Cara Menghindari Stress Jelang UN Berlangsung

Cara Menghindari Stress Jelang UN Berlangsung

December 23, 2016 Off By admin

Cara Menghindari Stress Jelang UN BerlangsungNama : Deaa
E-mail : dea-a.n.t@hotmail.com
Judul : Stress (Cara Menghindari Stress)
Isi Konsultasi : Min mau tanya, cara-cara menghilang stress menurut para ahli untuk anak yang mau menghadapi ujian nasional bagaimana ya? Terima kasih

Jawaban

Cara Menghindari Stress – Menghadapi masa-masa UN adalah sebuah ujian yang pasti akan di hadapi oleh mereka yang sedang menjalani masa pendidikan di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan atas. Hal tersebut memang membuat sebagian besar siswa-siswi mengalami stress.

Stress yang muncul disebabkan oleh beberapa hal, seperti ketakutan jika tidak lulus, bayangan soal yang akan sulit untuk di jawab, hingga tak sanggup melihat hasil yang akan di dapatkan nanti. Di samping itu faktor, guru yang menakut-nakuti tentang kesulitan dalam UN pun kerap kali membuat siswa-siswi menjadi stress.

Terkadang para guru menakut-nakuti siswa-siswi dalam menghadapi UN memang bertujuan baik, yakni agar para siswa-siswi tersebut, bersungguh-sunggu belajar dalam menghadapi masa UN. Namun tak disangka, apa yang dilakukan oleh para guru tersebut, menjadi boomerang. Yakni siswa-siswi mereka justru stress dahulu sebelum benar-benar melaksanakn ujian UN itu sendiri.

Akan lebih bijak jika para guru memberikan ajakan, serta menggunakan cara-cara penyampaian motivasi kakak kelas mereka yang telah berhasil lulus dengan predikat memuaskan. Dengan membangkitkan motivasi berupa impian-impian yang dimiliki oleh sebagian besar siswa, maka harapannya motivasi untukk belajar lebih giat agar siap menghadapi un bisa terlaksana.

Cara Menghindari Stress

Untuk adik dea, agar rileks dalam menghadapi UN adalah yang pertama adalah niat untuk sukses, dan berhasil lulus dengan predikat memuaskan.

Yang kedua adalah meyakini bahwa anda mampu dan bisa dalam menghadapi UN nantinya. Selanjutnya setelah niat, dan motivasi dalam diri telah terbentuk langkah selanjutnya adalah belajar dengan sungguh-sungguh.

Belajar dengan sungguh-sunguh dapat juga di lakukan dengan cara yang mengasyikan loh. Alih-alih belajar sendiri, mengapa dik dea tidak membuat kelompok belajar bersama teman-temannya. Toh itung-itung belajar anda juga bisa menikmati kebersamaan saat-saat terakhir di masa SMA bersama teman-teman bukan?

Dengan belajar bersama, maka proses belajar menjadi asik, disamping itu yang lebih paham juga dapat mengajarkan kepada mereka yang kurang begitu memahami. Jika ada beberapa latihan soal yang membuat bingung secara bersama, tentu akan lebih mudah jika memahaminya secara besama-sama pula daripada harus mempelajarinya dan memahaminya secara sendiri-sendiri.

Rileks saja dalam menghadapi UN, yakin bahwa bisa dan mampu lulus. Setelah lulus semoga pula dapat melanjutkan kuliah atau jenjang selanjutnya sesuai dengan apa yang di cita-citakannya. Semoga berhasil. Psikologi Mania