Cara Mudah Beradaptasi Di Lingkungan Baru Untuk Kamu Yang Minder

Cara Mudah Beradaptasi Di Lingkungan Baru Untuk Kamu Yang Minder

November 5, 2016 Off By admin

Cara Mudah Beradaptasi Di Lingkungan Baru Untuk Kamu Yang MinderCara Mudah Beradaptasi – Individu? Hampir mayoritas sebagai individu akan mengalami peristiwa seperti menghadapi lingkungan baru. Pada saat pindah rumah, sekolah baru, les private baru, kampus baru, teman kelompok baru dan lain sebagainya. Kita tidak dapat menghindari dunia baru yang akan kita jalani ke depan nanti. Sungguh banyak jalan-jalan yang baru yan harus kita tempuh.

Banyak yang akan kita pikirkan disaat kita mengalami lingkungan baru, seperti rasa penasaran, rasa takut, rasa minder dan lain sebagainya. Tidak menyalahkan kalau ada diantara kita yang merasa kurang nyaman dengan lingkungan baru karena belum terbiasa, belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Dengan adanya informasi mengenai lingkungan baru tersebut akan membuat kita nyaman dengan lingkungan yang baru. Lantas, bagai mana caranya untuk mudah beradaptasi dengan lingkungan baru?

Cara mudah beradaptasi di lingkungan baru

  1. Persiapkan mental

Tanamkan pada diri kita bahwa kita adalah orang baru yang baik dan berbudi pekerti seperti layaknya orang baik diluaran sana, dengan begitu akan memberanikan diri kita untuk beradaptasi dan berani bertanya kepada tetangga sekitar. Mungkin dengan mengawali dengan senyuman kemudian bertanya dan lakukanlah pembicaraan untuk menambah informasi mengenai lingkungan tersebut.

  1. Menata diri

Untuk menghadapi lingkungan baru kita membutuhkan persiapan diri yang matang, karena kita belum mengetahui seperti apa lingkungan baru kita yang bisa jadi membutuhkan tenaga ekstra sehingga kita sudah siap untuk mengikuti aturan tersebut, atau bahkan bisa sampai tata cara berpakaian dan lain sebagainya. Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan rapi dengan kita menata diri sebelum bertempur.

  1. Menata presepsi kita tentang lingkungan baru

Kita harus mempunyai bekal informasi terpecaya serta benar mengenai lingkungan baru yang akan kita tinggali terlebih dahulu, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti salah presepsi.

  1. Mulailah beradaptasi.

Sesempurna apapun itu persiapan diri kita, beradaptasi adalah hal yang harus kita lakukan dengan lingkungan baru. Jangan pernah mengira bahwa lingkungan tidak akan pernah mengalami perubahan, setiap lingkungan pasti akan mengalami perubahan. Ikutilah perubahan yang ada, agar tidak terkena seleksi alam. Janganlah pernah merasa takut akan penolakan, karena tantangan hidup akan selalu ada pada perjalanan menuju masa depan kita.

  1. Seringlah memulai pembicaraan

Dengan kita memulai pembicaran maka warga pada lingkungan baru tersebut akan mempunyai presepsi yang baik pada kita. Contohnya seperti murah senyum, menyapa terlebih dahulu, bertanya lebih dahulu dan lain sebagainya.dengan begitu sama halnya kita menunjukan diri bahwa diri kita adalah orang yang terbuka dan hangat.

  1. Rasa ingin tahu

Jika dari awal kita sudah memiliki rasa ingin tahu maka kita tidak akan punya rasa malas untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Rasa ingin tahu itu justru akan memotivasi kita untuk menuangkan apa yang kita bisa pada lingkungan baru.

  1. Mintalah penilaian kepada orang disekitar kita

Mintalah penilain kepada orang di sekitar kita mengenai perilaku kita yang sudah dilakukan  di lingkungan baru. Apapun penilaian orang yang ada pada sekitar kita terimalah dengan lapang dada dan kepala dingin, dengan begitu kita dapat memperbaiki diri agar lebih baik dari sebelumnya dengan kemampuan yang kita punya.

Itulah 7 Tips Cara Mudah Beradaptasi di lingkungan baru yang dapat kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara di atas mungkin akan berhasil manakala disertai niat dan juga konsistensi dalam mencoba. By: Nurus Syarifatul Aini