Cara bijak Untuk Merubah Perilaku Anak Yang Terlalu Kritis

Cara bijak Untuk Merubah Perilaku Anak Yang Terlalu Kritis

December 20, 2016 Off By admin

Cara bijak Untuk Merubah Perilaku Anak Yang Terlalu KritisNama : xxxolis
E-mail : nexxolis@gmail.com
Judul : Solusi cara mengajarkan pd anak (Cara bijak Untuk Merubah Perilaku Anak Yang Terlalu Kritis)
Isi Konsultasi : Sy mempunyai anak laki2 usia 12 th,secara akademis pinter,bs bergaul tp kadang terlalu kritis thdp temennya shg tersinggung atau marah temennya,sy sdh berusaha untuk mengingatkannya,berubah tp kadang seperti itu lg,sy ingin dia sopan santunnya bagus,apa yg hrs sy lakukan lg?mohon penjelasannya,terima kasih

Jawaban

Hai mba Olis, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia ya.

Anak yang pintar, memang wajar memiliki sikap yang kritis, dan terkadang malah sering menyakiti perasaan orang lain. Mengingatkannya saja kadang tidak cukup, jadi memang harus diberikan semacam pembelajaran yang lebih baik lagi untuk anak anda.

Merubah Perilaku Anak

Salah satu cara merubah perilaku (behavior modification) yang cocok dan cukup efektif diterapkan kepada anak-anak adalah bentuk token economy. Anda bisa membaca lebih lengkap mengenai token economy pada artikel yang sudah pernah diposting di Psikoma.

Pada intinya adalah, token economy mengkombinasikan suatu hadiah/reward berupa token, kupon, tiket, dan semacamnya, yang akan diperoleh si anak ketika berhasil berbuat baik. Nantinya, token, kupon, tiket (sesuai dengan kreatifitas anda), bisa ditukarkan dengan suatu barang, misalnya saja mainan, uang, atau jalan-jalan.

Taruhlah, 10 tiket / token, bisa ditukarkan dengan uang sebesar 10ribu rupiah. 100 token bisa ditukarkan dengan jalan-jalan ke tempat rekreasi yang menarik. Semua hadiah, jumlah token dan sebagainya adalah kreativitas anda sendiri, dan mungkin bisa didiskusikan dengan suami anda, atau orang rumah. Perlu dibuat pula semacam perjanjian atau aturan main kepada si anak. Kapan si anak bisa mendapatkan token, kapan si anak kehilangan token, dan daftar hadiah berikut jumlah token yang diperlukan si anak untuk ditukarkan.

Misalnya saja si anak menyukai sepak bola, maka token bisa anda bentuk menyerupai bola sepak berukuran kecil. Si anak akan memperoleh 1 bola setelah berhasil menjaga sikapnya. Setelah memiliki 10 bola, si anak boleh menukarkan dengan salah satu hadiah yang sudah disepakati. Ini hanya sebuah contoh saja. Anda bisa mengkreasikan token economy sesuai dengan kemampuan dan kreativitas anda. Semoga saran ini dapat membantu menghadapi anak yang sulit diatur. Psikologi Mania