Cara Mengajar Anak Membaca Dan Menulis

Cara Mengajar Anak Membaca Dan Menulis

April 28, 2017 Off By Admin

Cara Mengajar Anak Membaca Dan MenulisMengajar Anak Membaca – Bagaimana tingkat kemampuan anak untuk membaca dan menulis akan bisa terlihat maksimal ketika orang tua mengajarkan serta mengenalkan kebiasaan baik. Kebiasaan baik yang dimaksud dalam hal ini adalah mengakrabkan anak dengan buku atau media yang bisa membantu perkembangan anak dalam membaca dan menulis. Catatan penting bagi setiap orang tua adalah jangan sampai menciptakan suasana yang membosankan dalam proses pembelajaran, sehingga semangat belajar membaca dan menulis anak tidak menurun.

Ketika orang tua sudah bisa menciptakan suasana yang menarik dan tidak membosankan, maka secara tidak langsung sudah melakukan langkah pertama dalam pengajaran. Beirikut ini adalah bagaimana cara mengajar anak membaca dan menulis dengan tidak membuat anak cepat bosan.

  1. Perkenalkan Dasar Membaca dan Menulis Dahulu

Langakah awal untuk mengajar anak membaca dan menulis adalah dengan memperkanalkan dasar dalam membaca dan menulis terlebih dahulu. Yang dikenalkan adalah angka dan abjad, sehingga mudah untuk kedepannya. Untuk cara memperkenalkannya bisa gunakan berbagai media atau cara yang sekiranya disukai anak.

  1. Gunakan media yang menarik untuk anak

Media yang digunakan haruslah mampu menarik perhatian anak sehingga dengan mudah nanti kita meneruskan ke tahap selanjutnya. Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, banyak media-media yang bisa mendukung dalam proses pembelajaran untuk anak. Misalkan saja media yang digunakan adalah media elektronik, bisa juga dengan menggunakan cara sendiri. Selain itu, bisa juga menggunakan karpet bergambar atau puzzle sehingga anak bisa belajar sambil bermain tanpa harus merasa bosan.

  1. Mulailah dari kata-kata sederhana

Memulai dari hal-hal yang sederhana adalah cara yang dipercaya efektif dalam mengajar anak membaca dan menulis. Misalnya saja membaca serta mengeja namanya sendiri, ibu, bapak atau nama temannya. Untuk menulis juga gunakan cara yang sama yakni dengan menggunakan kosakata yang tidak asing untuk didengarkan anak. Sehingga akan sangat mudah untuk anak memahami apa yang disampaikan.

  1. Jangan Terlalu Memaksakan Anak

Cara mengajari anak membaca dan belajar adalah dengan tidak terlalu memaksakan anak. Cara ini bertujuan agar mood anak ketika belajar tidak menjadi buruk. Ajarkan saja secara perlahan lalu biarkan anak memahami secara baik dan benar. Apabila anak sedikit kesusahan, langkah yang harus dilakukan adalah membantunya. Membantu anak bisa dengan cara meminta anak mengikuti yang kita ucapkan, tentunya yang kita ucapkan haruslah gampang untuk dieja anak. Sehingga mempermudah anak untuk memahami apa yang akan kita sampaikan.

  1. Lakukan Pembelajaran Secara Berkala

Maksudnya disini adalah bagaimana cara agar anak belajar membaca dan menulis secara perlahan, dan tujuannya adalah untuk menciptakan kebiasaan baik sehingga bisa diterpakan anak hingga tumbuh dewasa nanti. Mungkin hari ini anak diajarkan membaca dahulu, kemudian besok menulis, kemudian besoknya mengisi titik-titik dengan gambar sehingga tidak membosankan.

Demikian artikel mengenai cara mengajar anak membaca dan menulis, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan. By: Nurus Syarifatul ‘Aini