Cara Mendeteksi Kebohongan Dengan Tepat dan JituCara mendeteksi kebohongan – Mungkin kita tidak tahu, apakah orang lain itu benar-benar baik pada diri kita atau tidak. Bisa saja mulutnya manis memuji kelebihan kita. Namun siapa sangka dibelakang, ternyata mereka membeberkan aib kita pada orang lain. Atau kasus lain, seperti pacar yang sangat romantis dan baik pada kita. Namun siapa sangka ternyata ia sering main mata dengan wanita lain.

Mulut adalah bagian tubuh yang bisa dikendalikan oleh otak. Jika otak memerintahkan untuk berbohong, maka ia akan berbohong. Dan apabila otak memerintahkan untuk jujur, maka ia pun akan jujur. Terlepas dari kontrol sosial, berbohong menjadi suatu kebiasaan yang paling mudah untuk dilakukan oleh manusia. Entah bohong pada orang tua, pacar, teman, dan lain sebagainya.

Jika orang yang kita percayai malah berbuat hal yang merusak kepercayaan, tentu saja kita akan marah. Bahkan bisa jadi benci, apabila perbuatan tersebut adalah hal yang sangat tidak disukai.

Sayang, kita bukanlah seorang peramal yang mampu untuk mengetahui isi pikiran dan apa yang ada di dalam hati orang lain. Hanya lewat mulut sajalah mereka mengatakan, entah itu adalah kejujuran atau kebohongan.

Bagaimana kita tahu bahwa ia sedang bohong atau jujur ?

Tentu saja anda harus memiliki keahlian atau kemampuan khusus untuk mengetahui pertanda seseorang tersebut melakukan kebohongan. Bukan sembarangan orang yang dapat dengan mudah mengetahui apakah yang diucapkan itu sebuah kejujuran ataukah perkataan syarat muatan kebohongan. Bisa jadi hal yang paling kita sukai adalah kebohongan yang dibuat oleh orang lain. Atau hal yang kita benci adalah kejujuran yang sesungguhnya.

Ada beberapa tips untuk mengetahui, bagaimana lawan bicara kita mengungkap isi hati dan pikirannya. Cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Hanya anda harus benar – benar jeli untuk melihat apakah ia sedang bohong atau tidak. Lantas, bagaimana hal tersebut dapat di ketahui?

Cara Mendeteksi Kebohongan Dengan Jitu

Coba anda lihat bagaimana bahasa tubuhnya ? Dalam psikologi dikenal dengan istilah gesture dan membaca mimik wajah. Cara ini cukup ampuh untuk mengetahui apakah orang lain sedang berkata jujur atau tidak. Sebab bahasa tubuh adalah bagian dari diri manusia yang tidak bisa diajak untuk berbohong. Sejauh apapun mulut mencoba berbohong, namun gesture selalu menampakkan kejujuran. Oleh siapa saja dan di mana saja.

Lantas seperti apa sajakah bahasa tubuh itu ?

  1. Perhatikan kemana arah bola mata melihat

Cara mendeteksi kebohongan yang pertama adalah memperhatikan mata. Orang yang berkata bohong bisa dilihat dari bagaimana bola matanya bergerak. Ketika anda berkomunikasi dengan orang yang berbohong, perhatikan arah bola matanya. Apakah menuju pandangan arah ke kanan atau ke kiri saat memulai pembicaraan. Jika bola mata ke arah kiri, maka ia sedang mengingat kejadian dan mengungkapkan hal yang sebenarnya. Namun jika mengarah ke kanan, berarti ia sedang berusaha mengarang cerita dengan baik.

2.  Tidak mampu beradu pandangan dengan anda dalam waktu lama

Ketika anda sedang berusaha menemukan kebenaran, coba lihat matanya dalam – dalam. Temukan kebohongan dan kebenaran di dalam matanya. Orang yang berbohong tidak bisa menatap mata anda lama. Ada ketakutan dalam matanya. Selain itu, anda bisa melihat apakah pupil matanya mengecil atau membesar. Jika pupilnya membesar berati ia sedang berusaha jujur.

3. Tangan yang selalu bergerak

Selain memperhatikan mata, anda juga bisa mengamati gestur tubuh lain seperti tangan. Apakah tangan tersebut bergerak kemana – mana seperti mencari cerita baru dan berusaha merangkainya atau tetap diam di tempat. Orang yang berbohong akan cenderung membuat gerakan seperti mengibaskan tangan dan bersedekap.

4. Menjawab pertanyaan dengan lama

Coba amati waktu yang digunakan untuk menjawab pertanyaan. Jika ia mampu menjawab dengan cepat setiap ragam pertanyaan yang anda berikan, berati ia benar – benar berkata sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Namun jika ia menjawab dengan banyak basa basi terutama dalam waktu lama, kemungkinan besar ia tengah berbohong.

Baca juga 7 ALASAN MENGAPA SESEORANG BERBOHONG

Membaca tanda kebohongan orang lain tak lantas mudah untuk dilakukan tanpa adanya pembiasaan melakukan observasi lingkungan sekitar. Dengan mencoba membiasakan melakukan observasi lingkungan sekitar, secara tidak langsung kita melatih kepekaan dalam merasa. By: Izzatur Rosyida


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia

4 Komentar

Komentar ditutup.