Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar? Coba Obati Dengan Ini

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar? Coba Obati Dengan Ini

October 12, 2016 Off By admin

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar? Coba Obati Dengan IniCara mengatasi anak yang malas belajar. Tentu Anda pernah mengalami rasa malas dan enggan untuk melakukan sesuatu, merasa apa yang Anda lakukan adalah hal yang sangat membosankan, hal yang tidak lagi menarik untuk Anda sentuh-sentuh atau Anda kerjakan lagi. Malas biasanya terjadi karena kita terlalu sering melakukan kegiatan yang sama setiap hari dalam kurun waktu yang sudah cukup lama. Anda merasa selalu bisa menyelesaikan kegiatan tersebut dan Anda merasa tidak ada perubahan yang signifikan dengan Anda melakukan kegiatan tersebut.

Lalu, apa kegiatan yang mudah membuat Anda merasa malas melakukannya? Jawabannya adalah belajar. Kegiatan mengerjakan soal-soal, menulis, membaca buku atau membuat tugas terkadang membuat Anda bosan dan malas mengerjakannya karena beberapa alasan yang telah disebut sebelumnya. Padahal, belajar merupakan suatu kewajiban yang harus Anda lakukan. Barangkali kemudian Anda bertanya tentang obat antimalas. Berikut ini ada beberapa obat untuk memberantas malas Anda.

  1. Tujuan Tertulis

Coba buat coretan-coretan kecil untuk menuliskan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Tuliskan tujuan yang ingin Anda capai melalui belajar. Coba tulis dua atau tiga tujuan yang ingin Anda capai lewat proses belajar, kemudian tempelkan kertas tersebut di tembok kamar atau di tempat yang mudah Anda lihat. Dengan membaca terus dan berkali-kali, tujuan tersebut akan tertanam pada pikiran Anda dan Anda menjadi bersemangat oleh hal tersebut.

  1. Strategi Belajar

Coba lihat buku catatan apakah semua tulisan tersebut berasal dari bolpoin warna hitam? Jika iya, cobalah mengganti warna bolpoin Anda ketika menulis judul atau bab baru dengan warna-warna yang lebih cerah. Hal itu akan membuat Anda lebih semangat.

Coba juga menata ulang kembali tempat belajar Anda, mengubah jam belajar Anda, dan mengubah kebiasaan Anda sebelum belajar seperti membasuh wajah dan berdoa terlebih dahulu. Ubah strategi Anda dalam belajar dan hindari melakukan hal yang monoton dengan jangka waktu yang lama agar Anda terbebas dari rasa malas.

  1. Posisi Belajar

Cobalah untuk duduk bersandar ketika belajar jangan memaksa selalu duduk dengan tubuh tegap dan membaca buku dengan jarak yang aman. Setiap orang memiliki posisi kenyamanan yang berbeda-beda ketika sedang belajar. Dengan posisi yang nyaman, Anda akan lebih mudah menyerap informasi dan terjauh dari rasa malas karena Anda nyaman dengan apa yang Anda lakukan.

Malas akan membuat Anda menjadi tidak produktif dalam kehidupan jika terus menerus dibiarkan bersarang pada diri Anda. Cobalah mencari hal-hal yang belum pernah Anda lakukan ketika menjalani proses belajar agar Anda dapat menyegarkan pikiran dan tubuh Anda sendiri. Dengan pikiran dan tubuh yang segar, akan membuat Anda jauh dari malas. Selamat mencoba! By Tri Indarti