Kenali Ciri–Ciri Dan Karakteristik dari SkizofreniaSkizofrenia merupakan salah satu gangguan psikologis berat, atau bisa dikenal dengan istilah psikosis. Ciri dan Karakteristik dari skizofrenia ini bisa muncul karena banyak hal, dan bisa muncul pada siapa saja. Namun demikian, beberapa penelitian mengatakan bahwa skizofrenia lebih sering terjadi karena faktor atau pengaruh genetik. Jadi, apabila ada anggota keluarga yang mengalami riwayat skizofrenia, maka ada kemungkinan keturunannya pun akan mengalami gangguan skizofrenia ini.

Bagaimana Melihat apakah seseorang mengalami skizofrenia atau tidak?

Untuk dapat melihat apakah seseorang mengalami skizofrenia atau tidak, maka ada beberapa kriteria dan juga karakteristik dari skizofrenia yang bisa anda pahami dan amati. Berikut ini adalah beberapa ciri dan karakteristik dari skizofrenia :

  1. Mengalami delusi

Delusi atau waham merupakan salah satu karakteristik utama dan juga penting yang muncul pada mereka yang mengalami gangguan skizofrenia. Delusi sendiri mengacu pada pemahaman yang salah pada mereka yang mengalami skizofrenia. Contoh dari delusi atau pemahaman yang salah ini misalnya adalah merasa bahwa dirinya adalah seorang nabi, merasa bahwa dirinya adalah Tuhan, merasa bahwa dirinya mampu untuk berpindah – pindah tubuh, dan lain sebagainya.

Delusi lebih dianggap sebagai suatu pemahaman yang tidak masuk akal dan jauh melenceng dari pemahaman dan juga kondisi normal yang biasanya ada pada manusia. Namun demikian, delusi juga bisa saja muncul sebagai suatu gangguan tersendiri, tanpa melibatkan adanya gangguan skizofrenia.

  1. Mengalami halusinasi

Secara sederhana, ciri dan karakteristik dari skizofrenia yang satu ini adalah melihat sesuatu yang tidak ada. Misalnya melihat bayangan – bayangan aneh, yang sebenarnya memang tidak ada sama sekali. Halusinasi yang muncul pada mereka yang mengalami skizofrenia, bukanlah disebabkan karena adanya pengaruh obat – obatan tertentu, ataupun kondisi penyakit medis lainnya yang sering menyebabkan halusinasi.

  1. Pola berbicara yang aneh dan tidak terorganisir

Mereka yang mengalami skizofrenia memiliki karakteristik cara bicara yang khas, yaitu tidak terorganisasi dengan baik. Bisa jadi berbicara asal dan tidak sesuai dengan akal sehat, atau berbicara tidak teratur seperti layaknya orang yang mengalami gangguan bahasa. Seringkali berbicara tanpa adanya lawan bicara, dan yang paling sering adalah tidak nyambung ketika diajak bicara. Anda mungkin membahas A, namun mereka yang mengalami skizofrenia akan membalas percakapan anda dengan Z.

  1. Perilaku yang aneh dan tidak biasa

Orang yang mengalami skizofrenia atau ODS (Orang dengan Skizofrenia) biasanya mengalami pola perilaku yang aneh dan juga seringkali tidak masuk akal. Sering berdiri mematung (seperti pada tipe katatonik), berjalan jalan di tempat yang sama dan muter – muter disitu saja, memungut sampah dan barang – barang di jalan, dan perilaku aneh lainnya yang tidak sesuai dengan akal sehat.

  1. Gejala – gejala negatif lainnya

ODS juga memiliki banyak gejala–gejala negatif. Yang dimaksud dengan gejala negatif adalah gejala yang seharusnya dimiliki oleh orang normal, namun tidak dimiliki oleh ODS. Misalnya saja afek yang datar (tidak tertawa ketika melihat hal yang lucu), atau malah tertawa ketika ada hal yang menyedihkan, dan sebaliknya. Tidak memiliki pola pikir yang rasional, dan masih banyak lagi. Gejala negatif ini banyak muncul pada mereka yang mengalami tipe skizofrenia disorganisasi.

Itu adalah beberapa ciri dan karakteristik dari skizofrenia yang perlu anda ketahui. Ciri dan karakteristik skizofrenia tersebut bisa menjadi dasar juga bagi psikolog atau psikiater untuk melakukan penegakan diagnosis bagi para ODS.

By: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia