Cara Mudah Menyelesaikan Masalah

Masalah adalah suatu hambatan yang menghalangi kita mencapai kondisi yang diharapkan. Datangnya suatu permasalahan merupakan hal yang wajar bagi setiap individu sedangkan penyelesaiannya tergantung dari setiap individu tersebut. Tentunya tidak semua orang mempunyai strategi yang bisa membuat suatu permasalahan menjadi lebih mudah untuk dipecahkan. Hal ini menyebabkan tekanan atau depresi apabila permasalahan tak kunjung terselesaikan. Untuk itu, berikut ini ulasan mengenai cara mudah menyelesaikan masalah :

  1. Hindari Mengeluh Berlebihan

Faktanya setiap individu yang secara sengaja maupun tidak menunjukan sikap kurang bisa menerima kondisi dengan cara mengeluh tidak akan mudah menemukan solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi. Bahkan jika dilihat dari segi mental, mengeluh justru akan mensugesti otak untuk semakin menganggap suatu permasalahan menjadi semakin rumit dan tentunya sulit dipecahkan. Jadi mulai sekarang hindari mengeluh tanpa tindakan.

  1. Take Action

Seberapapun cerdas suatu strategi penyelesaian masalah yang anda miliki namun apabila tidak diimbangi dengan tindakan nyata maka tidak akan ada hal kecil apapun yang terselesaikan. Suatu perencanaan tentunya tidak akan terwujud tanpa adanya tindakan bukan?

  1. Menyederhakan Masalah

Tidak jarang kita sendirilah yang membuat suatu permasalahan semakin rumit dan seolah benar – benar membuat kita terpuruk pada sudut keputusasaan. Mengeluh lalu meratapi masalah secara berlebihan dapat menjadikan kita terlalu berlebihan dalam memberikan respon terhadap segala permasalahan yang datang. Bisa jadi kita sendirilah yang membuat masalah menjadi semakin rumit karena persepsi yang kita bangun sendiri. Untuk itu, sederhanakanlah masalah maka solusi sederhana pula yang akan kita temui.

  1. Memusatkan Perhatian Pada Sebuah Solusi

Jangan hanya memusatkan perhatian kita pada masalah yang ada karena hal ini justru akan membuat kita terlalu mengasihi diri sendiri secara berlebihan. Selalu berusaha fokus pada pencarian solusi merupakan tindakan nyata yang akan membuat kita merasa mudah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Sedangkan apabila kita terlalu memusatkan perhatian kita pada masalah semata maka akan memicu timbulnya emosi negatif sehingga kemampuan atau potensi otak dalam menganalisa tidak berfungsi secara maksimal.

  1. Analisa Penyebab Munculnya Sebuah Masalah

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa tidak akan ada asap tanpa api, nah disini kita akan menerapkan bahwa tidak akan ada masalah tanpa adanya penyebab. Langkah utama untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yakni dengan menganalisa penyebab dari munculnya suatu masalah. Dengan mengetahui penyebabnya maka solusi tentunya juga akan dengan mudah ditemukan. Terlepas dari itu semua, alangkah bijaknya bagi kita untuk tetap menganggap bahwa masalah bukanlah suatu penghalang semata namun juga sebagai jalan pembuka bagi setiap individu dalam menjalani proses pendewasaan hidup. By : Nurus Syarifatul ‘Aini