Bagaimana Sih Cara PD Bersosialisasi Dengan Tetangga Itu

Bagaimana Sih Cara PD Bersosialisasi Dengan Tetangga Itu

June 26, 2017 Off By Admin

Bagaimana Sih Cara PD Bersosialisasi Dengan Tetangga ItuNama : Azwar alamsyah
E-mail : azwaralxx@gmail.com
Judul : Konsultasi Psikologi Indonesia (Cara PD Bersosialisasi Dengan Tetangga)
Isi Konsultasi : Assalamualaikum dan selamat pagi admin Psikologi Indonesia. Saya mau cerita sedikit tentang diri saya min. Saya kelahiran tahun 1995, sejak saya lahir sampai 2010 saya tinggal di tempat A. Selama saya di tempat A saya mudah bersosialisasi sama tetangga n temen sebaya bahkan sama anak kecil atau orang yg lebih tua sekalipun. Nah hari selasa tanggal 10 maret 2010 kemaren saya pindah ke tempat B. Selama saya tinggal di tempat B saya agak merasa tertutup sama masyarakat di tempat B itu n perlu waktu sekitar 2thn saya bisa bersosialisasi dengan mereka walau gak seperti di tempat A kemarin. Saya pindah lagi ke tempat C dari tanggal 20juli 2013 sampai skrg. Di tempat ini saya bener2 tertutup. Selama saya di tempat C ini saya jarang tegur sapa sama orang di tempat C ini bahkan sampai saat ini saya gak tau nama tetangga. Jujur saya gak enak n takut di bilang sombong sama warga di tempat C ini. Apa saya ada kelainan? Kira2 ada cara buat saya biar bisa bersosialisasi seperti di tempat A itu? Atas perhatiannya terimakasih admin Psikologi Indonesia

Jawaban

Sebelumnya mohon maaf lahir batin, dari admin psikoma/ psikologi indonesia. Untuk mas Azwar alamsyah, untuk bersosialisasi, tak lain dan tak bukan adalah mencobanya sekarang juga. Tapi saya malu, tapi saya takut dan ga PD, bagaimana dong?

Jika anda merasakan hal seperti itu tentu saja wajar, mengingat anda membutuhkan pembiasaan. Siapapun itu dan se PD apapun orangnya jika memasuki lingkungan yang baru tentu akan merasakan hal yang sama. Yang menjadi pembeda adalah orang yang PD berani mencoba. Dan hal ini sebenarnya bisa loh, untuk mas Azwar coba.

Tidak perlu langsung secara dramatis sok akrab dan sok kenal, namun cukuplah mengawalinya dengan menyapa, atau minimal senyum. Menyapa sederhana seperti panggilan, bu, pak, dengan senyum atau bahkan dengan senyum saja juga sudah bagus daripada tidak berani mencobanya.

Jika anda dicueki tak usah keburu berpikir bahwa anda diabaikan, bisa saja orang tersebut bingung atau kaget kok ada orang yang tidak dikenal menyapa, begitu pikirnya. Karena memang anda jarang bersosialisasi bukan?

Selanjutnya adalah jika ada beberapa kegiatan di sekitar lingkungan tempat tinggal anda seperti kerjabakti, anda bisa ikut berpartisipasi, jika ada ibadah shola lima waktu anda bisa sholat lima waktu berjama’ah. Sejatinya sholat lima waktu berjama’ah juga memiliki fungsi dimensi sosial loh, salah satunya adalah mengeratkan silaturrahmi, dan saling kenal dengan saudara seimannya. Semoga anda bisa melakukan beberapa Cara PD Bersosialisasi Dengan Tetangga, sukses selalu untuk anda. Psikologi Mania