Seseorang dapat menjalani hidupnya dengan tentram, menyenangkan dan bahagia apabila bisa menentukan sikap positif yang ternyata berperan amat sangat penting. Dengan menanamkan sikap positif pada diri kita, maka kita akan bisa mengendalikan rasa emosi negatif dan akan lebih mengenali emosi kita sendiri.

Dengan demikian, apabila kita merasa emosi maka kita akan lebih mudah untuk mengendalikan emosi lebih awal, karena telah menanamkan sikap positif pada diri kita. Berikut beberapa cara untuk membangun sikap positif pada diri sendiri guna menjalin relasi dengan orang lain.

  1. Memulai dengan suatu hal positif

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Untuk memulai dengan suatu hal yang positif kita dapat membaca atau bahkan mendengarkan sesuatu yang positif di waktu luang kita. Dengan begitu kita akan tergerak untuk membangun sikap positif pada kehidupan sehari-hari kita sampai dengan menjadi kebiasaan.

  1. Memahami arti sikap positif

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Didalam diri kita terdapat macam-macam emosi, salah satu yang harus kita waspadai adalah emosi negatif yang akan berdampak buruk pada diri kita. Dengan kita memahami arti sikap positif maka kita akan lebih leluasa untuk merasakan kepuasan tanpa harus membiarka diri kita dikendalikan oleh emosi ngatif.

  1. Kenali hubungan emosi positif dengan kesehatan fisik

inilah hal yang akan anda alami jika kurang tidur

Emosi negatif dapat membuat kesehatan kita menjadi tidak terkontrol, salah satunya dapat menyebabkan penyakit seperti jantung koroner. Emosi positif dapat menghambat datangnya penyakit pada diri kita, maka selalu berpikirlah positif untuk menjaga kesehatan kita.

  1. Menyediakan waktu untuk refleksi diri

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Sadarilah bahwa perubahan butuh waktu, tanamkan tekad untuk membangun sifat positif seperti kita menanamkan konsistensi untuk kebugaran dengan melakukan refleksi diri.

  1. Tulislah catatan harian

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Jika kalian malu untuk menceritakan masalah kalian kepada orang lain, tulislah catatan harian. Karena, dengan menulis masalah kita setidaknya akan mengurangi beban emosi kita dan tidak menimbulkan emosi negatif yang mungkin bisa jadi timbul dari opini-opini orang lain.

  1. Cadangan kebahagiaan

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Dengan cadangan kebahagiaan, apabila kita sedang merasakan emosi negatif ingatlah atau pikirkanlah hal-hal positif atau hal yang membahagiakan yang sudah kalian kumpulkan pada cadangan kebahagiaan kalian.

  1. Ingatlah bahwa setiap manusia mempunyai masalah

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Setiap manusia pasti mempunyai masalah kehidupan sendiri-sendiri yng berbeda-beda, entah itu masalah kecil maupun masalah besar sekalipun. Tidak perlu risau atau berpikir bahwa hanya diri kalian yang mempunyai masalah, berpikirlah lebih luas untuk menenangkan emosi negatif kita.

  1. Jangan membiasakan mengkritik diri sendiri

Bagaimana Cara Tepat Dalam Mendeteksi Kesehatan Mental Seseorang?

Dengan kita selalu mengkritik diri sendiri itu akan menghambat perkembangan kemajuan kita dalam menanamkan sikap positif.

  1. Lakukan hal-hal yang anda sukai

Inilah 9 Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda

Apabila kita merasakan emosi negatif kita mengendalikan diri kita, lakukan hal-hal yang kita sukai secara otomatis segala rasa emosi negatif kita akan terlupakan.

Itulah beberapa cara untuk membangun sikap positif pada diri kita, lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam hati. Hanya anda yang melakukan dengan sepenuh hati yang akan merasakan perbedaannya. By: Nurus Syarifatul ‘Aini


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia