Begini Cara Merubah Hidup Anda Yang Begitu-Begitu SajaAnda mungkin seringkali merasa bosan dengan kondisi anda saat ini. Tidak ada perubahan berarti yang anda rasakan dari tahun ke tahun. Resolusi tahun baru, niat untuk berubah menjadi yang lebih baik, pun sepertinya hanya tinggal kenangan, dan tidak bisa anda capai. penting untuk mengetahui bagaimana cara merubah hidup yang tepat.

Hal ini membuat banyak dari anda yang merasa minder, putus asa, sehingga sudah tidak mood untuk berubah menjadi orang yang lebih baik. Lalu, bagaimana cara merubah hidup anda? Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk merubah hidup anda yang biasa biasa saja, supaya bisa mencapai target yang diinginkan? Jawabannya adalah sangat bisa.

Cara Merubah Hidup

Beverly Flaxington merilis sebuah tulisan dalam psychologytoday.com mengenai cara untuk move on dari situasi yang mandek dan biasa biasa saja yang anda alami. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merubah hidup anda  menjadi lebih baik lagi:

  1. Identifikasi apa yang benar-benar anda inginkan

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengubah hidup anda adalah dengan cara mengidentifikasi perubahan apa yang benar-benar anda inginkan, dan perubahan apa yang menjadi kebutuhan anda saat ini, atau di masa depan. Bayangkan apa saja yang akan anda peroleh apabila perubahan tersebut bisa tercapai. Gambarlah perubahan tersebut, dan tanamkan dalam pikiran anda, bahwa anda akan mencapainya suatu hari nanti.

  1. Tandai rintangan yang akan anda hadapi dalam mencapai perubahan tersebut

Hal berikutnya yang harus menjadi perhatian anda adalah rintangan dan kesulitan dalam perjalanan menuju perubahan. Banyak orang yang sudah berhasil melewati tahap pertama, namun melupakan tahap ini. Mereka tidak melihat hambatan dan rintangan apa saja yang mungkin bisa menjadi penghambat mereka dalam mencapai perubahan. Kategorikan kesulitan dan rintangan tersebut, mulai dari yang paling mudah, hingga yang paling sulit.

  1. Identifikasi kekuatan yang anda miliki

Tahap ini akan membuat anda menyadari kekuatan yang anda miliki, untuk bisa mencapai perubahan yang anda rencanakan tersebut. Selain itu, anda juga bisa melihat apa saja yang bisa anda kembangkan di dalam diri anda supaya anda bisa mencapai perubahan yang anda inginkan tersebut. Anda juga bisa mengidentifikasi, apakah memungkinkan bagi anda untuk menghadapi hambatan dan juga rintangan yang sudah anda tulis pada tahap sebelumnya. Apabila tidak memungkinkan, anda bisa mencari bantuan orang lain untuk membantu anda menghadapi rintangan tersebut.

  1. Pilih jalan yang terbaik

Dalam memecahkan masalah, sudah pasti ada beberapa jalan yang bisa anda tempuh. Pada tahap ini, untuk bisa mencapai perubahan, maka anda harus bisa memilih cara apa yang akan anda tempuh, berikut dengan resiko dan juga kelebihannya masing masing. Apakah anda ingin memilih cara termudah, cara termurah, cara yang membutuhkan banyak modal, atau cara yang lain, pilih sesuai dengan keinginan anda.

  1. Lakukan pendekatan langkah demi langkah

Cara merubah hidup yang terakhir yaitu setelah semua tahap selesai, maka anda harus bisa membuat penjadwalan selangkah demi selangkah. Anda harus menyelesaikan 1 langkah untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya. Masing masing langkah bisa anda buat sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya mengeliminasi dan mengatasi rintangan terlebih dahulu, dan sebagainya.

Nah, itulah 5 cara yang bisa anda lakukan sebagai cara mengubah hidup anda, dari yang biasa-biasa saja, menjadi luar biasa. Dengan cara tersebut, maka anda bisa menargetkan perubahan hidup dan mengaplikasikannya dengan lebih baik lagi. Psikologi Mania