5 Cara Jitu Hadapi Moody
Gambar: Ilustrasi moody

Cara Jitu Hadapi Moody

Pernahkah Anda mendengar “Moody”?

Moody erat kaitannya dengan mood atau suasana hati. Suasana hati bisa berubah sesuka hati. Dari senang, tiba-tiba menjadi sedih. Jika kita bisa mengontrol perubahan suasana hati tersebut, tentu tidak akan menjadi sebuah masalah.

Tapi, bagaimana jika perubahan suasana hati secara mendadak itu membuat kita jadi enggan beraktivitas karena terlalu larut dengan perubahan suasana hati? Yang tadinya bersemangat, tahu-tahu jadi loyo dan malas. Ini pertanda bahwa Moody harus segera diatasi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat Moody.

 

  1. Berpura-Pura Ceria

Tidak selamanya berpura-pura itu tidak baik. Saat suasana hati Anda berubah menjadi buruk, berpura-puralah untuk ceria. Memaksa diri untuk ceria akan membuat Anda hanyut dalam keceriaan tersebut. Pada dasarnya, paksa diri untuk memindahkan suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Apa hubungan dari mengubah gaya hidup sehat dengan moody?

Tidak dapat dipungkiri lagi kondisi hidup lebih sehat bisa mempertahankan keceriaan hati. Ada rasa kenyamanan tersendiri pada tubuh yang sehat. Kenyamanan itulah yang kemudian bisa mengawetkan keceriaan hati.

Anda bisa mengubah gaya hidup sehat Anda dengan rajin bangun pagi menghirup udara segar, sarapan sehat, makan makanan yang bergizi, olahraga, dan istirahat cukup. Sempurna!

  1. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Bermanfaat

Saat suasana hati Anda berubah menjadi buruk, Anda harus segera berpindah dari kondisi tersebut. Sebelum suasana hati buruk makin menggerogoti. Anda bisa mengalihkan dengan menyibukkan diri pada kegiatan yang bermanfaat seperti membersihkan kamar, menyapu, mencuci, mengepel, dan lain sebagainya. Mengapa dialihkan pada kegiatan tersebut? Karena ketika Anda berhasil melakukan kegiatan tersebut, ada rasa kebahagiaan tersendiri karena ada perasaan telah “mencapai”. Perasaan itulah yang bisa membuat suasana hati Anda ceria kembali. Selain itu, setidaknya kamar atau rumah Anda juga jadi lebih bersih.

  1. Me Time

Berikan waktu khusus untuk melayani diri Anda. Anda bisa meluangkan waktu untuk sekadar pijat, mendengarkan musik kesukaan, makan makanan kesukaan Anda, membaca buku kesukaan Anda, atau sekadar minum teh hangat saat hujan. Bentuk penghargaan pada diri Anda sendiri dapat memunculkan perasaan positif yang dapat menjaga suasana hati Anda lebih bahagia. Luangkan waktu sehari sekali untuk Me Time Anda.

  1. Belajar Dari Masa Lalu

Akui saja kalau perubahan suasana hati Anda itu berhubungan dengan masa lalu Anda. Bisa saja ada beberapa hal yang menjadikan Anda ingat masa lalu, sehingga suasana hati Anda berubah menjadi tidak nyaman. Jika memang benar demikian, akui saja, tidak perlu malu. Pahami lagi masa lalu Anda. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk perbaikan selanjutnya. Bila perlu, tertawakan kesalahan Anda dulu supaya Anda bisa menerima kesalahan yang pernah Anda lakukan.

Selamat mencoba!

By: Ade Rakhma