Ini Dia Cara Mengatasi Insomnia Efektif Tanpa Resiko Cara mengatasi insomnia efektif. Insomnia merupakan salah satu bentuk gangguan tidur, dimana mereka yang mengalami insomnia biasanya akan sangat sulit untuk memulai dan mempertahankan tidur. Hal ini berkaitan dengan banyak hal, mulai dari masalah kesehatan dan kebugaran tubuh, masalah psikologis, dan juga gaya hidup yang kurang teratur.

Mereka yang mengalami insomnia akan sangat sulit fokus dan berkonsentrasi pada aktivitasnya di keesokan hari, dan tentu saja akan berdampak buruk pada kondisi kesehatannnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia?

Cara mengatasi insomnia sebenarnya adalah susah – susah gampang. Dibutuhkan keinginan yang kuat dan kedisiplinan dalam pola hidup, supaya insomnia bisa hilang dan juga teratasi. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa anda coba:

Cara mengatasi insomnia.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan sulit tidur.

Minuman mengandung kafein seperti kopi adalah salah satu hal yang menyebabkan munculnya insomnia. Bagi anda yang ingin mengatasi insomnia hingga tuntas, anda harus mampu untuk berhenti mengkonsumsi apapun itu yang menyebabkan sulit tidur. Salah satunya adalah kafein, yang terdapat pada berbagai macam minuman populer, salah satunya adalah kopi.

  1. Selalu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan berolahraga rutin

Olahraga rutin adalah salah satu cara mengatasi insomnia yang cukup efektif dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak perlu pergi ke gym tiap hari, namun cukup dengan berjalan kaki setiap akan pergi ke kantor, bermain badminton atau futsal pada akhir pekan, atau melakukan jogging selama 1 hingga 2 jam sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. Olahraga ringan seperti itu akan membantu anda mendapatkan kebugaran tubuh yang baik, sehingga akan sangat membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia

  1. Makan secara teratur

Makan teratur juga dapat membantu anda mengatasi insomnia. Makan pagi, siang, dan juga malam pada waktu yang sudah fix akan membantu anda tidur lebih cepat. Apabila memungkinkan, anda bisa meminum susu putih tawar pada malam hari sebelum anda tidur. Hal ini akan sangat membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia.

  1. Melakukan relaksasi dan meditasi

Meditasi dan relaksasi akan membantu pikiran anda menjadi lebih tenang dan juga rileks. Hal ini juga akan membantu anda secara psikologis dalam mengatasi masalah insomnia. Penelitian mengatakan, bahwa banyak kasus insomnia terjadi karena adanya masalah psikologis, mulai dari masalah psikologi ringan, hingga gangguan psikologis yang sangat berat. Karena itu, relaksasi secara psikologis sangat cocok untuk anda lakukan guna mengatasi insomnia.

  1. Menghindari tidur siang

Ada baiknya, bagi anda yang mengalami insomnia, anda melakukan skip pada tidur siang, alias melewatkan tidur siang. Hal ini akan membantu anda menjadi lebih lelah pada malam hari, dan memungkinkan anda untuk bias tidur lebih baik. Banyak orang yang seringkali sulit tidur karena pada siang harinya melakukan kegiatan tidur siang.

Nah, itu adalah 5 cara mengatasi insomnia alias sulit tidur yang bisa anda coba lakukan. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba, semoga berhasil mengatasi insomnia anda. By: Eduardus Pambudi