Cara Membuat Anak Semangat Belajar Dengan 3 Cara IniAnak yang malas atau tidak semangat dalam belajar merupakan masalah yang sering dialami oleh tenaga pendidik dan orang tua. Hal ini terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi anak menjadi malas dan tidak bersemangat untuk belajar. Anak cenderung lebih suka bermain dengan teman sebaya hingga sore bahkan membuat mereka lelah sebelum belajar. Anak juga lebih suka menonton televisi atau bermain game. Penting sekali untuk mencari cara membuat anak agar semangat belajar

Anak-anak yang malas belajar cenderung berpikiran bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang biasa, tidak istimewa, dan membosankan. Bahkan, anak menganggap bahwa orang tua atau guru hanya membuat mereka sengsara dengan menyuruh mereka belajar setiap hari. Jika nilai mereka jatuh, mereka harus menerima konsekuensi seperti dimarahi di rumah dan harus menanggung rasa malu.

Cara Membuat Anak Semangat Belajar

Anak-anak cenderung belajar untuk menyenangkan orang lain. Anak belum secara sadar butuh belajar. Hal-hal inilah yang sering membuat anak malas dalam belajar. Lalu, bagaimana membuat anak-anak semangat lagi dalam belajar? Coba simak tiga tips berikut.

  1. Sapa dan Peluk

Anda tentu pernah atau sering melihat sang anak pulang dengan wajah yang sangat kusut maupun cemberut. Jika iya, maka sebenarnya mereka sedang merasa terpaksa untuk melakukan proses belajar selama satu hari ini atau selama satu hari ke depan. Mereka hanya berusaha menyenangkan Anda saja, tidak lebih dari itu. Sekarang, cobalah menyapanya dengan riang ketika ia masuk rumah. Perlihatkan wajah senang Anda ketika ia memasuki rumah agar ia menangkap bahwa Anda sudah sangat lama menunggunya di rumah. Tunjukkan pada anak bahwa Anda ingin segera bertemu dengannya. Berikan pelukan sebagai bentuk penghargaan atas kerja kerasnya hari itu. Percaya atau tidak, sebuah pelukan dapat meningkatkan mood anak untuk belajar lagi.

  1. Hypnosleep

Ketika anak tidur, cobalah melakukan hypnosleep. Lebih disarankan ketika tidur di malam hari karena tujuannya adalah merelaksasi pikirannya. Terkadang, anak malas belajar karena ia merasa apa yang mereka lakukan belum membuat Anda senang. Ketika hypnosleeping dilakukan, utarakan bahwa Anda sangat bangga padanya, bahwa Anda sangat menyayanginya, dan Anda sangat berterimakasih dengan apa yang mereka lakukan. Puji mereka dengan tulus agar mereka percaya bahwa Anda sangat mencintai mereka.

  1. Alasan Belajar

Berikan arahan pada anak tentang apa yang akan mereka pelajari. Tunjukkan pada anak alasan mereka harus belajar. Dengan begitu, mereka akan memahami kebutuhan diri mereka sendiri. Hal tersebut akan membuat anak memiliki pikiran bahwa ia sedang belajar untuk dirinya sendiri bukan untuk orang lain.

Mendidik anak memang membutuhkan kerja keras yang ekstra, Anda sebagai orang tua diharuskan memahami karakter anak dan melakukan hal terbaik untuk mereka. Jangan pernah menyerah untuk mendidik mereka. Mendidik dalam hal akademis memang sangat penting namun yang tak kalah penting dengan mendidik mereka agar menjadi pribadi yang positif untuk orang lain. By Tri Indarti