Cara Meningkatkan Percaya Diri Di Tempat Kerja

Nama : rahmat
E-mail : rahmatgunadi100@yahoo.com
Judul : psikologi sosial ( Cara Meningkatkan Percaya Diri Di Tempat Kerja)
Isi Konsultasi : Selamat pagi. Mau brtanya, cara agar mudah bergaul di tmpat krja gmn ya? Saya pendiem bgt dan kaku, saya pgn luwes di depan tmn2 krja ngobrolnya dan ga pemalu.

Jawaban

Cara meningkatkan Percaya diri – Untuk mas rahmat, sebelumnya saya perlu tau dahulu apa yang menjadi penyebab anda pendiam. Apakah karena anda takut ditolak, merasa minder, atau akibat pengalaman traumatis masa lalu dimana anda di bully dan lain sebagainya. Karena guna memberikan saran, kita harus mengetahui kronologis apa yang anda rasakan terlebih dahulu.

Cara meningkatkan Percaya diri

Namun jika mungkin anda terlupa, tidak mengapa. Semoga beberapa saran ini akan dapat menjadi referensi untuk bisa diikuti. Namun ingat, beberapa saran berikut ini tak mesti akan cocok bagi siapapun, namun saran berikut ini adalah bebrapa saran dari pengalaman.

  1. Tekad dan Niat

Agar anda percaya diri dan mudah untuk bergaul yang pertama adalah niat dan tekad di dalam diri. Tumbuhkanlh bahwa anda harus berubah, dan siap untuk menerima segala konsekuensi dari apa yang hendak anda lakukan. Dengan niat yang kuat dan disertai tekad, maka segala bentuk halangan dan ketakutan yang masih membelenggu anda, entah itu rasa minder yang masih bersemayam, ketakutan jika di tolak/ takut di bilang sok asik, itu semua akan dapat teratasi dengan baik dengan tekad dan niat yang kuat.

Tekad dan niat ini akan mudah untuk di tampakkan jika anda memunculkan berpikir positif di dalam diri anda.

  1. Berpikir positif

Taukah anda, jika segala yang terjadi dalam kehidupan kita, hampir kesemuanya di awali dari dalam pikiran kita sendiri. Entah itu pikiran positif maupun negative, itu semua mempengaruhi kehidupan kita. Kita bisa mengambil contoh saat sedang berjalan naik kendaraan, pada saat melaju kencang anda ingin menyelip kendaraan di depan namun apa yang terjadi, ternyata di depan ada sebuah truk yang juga melaju kencang. Dalam posisi ini pikiran kita percaya bahwa tidak akan terjadi apa-apa jika kita menyelipnya. Dan benarlah saat kita nekat dan dengan percaya diri kita menyelipnya tidak terjadi apa-apa, meskipun padahal nyaris saja kita terserempet.

Mungkin kejadian tersebut sebagian dari kita pernah mengalaminya. Atau yang sebaliknya, pada saat kita hendak berpergian, namun saat itu ada perasaan yang tidak enak dalam diri kita. Kita merasa bahwa hari itu akan terjadi sesuatu yang merugikan kita. Betapa ajaibnya bukan, ternyata pikiran kita benar dalam berfirasat? Berapa kali kita pernah mengalami? Sering? Atau jarang?

Baik sering atau jarang yang pasti kita pernah mengalami dua kejadian itu bukan? Untuk itulah jaga selalu pikiran positif kita dalam segala hal, agar menjalani kehidupan akan semakin mudah.

  1. Memulai Untuk 3 S (Senyum, Sapa, Salam)

Cara meningkatkan Percaya diri yang ketiga adalah dengan Rumus 3S. Rumus 3 S ini telah dirumuskan oleh Nabi Muhamad, yang diindonesia seringkali menjadi selogan Kh. Abdullah Gymnastiar atau sering kita kenal AA Gym. Hal tersebut bukan hanya ampuh di lakukan oleh orang muslim saja loh, ternyata jika siapapun mengerjakan hal yang demikian (senyum, sapa, salam) maka keakraban akan terjalin.

Mungkin jika kita tiba-tiba melakukan hal yang demikian, bagi sebagian orang yang lain akan merasa bingung dan canggung untuk membalasnya. Namun seiring berjalannya wakut, jika anda terus menerus konsisten untuk dilakukan, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan. Dan saat kebiasaan baik tersebut telah tertanam di dalam diri anda, maka percaya diri menghadapi orang lain pun akan tercipta.

  1. Fokus Lakukan Yang Terbaik

Cara meningkatkan Percaya diri yang ke empat dengan berfokus pada melakukan yang terbaik. Tak peduli seberapa susahnya itu, lakukanlah sampai batas kemampuan anda untuk melakukan yang terbaik. Dedikasi anda untuk pekerjaan yang anda lakukan, hasilnya akan dirasakan, bukan saja diri anda semata, namun lingkungan pekerjaan anda pun akan ikut merasakannya.

Saat anda merasa lelah, dan merasa anda dipermainkan dan diperlakukan tidak adil, maka berusahalah sekuat tenaga untuk bersabar dan melakukan yang terbaik. Karena jika diibaratkan watak seseorang dengan batu yang sangat keras, ia hanya akan lebur dengan tetesan air yang secara terus menerus di teteskan di atasnya. Kita bisa melakukan eksperimen itu sendiri. Carilah batu yang amat kerjas, dan guyurlah batu tersebut dengan air keran yang anda nyalakan sedikit saja dalam waktu beberapa bulan. Anda akan melihat hasilnya. Namun eksperimen ini tidak di anjurkan karena tentu akan mubazir air hehe.

Begitulah, jika anda terus menerus berfokus untuk melakukan yang terebaik, maka mereka yang memperlakukan anda tidak adil, akan terbuka hatinya. Minimal anda akan memberikan sebuah dampak yang sangat besar minimal jika anda mengambil cuti. Merka baru akan merasakan betapa berartinya anda. Dan itu semua tidak akan didapatkan jika anda tidak melakukan hal terbaik.

  1. Berbuat kebaikan

Setelah anda berfokus untuk melakukan yang terbaik, langkah terakhir adalah dengan berbuat kebaikan. Dengan berbuat kebaikan terhadap apapun dan siapapun, maka pintu kebaikanpun akan senantiasa untuk terbuka untuk diri anda.

Itulah beberapa cara membangun sikap percaya diri di tempat kerja. Ke 5 cara di atas akan berhasil untuk dilakukan, selama anda mengikuti secara konsisten cara di atas. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan doa. Karena segala sesuatu usaha yang dilakukan tanpa doa akan menjadi hal yang sia-sia. Semoga anda berhasil untuk membangun sikap percaya diri di tempat kerja anda. Psikologi Mania

Share