Cara Ampuh Membuat Anak Gemar Membaca

Apakah Anda suka membaca dan mengoleksi buku di rumah? Jika iya, lalu apakah si kecil juga suka membaca buku seperti yang Anda lakukan? Jika iya, tentu menyenangkan sekali. Anda bisa melakukan hobi Anda dengan si kecil bersama-sama. Tapi, bagaimana jika si kecil tidak suka dengan buku dan belum mau membaca buku?

Membaca adalah proses menyerap informasi baik yang bersifat serius atau bersifat hiburan. Membaca akan membuat otak merelaksasikan dirinya dan memperbarui informasi yang sudah ada. Membaca juga dapat merangsang kemampuan untuk menulis dan membuat imajinasi serta ide yang segar.

Kebiasaan membaca tentu tidak bisa dicetak secara instan. Kebiasaan ini membutuhkan rangsangan sedikit demi sedikit. Lalu, bagaimana cara membuat si kecil mencintai kegiatan membaca ini? Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan di rumah.

Baca juga artikel sebelumnya tips membantu anak belajar

Cara Ampuh Membuat Anak Gemar Membaca

  1. Dongeng

Dongeng merupakan jenis bacaan yang paling disukai oleh si kecil. Sediakan waktu sebelum Anda dan si kecil tidur untuk mendongenginya. Dongeng untuk si kecil biasanya diberikan ketika si kecil belum bisa membaca kalimat-kalimat dengan lancar atau bahkan si kecil belum bisa membaca sama sekali. Dongeng akan membantu si kecil mengenal tentang apa yang disebut dengan cerita. Selain itu, dia akan membuat imajinasinya sendiri. Jika si kecil sudah bisa membaca, mengenal warna dan gambar, Anda bisa membawa buku dongeng tersebut ke tempat tidur dan mengajak si kecil untuk membuka halaman bersama. Menyenangkan bukan?

  1. Panggung Cerita

Ambil salah satu dongeng di buku yang Anda miliki dan buatlah sebuah panggung cerita. Tak perlu muluk-muluk, cukup ambil kertas kardus bekas yang tingginya kurang lebih 50-75 senti, kemudian gambarlah atau fotokopi gambar tokoh yang ada, gunting dan tempelkan pada lidi atau stik es krim. Jika Anda memiliki boneka tangan akan sangat baik sekali. Setelah itu, berceritalah menggunakan peraga tersebut. Anda juga bisa menambahkan gambar-gambar sederhana dengan warna yang menarik. Lakukan hal ini setiap akhir pekan di sore hari setelah si kecil bangun tidur. Selain menyenangkan, hal ini juga bisa membangun mood yang baik untuk anak belajar membaca.

  1. Temukan Bacaan yang Si Kecil Suka

Ajak si kecil untuk pergi ke toko buku dan lepaskan si kecil di sana. Biarkan tangan-tangan mungilnya menyentuh dan menarik buku-buku tersebut dari rak namun Anda harus terus mengawasinya. Berikan kesempatan pada si kecil untuk mencari buku apa yang ingin dia baca.

Arahkan mereka untuk menemukan buku-buku yang mereka suka. Sebaiknya. Anda memberikan masukan tentang buku-buku atau bacaan yang sesuai dengan usianya namun jangan memaksanya untuk membeli buku yang hanya menurut Anda bagus tapi si kecil tidak suka, ya?

Memberikan ruang yang luas untuk si kecil belajar mencintai kegiatan membaca memang akan membutuhkan waktu dan kesabaran yang tidak sedikit bagi orang tua namun sebagai orang tua, Anda pasti mampu melakukannya, menciptakan hobi tentu boleh-boleh saja asal tidak memaksa dan tidak mengekang si kecil. By Tri Indarti