Cara Asik Belajar Di Dalam KelasCara Asik Belajar Di Dalam Kelas. Telah diketahui bahwa belajar merupakan aktivitas rutin yang wajib untuk kita jalankan setiap waktunya. Ia merupakan kebutuhan primer setiap perkembangan umat manusia dalam mendapatkan kemampuan maupun ilmu pengetahuan. Maka tak heran mereka yang cenderung untuk malas belajar, akan tertinggalkan oleh perubahan zaman.

Namun pola belajar yang cenderung monoton dan hanya berpaku pada pembelajaran buku-buku teori semata, malah justru membuat minat belajar menjadi rendah. Jika minat belajar rendah pastilah kemauan untuk berkembang juga rendah. Oleh karenanya diperlukan cara-cara unik untuk menerapkan pola belajar yang asik di dalam kelas.

Berikut ini merupakan cara-cara belajar asik yang dapat diterapkan oleh para guru maupun orang tua di rumah.

  1. Menggunakan Media Wayang, ataupun Boneka

Belajar dengan menggunakan media perwayangan maupun boneka merupakan cara yang di lakukan oleh salah satu walisongo yang menggunakan media wayang untuk menyampaikan dakwahnya. Media ini sangat membantu terlebih jika diterapkan kepada anak usia dini hingga sekolah menengah pertama. Belajar menggunakan boneka cenderung memberikan sebuah imajinasi namun nilai-nilai ilmu pengetahuan di dalamnya pun dapat tersampaikan.

  1. Belajar Di Alam Bebas

Cara Asik Belajar Di Dalam Kelas yang kedua adalah dengan belajar di alam bebeas. Belajar di dalam kelas dengan ruangan yang itu-itu saja tentu menyebabkan kejenuhan. Orang dewasa saja yang bekerja terus menerus di dalam ruangan dapat merasakan kejenuhan, apalagi mereka para anak-anak yang masih suka bermain-main dan bebas. Dengan tipikal usia anak tk hingga sekolah menengah pertama atau bahkan akhir belajar di ruang bebas akan memberikan nuansa baru hingga mampu merefresh otak. Namun perlu di ingat untuk mereka yang berusia tk, sebagai guru harus ekstra tenaga untuk mengkondisikan mereka.

  1. Lesehan

Cara Asik Belajar Di Dalam KelasCara Asik Belajar Di Dalam Kelas selanjutnya adalah dengan cara lesehan. Tak ada salahnya belajar dengan lesehan di lantai kelas di coba. Dengan belajar di lantai sekolah akan lebih memberikan suasana yang adem dan tidak suntuk atau pegal karena harus terus menerus duduk di kursi. Yang terpenting lantai harus terlebih dahulu dalam kondisi bersih.

  1. Belajar Dengan melakukan (learning by doing)

Cara Asik Belajar Di Dalam Kelas selanjutnya adalah Belajar dengan melakukan tak hanya asik untuk di lakukan, namun ilmu yang di pelajari pun akan lebih cepat di pahami.

So tunggu apa lagi itulah Cara Asik Belajar Di Dalam Kelas, kreativitas dalam mengajar di butuhkan demi menciptakan generasi penerus kedepan yang tangguh dan kreatif. By: Muhamad Fadhol Tamimy