Cara Membangun Kepercayaan Diri Lewat Kontak Mata

Cara Membangun Kepercayaan Diri Lewat Kontak Mata

April 4, 2017 Off By admin

Cara Membangun Kepercayaan Diri Lewat Kontak MataNama : Firman
E-mail : firmaxxx@gmail.com
Judul : Sosialisasi (Cara membangun Kepercayaan Diri)
Isi Konsultasi : Salam untuk admin. Saya anak laki-laki berumur 19 tahun. Saya memiliki rasa malu yang cukup berlebihan. Saya sering merasa malu untuk kontak mata langsung. Bagaimana ya cara menghilangkannya?

Konsultasi Psikologi

Jawaban

Cara membangun kepercayaan diri – Hai Firman, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia ya.

Kontak mata langsung memang salah satu hal yang cukup penting dalam hubungan interpersonal. Namun demikian, ketika anda memang sulit (malu) dalam melakukan kontak mata secara langsung, tentu saja anda tidak perlu berkecil hati dan merasa minder. Yang pertama, anda harus memahami betul, bahwa hal itu adalah kekurangan yang anda miliki. Wajar kan seorang manusia memiliki kelemahan dan juga kekurangan?

Nah, ketika anda sudah paham bahwa hal tersebut adalah kekurangan anda, maka selanjutnya anda harus membuat kelemahan/kekurangan yang anda miliki tidak menjadi penghambat anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Apabila rasa malu ini memang sangat mengganggu anda, maka anda bisa berlatih untuk membuat kontak mata terlebih dahulu. Lakukanlah kontak mata dengan orang terdekat anda terlebih dahulu, hingga terbiasa. Setelah berhasil membiasakan diri dengan latihan kontak mata dengan orang terdekat anda, barulah anda mencoba untuk melakukan kontak mata dengan orang lain yang mungkin baru anda kenal.

Namun jika anda juga belum siap untuk melakukan dengan orang-orang terdekat anda, coba untuk melatih di depan cermin. Bayangkan di depan cermin (bayangan anda) tersebut, anda sedang menatap orang lain. Lalu katakan pada bayangan di depan cermin tersebut dengan perkataan “kamu Percaya diri, kamu bisa” berulang kali. Hal tersebut berfungsi untuk membentuk alam bawah sadar anda bahwa anda sebenarnya adalah orang yang percaya diri.

Tidak perlu terburu-buru dalam melakukan latihan kontak mata seperti itu, karena semua butuh proses. Jangan khawatir kalau anda merasa bahwa latihan anda terasa sangat lambat. Asalkan anda yakin akan kemampuan anda, dengan tekad dan keinginan yang kuat, latihan anda dalam membangun kontak mata yang baik, dan juga rasa malu berlebihan yang anda alami pasti akan teratasi dengan baik. Itulah hal yang dapat anda coba tentang bagaimana cara membangun kepercayaan diri lewat kontak mata.

Tetap semangat, dan ingat, jangan sampai kelemahan yang anda miliki menjadi penghambat, tapi jadikanlah hal tersebut sebagai motivasi dan pemercik semangat untuk menjadi orang yang lebih hebat dan lebih baik lagi. Psikologi Mania