Cara Mengubah Kekurangan Menjadi Kelebihan DiriCara Mengubah Kekurangan Menjadi Kelebihan- Setiap individu memili kekurang dan kelebihan yang berbeda-beda, sama seperti pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada satupun manusia yang sempurna. Maksudnya ialah di setiap kelebihanmu terdapat kekurangan. Kelelebihan yang dimiliki bisa membawa manfaat yang banyak dan berguna, sedangkan kekurangan diri hanya mendatangkan masalah. Namun hal in itergantung kepada diri kita sendiri, bagaimana mengolah kelebihan agar berguna dan mengolah kekurangan menjadi kekuatan tersendiri.

Memang tidaklah mudah untuk mengolah kekuranganmu menjadi hal yang positif, namun jika anda memiliki niat untuk lebih baik semua akan berjalan dengan lancar.  Seringkali kekurangan yang ada didalam dirimu membuatmu tidak percaya diri atau minder. Percaya diri adalah kunci utama untuk anda terus berusaha mengubah kekurangan yang anda miliki. Bagaimana caranya? Nah, berikut akan kami ulas lebih lanjut cara mengubah kekurangan menjadi kelebihan:

  1. Belajar mengenali potensi didalam diri sendiri

Cara mengubah kekurangan menjadi kelebihan diri yang pertama haru dilakukan ialah mengenali potensi-potensi yang ada di dalam dirimu sendiri hal ini berarti mencari tahu tentang kelebihan diri sendiri. Selami kelemahan yang ada di dirimu, anda bisa melakukannya dengan berdiri di depan cermin dan melihat diri anda sendiri atau anda menulis apa saja yang mengganggu diri anda.  Ketika anda tahu tentang potensi dirimu misalnya dalam musik. Anda dapat mengasah pengetahuan tentang musik. Karena tidak semua orang mengerti musik.

  1. Tetap positif fokus pada kelebihan bukan kekurangan

Cara mengubah kekurangan menjadi kelebihan diri yang kedua ialah tetap positif terhadap dirimu sendiri. Apapun bentuk kekurangan yang anda miliki, tersimpan kelebihan yang berguna untuk kehidupan anda. Fokus pada kelebihanmu. Atau belajar untuk mengola kelemahan. Kemudian mengasah kekuranganmu untuk menjadikan kelebihan di dirimu sendiri. Atau menerima kelemahanmu agar tidak terlalu menonjol dan terlihat oleh orang lain. Membangun pikiran positif terhadap kelemahanmu, agar kamu dapat termotivasi.

  1. Memotivasi diri sendiri

Cara mengubah kekurangan menjadi kelebihan diri yang ketiga ialah memotivasi di dirimu sendiri agar anda memiliki kekuatan untuk menerima kekuranganmu supaya tidak menghambat kelebihan yang ada di dalam dirimu.  Bayangkan jika kamu fokus pada kelebihanmu,keuntungan apa saja yang dapat kamu peroleh. Ucapkan kata-kata positif ke alam bawah sadarmu, dengan kata-kata tersebut anda membangkitkan energi positif ke pikiran dirimu. Jangan biarkan pikiran negatif tentang kekuranganmu menghambat kelebihan yang sangat berhargadi dirimu.

  1. Mendapat teori lakukan kerja nyatanya

Setelah anda mendapatkan tips ataupun teori tentang membalikkan kekurang menjadi kelebihan, lakukan dengan nyata. Anda memiliki kelebihan dalam bidang komunikasi anda bisa menjadi motivator,pembawa acara tv ataupun radio, bahkan sales. Ketika anda terjun langsung kelapangan tentang kelebihanmu, anda memiliki kegiatan yang positif dan lama kelamaan melupakan kekurangan yang anda miliki. By: Nurus Syarifatul ‘Aini