Cara Menyukai Jurusan Kuliah Yang Tidak Diminati

Cara Menyukai Jurusan Kuliah Yang Tidak Diminati

January 21, 2017 Off By admin

Cara Menyukai Jurusan Kuliah Yang Tidak DiminatiNama : Riyan
E-mail : ayuk4576@gmail.com
Judul : Merasa salah ambil jurusan kuliah
Isi Konsultasi : Selamat siang, sekarang ini saya seorang mahasiswa jurusan akuntansi, hanya saja jurusan tersebut saya ambil tidak sepenuhnya karena keinginan saya, tetapi karena pekerjaan saya sekarang yang terikat kontrak menuntut pendidikan yang lebih tinggi. Meskipun sebelum masuk jurusan ini sudah banyak yang dipertimbangkan, tetapi sekarang saya merasa salah mengambil jurusan. Sebenarnya saya bisa mengikuti pelajarannya, hanya saja jurusan ini kurang saya minati. Mumpung masih semester awal, bagaimana caranya agar saya bisa menyukai jurusan tersebut dan bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik serta nantinya mendapat hasil yang optimal ? Terima kasih.

Jawaban

Jurusan Kuliah – Trimakasih sebelumnya untuk mas Riyan, merasa tidak cocok dengan jurusan kuliah yang di ambil sebenarnya juga di alami oleh beberapa orang di sekitar kita. Bahkan di suatu waktu saya pernah mendengar cerita, dimana ada seorang anak yang masuk ke jurusan kedokteran dimana ia akhirnya memutuskan unuk keluar. Padahal ia telah berada pada semester – semester akhir, yang dalam hal ini adalah tinggal menyelesaikan tugas akhir saja. Setelah ditelusuri, ternyata ia sebenarnya tidak menyukai jurusan tersebut, hanya saja dikarenakan tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya masuk ke jurusan tersebut, akhirnya membuatnya untuk menuruti apa yang di katakana orang tuanya.

Untuk itu memang sebaiknya apapun yang kita ambil baik itu pilihan mencari pasangan hidup ataupun jurusan kuliah adalah yang sesuai dengan passion atau hobi kita. Karena jika sudah sesuai dengan passion ataupun cocok dengan kita, dalam proses menjalani masa perkuliahan akan terasa mudah.

Tugas banyak pun akan terasa mudah, karena apa? Karena kita menyenangi dan menikmati proses dalam menuntut ilmu tersebut.

Untuk mas riyan jika memang anda merasa tidak cocok namun anda merasa tidak masalah dengan jurusan tersebut, silahkan saja untuk diteruskan sembari berusaha untuk mencocokkan dengan hobi dan passion anda di bidang tersbut. Ada beberapa cara agar anda menikmati jurusan yang menurut anda salah tersebut seperti;

  1. Memunculkan kesenangan tesebut di dalam diri sendiri

Bagiamana sih cara memunculkan kesenangan di dalam diri sendiri tersebut? Setiap orang memiiki caranya masing-masing, entah itu dengan cara melihat prospek kedepan, membaca pengalaman orang-orang sukses di bidang jurusan tersebut, hingga melihat sisi menarik mahasiswa di jurusan tersbut. Bahasa lain dari melihat sisi menarik adalah, lihatlah mahasiswi yang menurut anda menarik yang dapat menggetarkan hati anda, dari situ anda akan memiliki alasan mengapa anda haris rajin masuk perkulihan.

  1. Munculkan niat dan tekad untuk menyelesaikan Perkuliahan

Apapun yang telah kita lakukan, namun jika tidak ada niat dan tekad yang kuat, maka hal tersebut akan sia-sia. Munculkanlah tekad di dalam diri anda serta niat yang kuat agar kemantapan yang anda miliki akan semakin mantap melangkah menjalani perkuliahan anda saat ini.

  1. Shering Dengan Rekan dan Dosen Pembimbing

Apapun kesulitan yang anda hadapi cobalah untuk selalu membaginya kepada rekan anda. Trutama permasalahan belajar atau apapun itu. Jika dirasa rekan belum memiliki pengalaman untuk menyelesaikannya, maka anda dapat berbagi keluh kesah dan tips menjalani perkuliahan saat ini dengan dosen pembimbing anda. Mungkin terkadang jadwal dari dosen pembimbing sangatlah padat, namun ia akan senang hati menerima konsul dari mahasiswa bimbingannya kok.

  1. Buat Time Table

Time table adalah sebuah panduan yang anda tetapkan sendiri yang meliputi waktu anda akan menyelesaikan perkuliahan, serta target apa saja yang hendak anda capai dalam kurun waktu tertntu. Dengan membuat time table, maka apa yang anda lakukan akan terarah dengan baik dibandingkan dengan tidak menetapkan time table secara mandiri.

  1. Banggalah Terhadap Jurusan Saat Ini

Setelah anda melakukan cara di atas agar anda menyukai jurusan kuliah anda saat ini, maka hal selanjutnya adalah dengan berbangga dengan jurusan anda saat ini. jika anda sudah memiliki kebanggaan pada jurusan tersebut, maka rasa memiliki dan ingin memberikan yang terbaik pun akan tercipta.

  1. Bahagiakan Orang Tua

Selanjutnya agar anda menyukai jurusan kuliah anda saat ini adalah, dengan bertekad untuk membahagiakan orang tua yang telah merawat kita sejak kecil hingga seperti saat ini. Karena merekalah kita mampu berdiri mandiri untuk mencari penghidupan sendiri. Berikan ia kebanggaan, baik itu dari prestasi ataupun apapun yang bisa anda berikan terhadapnya.

  1. Doa

Yang menjadi pelengkap dari segala usaha adalah doa. Berdoalah dengan segenap hati dan ucapkanlah perintaan anda. Dengan begitu maka harapannya setiap langkah anda mendapatkan kemudahan oleh-Nya.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam upaya menyukai jurusan kuliah yang tidak anda minati saat ini. semoga anda dapat melewatinya dan cepat menyelesaikan perkuliahan tersebut. Psikologi Mania