Cara Membangun Komunikasi Dengan BaikNama : Kirei na ona ( nma samaran)
E-mail : cshijabalsa@gmail.com
Judul : Membangun komunikasi & Pribadi aneh (Cara membangun komunikasi dengan baik)
Isi Konsultasi : Sya mempunyai problem dalam hal komunikasi terhadap sahabat Deket saya.. Biasanya sahabat itu bsa membuat sya merasa nyaman justru jika sya bersma mereka sya merasa canggung , seperti nya mereka sibuk dengan dirinya sendiri … Kita beda tapi kita tidak pernah bisa menyatukan perbedaan kita ” setiap kita kumpul bareng mereka malah membahas tentang kuliah dan tempat kerja,karena sya tidak ada dikedua nya dalam artian tidak bersama2 sya lebih memilih diam ,karena menurut sya pembicaraan nya gg nyambung dengan sya .. Pernah sya berpikir untuk pergi dri tempat itu nnti disangka sya sombong… Tapi entah kenapa dengan orang yg baru sy Deket sya bebas bercanda,tanpa memikirkan apapun… Apakah sya punya pribadi yang aneh? Sya juga susah berkomunikasi dengan guru sya ” dulu sya muridnya sekarang sya menjadi guru ditmpat guru sya mengajar sya merasa canggung dan tidak pede untuk bercanda sma yg lebih tua…. Kenpa pribadi sya ketika bersma Teman2 ,guru,orang tua itu berbeda … Sya belum bisa menjadi pribadi sya yg sebenarnya … Mohon solusi kak…

Cara Membangun Komunikasi Dengan Baik

Jawaban: Untuk mba kirei na ona, problem yang tengah anda rasakan saat ini adalah beberapa problem yang umumnya terjadi pada mereka yang memiliki kepribadian Introvert. Hal itu normal saja terjadi. Bisa dikatakan sebagai sebuah gangguan jika telah memenuhi beberapa kriteria, misalnya saja telah terjadi dalam intensitas yang berulang dalam satu waktu, di sertai gejala panik dan cemas hebat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan lain sebagainya.

Berada di tengah situasi berkumpul dengan sahabat namun ternyata para sahabat di tengah kita justru sibuk sendiri dengan aktivitasnya dan obrolannya masing-masing memang membuat kita tidak nyaman. Terlebih dalam aktivitas tersebut, mba tidak terlibat aktif di dalamnya. Hal yang membuat rasa tidak nyaman tersebut disebabkan oleh karena, tidak ada timbal baliknya anda di tengah interaksi yang tengah aktif tersebut. Sehingga pada akhirnya anda justru merasakan kesepian di tengah-tengah teman anda yang sedang asik membicarakan berbagai hal yang telah di laluinya.

Ada baiknya mba mencoba ikut berperan aktif saja, apabila sahabat anda membicarakan beberapa topik tersebut. Ikut berperan akitf tak mesti harus bercerita seperti layaknya sahabat anda, namun anda cukup dengan bertanya pun sebenarnya juga merupakan salah satu cara masuk ke dalam percakapan tersebut.

Selain itu, sebenarnya perbedaan di antara sahabat adalah hal yang wajar saja terjadi, yang tidak menjadi wajar adalah jika perbedaan yang kalian miliki justru membuat permusuhan. Karena memang hakikatnya manusia diciptakan dengan keunikan masing-masing termasuk dalam hal pemikiran. Kita tak bisa 100% untuk mampu menyamakan persepsi seperti apa yang kita inginkan dan disukai oleh orang lain. Namun kita mampu mengubah perbedaann tersebut menjadi harmoni dalam persahabatan. Dengan berfikir positif maka perbedaan yang terjadi bukanlah suatu masalah dalam persahabatan.

Untuk permasalahan kesulitan dalam melakukan hal berkomunikasi dengan orang yang lebih dewasa, salah satu cara untuk dapat mengatasinya adalah dengan selalu mencoba berkomunikasi. Mengikuti beberapa komunitas juga merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengatasi kecanggungan dengan orang lain, karena melalui kegiatann tersebut pembiasaan kita dalam berkomunikasi akan terlatih.

Psikologi Mania