Bisakah Kita Merubah Kepribadian Kita? Merubah kepribadian – Bicara soal kepribadian, pastinya ada hal yang baik dan juga buruk dari suatu kepribadian. Terlepas dari kepribadian yang dimiliki oleh seseorang adalah gangguan kepribadian atau bukan, muncul banyak pertanyaan, “apakah kepribadian dapat diubah?” Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya dan juga tidak.

Cara Merubah Kepribadian

Ada banyak hal yang membentuk kepribadian seseorang, dan ada juga alasan yang memperkuat bahwa kepribadian bisa saja berubah, dan bisa saja tidak berubah di dalam diri seseorang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apakah kepribadian seseorang dapat berubah.

  1. Kepribadian memiliki kecenderungan permanen dan menetap

Ketika mencapai masa dewasa, atau minimal masa remaja, kepribadian sudah menjadi identitas yang tertanam kuat di dalam diri seseorang. Hal ini membuat jawaban dari pertanyaan “apakah kepribadian dapat diubah?” menjadi TIDAK.

Sangat sulit mengubah kepribadian yang sudah menjadi bagian dari identitas seseorang, apalagi kepribadian tersebut sudah melekat kuat dan bertahan selama bertahun-tahun. Kecenderungan kepribadian yang cenderung permanen dan tetap membuatnya menjadi tidak bisa, atau paling tidak sangat sulit untuk diubah.

  1. Fase hidup dapat merubah kepribadian seseorang

Meskipun pada poin pertama dinyatakan bahwa kepribadian tidak bisa, atau sulit untuk diubah, namun ada beberapa kejadian di dalam hidup seseorang (fase hidup) yang memutarbalikkan pernyataan pertama. Kepribadian seseorang bisa saja berubah apabila seseorang mengalami suatu perubahan di dalam hidupnya.

Misalnya, seorang boss yang pelit dan juga galak, bisa berubah kepribadiannya menjadi lebih dermawan dan juga ramah terhadap orang lain setelah mengalami kecelakaan hebat. Atau seorang antisosial yang memiliki riwayat kriminal berbahaya bisa berubah menjadi orang yang religius, dekat dengan Tuhan, dan juga bertobat karena akan mengalami hukuman mati.

Hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan kepribadian untuk mengalami perubahan adalah ada dan mungkin.

Dari dua penjelasan singkat, maka dapat disimpulkan bahwa kepribadian bisa saja berubah, apabila terjadi suatu hal yang memang benar-benar membuat seseorang  menginginkan perubahan di dalam hidupnya. Namun demikian, butuh suatu usaha atau momen yang benar-benar kuat dan juga tertanam kuat agar seseorang bisa mengalami perubahan kepribadian.

Jadi apabila anda bertanya, apakah kepribadian seseorang bisa berubah atau tidak, maka Jawabannya masih sama, yaitu Ya dan juga Tidak. Semua itu tergantung, seberapa kuat keinginan untuk berubah, dan seberapa kuat momen atau kejadian mampu tertanam dan memotivasi seseorang untuk merubah kepribadiannya, atau minimal merubah sikap dan perilakunya.

Fakta lainnya adalah, tidak semua orang mampu dan mau menginginkan perubahan di dalam dirinya. Beberapa orang mungkin memiliki pendirian yang sangat kuat dan juga teguh, bahkan meskipun sudah ada momen atau kejadian kuat di dalam dirinya, mereka juga belum tentu bisa berubah kepribadiannya. Semua ini kembali lagi kepada individu alias mereka yang melalui kehidupan mereka. Merekalah yang memutuskan apakah kepribadian mereka akan berubah atau tidak. By: Eduardus Pambudi

Categories: Kepribadian

admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia