Bingung Menentukan Pilihan Kuliah di Luar Daerah Atau Lokal

Bingung Menentukan Pilihan Kuliah di Luar Daerah Atau Lokal

March 15, 2017 Off By admin

Bingung Menentukan Pilihan Kuliah di Luar Daerah Atau LokalNama : Ira
E-mail : indaxx@gmail.com
Judul : Kuliah di luar kota ato menetap? (Menentukan Pilihan Kuliah)
Isi Konsultasi : Saya mau konsultan.. saya kan bentar lagi akan melanjutkan pendidikan saya di perguruan tinggi. Sudah lama saya merencanakannya dan mempersiapkan diri (seperti belajar yg giat misalnya dll). Namun 5 bulan yang lalu ibu saya meninggal, dan mengingat dari antara kakak2 saya, saya lebih bisa diandalkan. Saya takut meninggalkan ayah saya di kota kelahiran saya ini. Dan juga ayah saya ga mau menikah lagi katanya. Apa lagi kakak2 saya uda kerja dan sedang menyusun skripsi. Saya takut kakak2 saya pada sibuk hingga tidak bisa merawat ayah saya. Ayah saya juga tidak mau ikut waktu aku ibaratkan kuliah diluar. Bukannya universitas di sini buruk, tapi saya ingin mencoba lingkungan baru dan belajar hal baru. Sebelumnya saya juga suda tanyakan ini kepada guru saya. Dan guru saya bilang \’bahwa semua hal ada pengorbanannya\’. Dia mendukung saya untuk melanjutkannya ke luar kota, dia bilang orangtua saya mungkin mengizinkan. Tapi sebagai anak saya tentu khawatir sama ayah saya dan takut tidak bisa beradaptasi dan malah gagal disana. Bagaimana ini? Apa yang mesti saya lakukan? Tetap di ke luar kota atau melenyapkan mimpi kuliah di luar kota?? (Menentukan Pilihan Kuliah)

Jawaban

Menentukan Pilihan Kuliah – Terimakasih sebelumnya untuk mba ira, semoga pengorbanan anda saat ini akan di balas dengan sebaik-baiknya pemblasan di masa depan nanti. Waktu adalah hal yang tidak bisa di ulang. Ia tidak bisa dimajukan ataupun di mundurkan begitu saja. Oleh sebab itu manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya.

Berkaitan dengan kondisi yang anda alami saat ini, cobalah untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan ayah anda. Apakah ayah anda mengizinkan ataukah tidak. Ataukah ia keberatan ataukah tidak. Perhatikan juga, apakah ayah anda mengizinkan dengan berat hati ataukah ia sangat mendukung demi masa depann Anda. Fikirkan pula usia ayah anda saat ini, dimana Jika usia ayah Anda telah menginjak masa senja seperti 55an ke atas, maka ada baiknya mba ira untuk memikirkan ulang niatan anda tersebut. Karena dengan kita berbakti kepada orang tua, justru kemudahanlah dan kesuksesanlah yang justru akan senantiasa mendatangi kita.

Taukah mba ira, bahwasanya masih banyak kok di luar sana mereka yang sukses bukan dari universitas terkenal atau berstatus unggulan di negeri ini. Bahkan tak sedikit pula yang “MENGANGGUR” atau tidak sukses bahkan ia tercatat sebagai alumnus universitasa terkenal di tanah air ini.

Menentukan Pilihan Kuliah

Mungkin beberapa hal di atas dapat di pikirkan lagi. Jangan pantang menyerah, saat ayah anda berkeberatan jika anda harus kuliah di luar daerah. Meskipun saya yakin, hati seorang Ayah kepada anaknya tentu ingin masa depan anaknya yang terbaik (mengijinkan).

Sekarang yakinkan diri anda, dan rancang masa depan anda, jika memang pilihan terbaik adalah kuliah di sekitar tempat tinggal anda. Jangan khawatir dengan kualitas, karena mutiara di manapun akan tetap berharga, yang artinya dimanapun tempatnya kalau memang Anda adalah orang yang istimewa maka anda tetaplah berharga. Apapu background universitas tempat studi anda.

Justru saat anda berhasil dan menjadi sukses saat anda berkuliah di tempat yang bukan favorit seperti universitas negeri di luar daerah anda, dan anda pun berhasi mengalahkan mahasiswa di luar daerah anda yang menyandang status dari universitas favorit, sangat luar biasa bukan?

Menyeimbangkan keilmuan dan bakti kepada orang tua adalah hal yang luar biasa dan tidak semua orang miliki. Mungkin banyak yang lebih hebat dengan berkuliah di luar daerah di tempat-tempat universitas favorit negeri, namun tidak banyak orang yang juga memiliki adap periaku baik kepada orang tua mereka.

Bangsa kita telah banyak memiliki orang hebat, namun tidak memiliki adab dan akhak. Hal ini bisa kita lihat mereka-mereka yang hebat, justru tersandung kasus korupsi di negeri ini. Oleh sebab itu, jangan patah arang dan minder jika anda harus berkuliah di daerah anda. Apapun tempatnya, apapun universitasnya, selama anda berusaha dan yakin dan diiringi dengan doa, dan disempurnakan dengan Ridho Orang tua maka kesuksesanlah yang akan menghampiri anda.

Ingat waktu kebersamaan dengan orang tua tidak dapat di beli dan diganti dengan kegemilangan keduniawian yang terkadang menyilaukan. Selama orang tua masih ada, maka di situlah ladang amal dan ibadah kita. Psikologi Mania