Cara Menyikapi Secara Bijak Perselisihan Dalam PersahabatanNama : Abc
E-mail : xxxriyani@yahoo.com
Judul : Konsul
Isi Konsultasi : Saya punya masalah dengan teman sekelas dikampus sekaligus teman geng (bahasa gaulnya). Ada sedikit masalah diantara kami dari awal mulainya masalah mereka ada etikat baik untuk sapa saya, menegur saya tapi dari saya sendiri masih gengsi dan keras blm mau bebrapakali mereka ada etikat baik tapi saya masih sprti awal gengsi dan keras, saya menjauh dari mereka.

Sampai satu hari dmna saya ingin mengobrol dengan mereka menjelaskan semua tapi mereka gak ya saya maklum mungkin mereka juga sama sprti saya wktu itu. Hampir 6bulan kami tidak saling sapa, tidak jalan barent, tidak ngobrol, tidak ada kegiatan lagi bersama.

Memasuki sem 4 saya mencoba semuanya dari awal saya mencoba meminta maaf semua melalui bbm ke teman saya yg satu dia memaafkannya, awal2 ketemu masih canggung mungkin tidak saling sapa. Kebetulan dari hari lain saya dan teman kampus kebetulan hangout brsama trmasuk teman saya yang sdng ada masalah dng saya kami pergi tempat area permainan semacam timezone disitu melalui teman saya yang lain mencoba mmbantu saya untuk mminta maaf keteman saya yang lain, saya memeluk dia dan meminta maaf ke teman saya itu mngkin masih canggung jdi masih kaku blm bnyak bicara.

Hari terus berlalu saya mencoba mendekati mereka ada respon tapi tidak trlalu msh ada jarak. Dari awal sem 4 sampai selesai tak ada perubahan seakan mereka menutup diri dari saya, sampai memasuki sem 5 pun msh sma tpi yg brbeda mash ttp sama tpi yg di sem 5 ini lebih tidak ada respon sama skli atau hnya sekedarnya saja. Saya ingin mmprbaiki smuanya tapi saya pun bingung menulisnya

Cara Menyikapi Secara Bijak Perselisihan Dalam Persahabatan

Jawaban: Mba abc hubungan pertemanan yang pernah menglami crash tentu tidak sama dengan disaat sebelumnya dimana kalian bisa dikatakan sangat akrab. Terlebih lagi waktu jeda ketika hendak memperbaikinya, tentulah ada sebuah perasaan canggung di antara kalian. Hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi.

Yang harus di lakukan adalah tak peduli apapun selama itu yang anda lakukan baik, menyambung tali silaturrahmi, tak usah menyerah mba zhi. Terkadang akibat kecanggungan yang terjadi memang masih akan selalu ada perasaan tidak enakan, maupun kecurigaan satu sama yang lain.

Masih ada rasa saling menjaga diri, dan juga saling menunggu adalah hal yang umum terjadi di saat persahabatan sempat mengalami permasalahan. Apa yang mba abc lakukan sebenarnya sudah tepat dengan tetap menjaga hubungan baik persahabatan kalian. Hal itu di buktikan dengan usaha anda untuk tetap mencoba mendekatinya.

Sebenarnya disini yang menjadi masalah adalah kecanggungan yang dibumbui segelintir fikiran cemas, curiga, dan sebal. Entah itu dari pihak mba zhi atau beberapa sahabatnya tersebut.

Cobalah untuk selalu berfikir positif dengan mengganti mind set pertanyaan di dalam diri, misalnya saja saat anda mendekati mereka “bagaimana jika mereka menolakku saat ku tegur/ dekati” ubah dengan “bagaimana jika mereka menerima ku”. Atau ketika anda mendekati mereka namun belum mendapatkan respon yang baik seperti “Mengapa mereka taka da respon baik-baiknya sih” ubah dengan “Mungkin saja mereka saat di tegur masih memiliki kesibukan, atau belum begitu dengar” dan lain sebagainya.

Tetap menjadi diri sendiri, akan selalu lebih terlihat berkharisma daripada berusaha menjadi orang lain.

Jangan patah semangat hanya karena 4-5 kali belum direspon, karena mereka yang berhasil adalah orang yang tetap bangun di saat ia jatuh walaupun telah terjatuh ratusan kali. Karena hal yang manis tak akan nikmat jika ia mudah untuk didapatkan. Semoga mendapatkan sahabat yang lebih baik mba abc. Baca juga artikel sebelumnya sebab-sebab persahabatan tak secair dahulu

Psikologi Mania