Cara Menguatkan Tekad Di Dalam DiriNama : Raditya
E-mail : escrxxx@gmail.com
Judul : Cara Menguatkan Tekad Di Dalam Diri
Isi Konsultasi : Saya itu sering sekali mengalami kesalahan yang disengaja, dan terus melakukannya sampai berulang-ulang kali, bahkan kesalaham itu malah menjadi kebiasaan saya. saya ingin sekali berhenti melakukan hal(kesalahan) tersebut, sering juga saya bertekad untuk berhenti melakukan kebiasaan yang salah tersebut, tetapi hanya berjalan beberapa hari saja, sekarang saya baru sadari kalo tekad saya itu lemah, saya ingin sekali memperkuat tekad saya, bagaimana caranya?

Jawaban

Halo Raditya, apa kabarnya? Semoga selalu sehat selalu ya.

Tekad, atau sering juga dikenal sebagai motivasi memang merupakan suatu pendorong yang sangat kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. DI dalam bidang akademis, dan pencapaian ada yang namanya motivasi berprestasi. Bahkan ada pula sebuah motivasi seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan, yaitu motivasi agresi.

Nah, secara umum, anda sudah sangat bagus sekali berhasil melihat kelemahan yang anda miliki, dan juga memiliki niatan untuk berubah. Hal ini menjadi kunci utama yang bisa dijadikan dasar bagi siapapun untuk merubah perilaku mereka. Apalagi anda juga sudah paham, bahwa anda memiliki tekad (motivasi) yang kurang, sehingga keinginan anda untuk berubah tidak berhasil.

Cara Menguatkan Tekad Di Dalam Diri

Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menguatkan tekad. Namun berikut ini adalah salah satu cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menguatkan tekad di dalam diri anda.

Self Talk (Berbicara Kepada Diri Sendiri)

Mungkin anda pernah mendengar tentang self talk ini. Self talk juga bisa dibilang sebagai sugesti kepada diri sendiri. Dengan menggunakan cara ini, anda bisa memberikan sugesti kepada diri anda sendiri, supaya mampu untuk berubah.

Misalnya, anda adalah orang yang sering melakukan kesalahan secara sengaja. Maka self talk yang bisa anda lakukan adalah mengatakan kepada diri anda sendiri dengan perkataan seperti:

“SAYA BISA BERUBAH!” “SAYA HARUS BERUBAH!” “SAYA GAK BOLEH SEPERTI INI TERUS!”

Tiga kalimat itu bisa menjadi contoh self talk yang anda gunakan. Namun, anda bisa menggunakan self talk lainnya, sesuai dengan keinginan anda. Yang terpenting adalah anda harus memperhatikan hal berikut ini:

  • Self talk harus dilakukan sesering mungkin, agar self talk dapat menjadi sugesti yang tertanam di dalam alam bawah sadar anda
  • Self talk harus dilakukan dengan semangat dan pikiran yang positif.
  • Self talk akan lebih efektif ketika anda berada dalam kondisi rileks dan nyaman. Carilah zona nyaman anda, lalu lakukanlah self talk seperti tadi.

Minta Dukungan dan Bantuan Orang Terdekat

Perubahan perilaku akan terasa sulit ketika anda lakukan sendirian. Maksudnya, anda membutuhkan paling tidak satu atau dua orang lain yang memahami kondisi anda, dan mau mendampingi anda dalam merubah perilaku.

Anda bisa meminta tolong kepada sahabat anda, orangtua anda, pasangan anda, atau siapapun yang memahami anda, mengenal anda, dan anda percayai untuk terus memberikan dukungan kepada anda agar mau berubah. Dukungan dari orang terdekat bisa menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi anda dalam merubah perilaku.

Nah, itu adalah beberapa Cara Menguatkan Tekad Di Dalam Diri yang bisa anda lakukan untuk menguatkan tekad di dalam diri anda. Selamat mencoba. Psikologi Mania