Takut? Ini Cara Sederhana Untuk Mengalahkan Ketakutan Anda

Cara sederhana untuk mengalahkan ketakutan – Rasa takut adalah hal yang alami dan naluriah. Banyak orang yang membutuhkan cara sederhana untuk mengalahkan ketakutan, karena terkadang mereka merasa tidak nyaman dengan ketakutan yang ada. Misalnya takut dengan binatang, takut dengan pasangan, dan sebagainya.

Ellen Hendriksen menyebutkan ada 4 cara sederhana untuk mengalahkan ketakutan anda. Seperti yang dilansir oleh psychologytoday.com, ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengalahkan ketakutan anda:

  1. Biarkan berjalan apa adanya

Ibarat sebuah film, anda jangan pernah menekan tombol pause ketika anda sedang dihadapkan oleh ketakutan anda. Jadi, bagaimanapun ketakutan tersebut muncul, jangan pernah berhenti dan berdiam diri. Biarkan saja adegan itu berjalan dan hadapi ketakutan yang muncul tersebut, meskipun anda merasa sangat tidak nyaman dan menjadi sangat emosional.

  1. Kuatkan tekad dan kemauan anda

Menguatkan tekad dalam menghadapi ketakutan adalah hal yang penting. Ketika anda berhasil menguatkan tekad anda, maka hal ini akan membantu anda untuk tetap bertahan dan berdiri tegak menghadapi hal yang membuat anda takut.

Misalnya anda mengalami demam panggung dan takut berbicara di depan umum. Cobalah mencari alasan apapun yang mampu memperkuat tekad dan kemauan anda dalam berbicara di depan umum. “Saya harus melakukan ini supaya bisa lulus!” atau “Saya akan melakukan hal ini supaya orang tua saya bangga!”. Itu adalah dua contoh alasan yang bisa anda gunakan ketika ketakutan anda muncul.

  1. Tuliskan ketakutan anda, dan buktikan bahwa itu semua salah

Anda takut untuk berbicara di depan umum karena berpikir bahwa orang-orang akan menertawakan anda. Ini adalah ketakutan yang anda miliki. Tulislah ketakutan tersebut di dalam diary atau catatan anda misalnya, lalu buktikan bahwa apa yang anda pikirkan adalah salah.

Gunakan fungsi kognitif anda untuk melawan apa yang sudah anda tulis. Pikirkan semua kemungkinan yang bisa terjadi ketika anda berbicara di depan umum, dan tuliskan semua hal yang berlawanan dengan kekhawatiran anda. Hal ini akan membantu anda dalam membuktikan bahwa semua ketakutan yang anda tulis adalah salah dan tidak berdasar.

Apabila belum berhasil, anda bisa meminta tolong teman anda, sahabat anda, atau psikolog untuk membantu anda dalam “mengcounter” ketakutan yang anda alami.

  1. Lawan ketakutan dengan hal yang kecil

Cara sederhana untuk mengalahkan ketakutan anda yang berikutnya adalah mulai dengan hal yang kecil.

Masih dari contoh ketakutan untuk berbicara di depan umum. Mungkin konteks berbicara di depan umum terlalu luas bagi anda, karena anda harus berbicara di depan 50 orang misalnya. Nah, untuk mengalahkan ketakutan itu, mengapa tidak mencoba untuk berbicara di depan sedikit orang terlebih dahulu? Misalnya coba untuk berbicara di depan 10 orang, 5 orang, atau bahkan hanya 2 orang saja.

Mulai dari situasi paling kecil dan menurut anda paling mudah. Setelah berhasil dengan yang paling kecil (misalnya dua orang), kemudian perbanyaklah jumlahnya menjadi 5, 10, 12, hingga nantinya sampai ke 50 orang. Secara bertahap, hal ini akan membantu anda mengalahkan ketakutan anda sendiri.

Nah, itu adalah beberapa cara sederhana untuk mengalahkan ketakutan anda. Selamat mencoba, dan semoga berhasil. By: Eduardus Pambudi