan kerajinan. Mau itu orang kaya atau miskin, orang dari kota atau dari desa semua bisa menjadi orang berprestasi asalkan mau belajar, rajin, dan trampil. Beberapa tips untuk menjadi remaja berprestasi :

 

  1. Niat

Niat dari hati adalah kunci terkuat untuk menjadi seseorang yang berhasil. Dalam Islam niat adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum seseorang melakukan suatu hal rutinitas yang biasa dikerjakaan ataupun baru pernah akan dikerjakan yang dinilai sebagai ibadah.

  1. Percaya diri

Percaya diri adalah dimana kita mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh diri kita sendiri. Kita yakin bahwa kita mampu, yakin bahwa akan berhasil dan berprestasi. Namun mayoritas orang mereka merasa tidak percaya dengan kemampuan yang dimiliki untuk menjadi berprestasi. Sebenarnya setiap orang harus bisa percaya diri walaupun mungkin hasilnya belum maksimal seperti apa yang diinginkan.

  1. Kesungguhan saat belajar

Dengan kesunguhan disaat belajar pasti akan menjadi seseorang yang berprestasi. Karena dengan bersungguh-sungguh akan mudah pengetahuan-pengetahuan yang tersimpan dalam memmory kita sehingga dapat dituangkan saat suatu hal disinggung oleh pembicaraan yang penting. Karena apabila tidak bersungguh-sungguh akan mudah lupa dengan apa yang telah dipelajari.

  1. Hargai waktu

Menghargai waktu sebaik mungkin, karena dengan kita menghargai waktu disitulah tempat kita untuk menuju kesuksesan dalam berprestasi. Orang kaya sekalipun kalau tidak disiplin waktu tidak akan bisa menjadi orang yang berprestasi, setidaknya apabila ada waktu luang bisa digunakan untuk membaca atau mencari pengetahuan lain.

  1. Tanamkan motivasi

Setiap orang setidaknya memiliki motivasi untuk mendorong diri menjadi lebih baik di masa hadapan. Seseorang yang berprestasi pasti mereka mempunyai motivasi yang tinggi yang bertujuan untuk menyemangati hati dan pikiran dala belajar.

  1. Tentukan target

Pada umumnya seseorang harus mempunyai target dalam belajar, misalnya seperti target harus bisa menguasain pelajaran fisika atau bisa juga dengan menentukan target pada nilai suatu mata pelajaran. Karena dengan kita menentukan target apabila belum mencapai yang ditargetkan ada dorongan dari hati untuk bisa mencapai target atau bahkan dapat melampaui yang ditargetkan.

  1. Aktif dalam Organisasi atau Ekstrakulikuler

Dengan aktif dalam organisasi maka wawasan kita akan bertambah luas dan akan mendapatkan banyak pengalaman yang belum pernah kita lakukan dalam hidup kita sekalipun.

  1. Rajin beribadah

Dengan Sholat dan berdoa kepada Allah maka hati dan pikiran kita akan merasa lebih tenang untuk fokus menjadi orang yang berprestasi.

  1. Doa restu

Meminta doa restu lah kepada kedua orang tua, karena ridho Allah tergantung pada ridho kedua orang tua. Dengan meminta doa restu kepada orang tua maka langkah menuju keberhasilan akan dimudahkan oleh Allah.

Jadi, mulai sekarang rajin lah membaca dan belajar. Karena orang sukses berawal dari prestasi yang tinggi yang di dapati dari membaca buku, kalau bukan dari diri kita sendiri siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi.

 

Semoga Bermanfaat …

By : Nurus Syarifatul ‘Aini