Cara Menghindari Perselisihan Di Tempat Kerja

Suka maupun tidak, anda akan terlibat dalam kondisi beradu argumentasi ataupun perselisihan dengan rekan kerja di sepanjang karir anda. Sumbernya dapat terjadi dikarenakan pekerjaan yang sangat bervariasi dari waktu ke waktu. Jangankan anda untuk seukuran pejuang bangsa yang menyandang status sebagai pahlawan nasional, dahulunya pun pernah berselisih pendapat mengenai cara-cara merengkuh kemerdekaan bangsa Indonesia.

Lalu bagaimanakah cara kita untuk menghindari perselisihan di tempat kerja tersebut ? dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa sikap yang tepat untuk kita terapkan jika terjadi perselisihan terebut.

Cara Menghindari Perselisihan Di Tempat Kerja

  1. Bersikap Dengan Baik

Perlakukanlah rekan anda sesuai dengan apa yang ingin anda terima perlakuannya. Tentu anda menginginkan untuk diberi perlakuan baik bukan? Untuk itulah maka, anda pun sebaiknya untuk bersikap baik terhadap rekan anda pula. Usahakan untuk tidak terlibat dalam keasyikan menggosip ataupun berpolitik di kantor anda.

Balaslah segera email dari rekan kerja, serta tahanlah lift untuk orang lain. Beberapa hal kecil dan sederhana tersebut mampu untuk memicu rasa dihargainya orang lain. Dan dikarenakan senyum mampu membuat orang benar-benar merasa bahagia, maka jangan sungkan untuk memberikan senyuman paling tulus yang anda miliki.

  1. Mendukung Rekan

Jangan sungkan untuk menawarkan diri anda dalam membantu pekerjaan yang tak dapat dilakukannya. Dengan saling dukung dan membantu akan membuat suasana kantor menjadi suasana yang hangat dan penuh akan kekeluargaan. Ketika suasana tersebut terjadi dan tercipta maka segala macam perselisihan dapat di selesaikan dengan sebaik mungkin.

Jika rekan anda membutuhkan dukungan suara berupa ide yang bagus, maka berikanlah dan bukan tak mungkin dukungan yang anda berikan akan berdampak positif bagi karir anda ke depannya.

  1. Memberikan Pujian

Pujilah rekan di sekitar anda, karena setiap orang akan menyukai pujian daripada celaan dan hinaan. Dengan memuji rekan anda berarti anda secara langsung memberikan sebuah dukungan moril untuknya.

Mungkin tak selamanya kita mampu bekerja sesempurna mungkin, namun kita mampu untuk menciptakan hal yang tak sempurna menjadi nyris sempurna dengan saling bantu, dan menolong rekan kerja kita.

Itulah beberapa hal yang dapat anda perhatikan untuk menghindari perselisihan di tempat kerja anda, semoga bermanfaat. Written by Muhamad Fadhol Tamimy