Anak Takut Masuk Sekolah? Hati-hati, Mungkin Mereka Mengalami Bullying di SekolahBullying di sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat yang bisa dibilang menjadi rumah kedua bagi anak-anak. Mereka belajar dalam waktu yang cukup lama dalam seminggu di dalam sekolah. Sekolah didaulat sebagai tempat belajar dan juga menambah pengalaman anak-anak dalam melakukan berbagai aktivitas, karena itu, kegiatan sekolah adalah hal yang sangat penting yang harus dilalui oleh setiap anak.

Namun demikian, tidak sedikit pula anak-anak yang takut untuk bersekolah. Ketika hal ini muncul, mungkin anda harus waspada, karena bukan tidak mungkin anak anda takut untuk bersekolah karena mengalami bullying di dalam lingkungan sekolahnya.

Bullying, Salah Satu Masalah yang Banyak Muncul di Sekolah

Sudah menjadi rahasia umum, banyak sekali tindakan bullying yang terjadi di sekolah. Paling tidak, dari berbagai informasi di media online, atau bahkan dengan melakukan pencarian di mesin pencari saja, anda akan menemukan berbagai macam kasus bullying anak di lingkungan sekolah. baca juga dampak-dampak dari bullying

Bullying Di Sekolah

Ada beberapa tokoh ilmu sosial dan juga psikologi yang mendefinisikan mengenai arti dari bullying. Coloroso (2004) mengatakan bahwa yang disebut dengan bullying adalah sebuah tindakan intimidasi yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat, terhadap pihak yang lebih lemah. Bullying menurut Sugijokanto (2014) bisa berupa pelecehan melalui kata-kata (verbal) maupun fisik, berupa tindakan-tindakan yang menindas dan melecehkan.

Tidak hanya pada anak kecil (TK dan SD), namun anak yang berusia remaja, seperti SMP dan SMA, bahkan yang sudah duduk di bangku kuliah pun bisa saja mengalami masalah dengan sekolah atau pendidikannya akibat perilaku bullying ini.

Dampak Bullying Dalam Bidang Pendidikan

Bullying diketahui memiliki dampak dan pengaruh yang cukup kuat terhadap dunia pendidikan. Masalahnya adalah, dampak dan pengaruh yang ditimbulkan oleh bullying adalah dampak yang sifatnya negatif, dimana banyak masalah akademis dan pendidikan yang muncul akibat dari bullying ini. Dampaknya bisa berupa :

  1. Nilai akademis atau prestasi akademis anak yang menurun
  2. Anak menjadi takut untuk masuk sekolah
  3. Anak tidak mampu berkonsentrasi dengan baik dengan pelajarannya
  4. Dan masih banyak lagi dampak akademis dari bullying

Sudah banyak sekali penelitian yang mengemukakan bahwa bullying memiliki dampak yang negatif terhadap situasi akademis, mulai dari penyerapan pelajaran, persepsi anak terhadap sekolah atau lembaga pendidikan, hingga prestasi akademis anak di dalam sekolah.

Karena itu, ketika anak anda mogok dan takut untuk masuk ke sekolah, maka anda harus waspada, karena ada kemungkinan anak anda mengalami bullying, terlebih lagi apabila anak anda merupakan tipikal anak yang rentan mengalami bullying, seperti misalnya memiliki ukuran fisik yang kecil dibandingkan teman-temannya, ataupun memiliki kelemahan lainnya yang menjadi “sasaran empuk” pelaku bullying.

Bagaimana Mengatasi Hal ini?

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan kerjasama antara pihak orangtua dengan pihak sekolah, supaya bisa menyelesaikan masalah bullying ini. Anak juga harus bisa diajarkan bagaimana supaya bisa mencegah perilaku bullying di sekolah. Misalnya, ketika si anak di bully di sekolah, maka si anak diajarkan untuk mempertahankan diri supaya tidak ditindas lebih lanjut. Peran guru dan pihak sekolah dalam mengatasi masalah ini juga sangat penting untuk dilakukan supaya tindakan bullying di sekolah bisa diminalisir.

By: Eduardus Pambudi