Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Ilustrasi suasana diskusi kerja

Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja – Bagi Anda yang telah bekerja tentu pernah merasakan stres saat berada di kantor karena harus dihadapkan pada rutinitas pekerjaan yang terkadang begitu memberatkan. Awalnya mungkin stres yang Anda alami dipicu oleh masalah sepele, namun lama kelamaan stres yang Anda rasakan tersebut bisa berpengaruh buruk terhadap kinerja Anda di kantor. Anda tentunya tidak mau kan jika kondisi psikis Anda justru menimbulkan imej yang buruk di hadapan atasan maupun rekan kerja yang lain? Berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa stres ketika berada di kantor:

  1. Bersyukur

Cobalah untuk bersyukur terhadap pekerjaan yang Anda miliki saat ini. Menurut psikolog Robert Emmons, bersyukur bisa memunculkan kekebalan psikologis yang membuat Anda kebal saat dihadapkan masalah kecil maupun besar.

  1. Menghirup napas dalam-dalam

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghirup napas dalam-dalam lewat hidung, kemudian menghembuskannya secara perlahan lewat mulut. Lakukanlah hal ini beberapa kali selama 2-5 menit.

  1. Membagi waktu

Membuat time table (jadwal kegiatan) sangat bermanfaat untuk menyelesaikan deadline Anda. Buatlah daftar pekerjaan dari yang paling mendesak sampai ke pekerjaan yang tidak terlalu mendesak. Jangan sampai Anda stres karena mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

  1. Berbincang dengan teman

Cara lain yang bisa membantu Anda adalah dengan membicarakan permasalahan yang sedang Anda hadapi dengan teman. Saling bertukar pikiran dan meminta saran dari orang lain tentunya bisa sedikit meringankan beban Anda.

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik favorit bisa menjadi cara sederhana untuk menghilangkan stres di kantor. Dengarkanlah lagu-lagu santai yang bisa membuat Anda rileks dan tidak membuyarkan konsentrasi saat bekerja.

  1. Beribadah

Bila Anda adalah seorang muslim, maka tunaikanlah salat. Gerakan-gerakan dalam salat diketahui bisa melancarkan aliran darah ke otak. Selain itu, mintalah pertolongan dengan berdoa kepada Allah.

  1. Beristirahat sebentar

Stres di kantor bisa saja disebabkan karena Anda yang terlalu memforsir diri sendiri. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak dan lakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot Anda yang kaku saat bekerja.

Karena bekerja tak hanya sekedar mencari penghidupan semata, namun dengan bekerja sebenarnya merupakan ladang anda sebagai umat manusia dalam berkarya. Oleh karenanya, bergembiralah dalam bekerja karena kebahagiaan dalam bekerja akan membawa anda menuju kemandirian dan kebermanfaatan dalam hidup. Janganlah hidup hanya semata untuk bekerja tapi bekerajalah anda untuk hidup yang bermakna. By: Muhamad Fadhol Tamimy