laptop-868816_1920

Berapa banyak teman yang anda miliki di dunia nyata ataupun di dunia maya? Berapa banyak pula teman yang anda miliki saat ini di salah satu media sosial terbesar di dunia, macam Facebook? Sedikit atau banyak? yah semua pertanyaan yang intinya menanyakan tentang teman ketika bermain facebook.

Layaknya beberapa pertanyaan di atas merupakan bentuk daripada pertanyaan yang seringkali di dengar dalam beberapa kesempatan

Banyak orang–orang yang bertanya, sebenarnya apa sih dampak positif dari memiliki banyak teman di Facebook.

Atau banyak juga dari mereka yang mengatakan, mendingan banyak temen di dunia nyata deh, daripada banyak temen di Facebook. Nah loh, sebelum beranjak kedalam kisruh tersebut ternyata, ada sebuah penelitian yang pada akhirnya memperhatikan pertanyaan–pertanyaan yang simple seperti itu.

Dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, And Social Networking yang berjudul The Facebook Paths To Happiness: Effects of The Number Of Facebook and Self Presentation on Subjective Well-Being Seorang peneliti bernama Jung Hyun Kim melakukan penelitian terhadap hubungan dan juga model struktural antara kebahagian dengan sosial media Facebook.

Dalam penelitian tersebut, salah satu variabel yang digunakan mengacu kepada jumlah teman yang dimiliki di dalam akun sosial media Facebook. Peneliti ini berhasil menemukan beberapa efek memiliki banyak teman di Facebook.

Bermain Facebook

Semakin Banyak Teman Di Facebook Akan Semakin Bahagia

Penelitian yang dilakukan oleh Kim ini menunjukkan bahwa terdapat sebuah model struktural, dimana terdapat sebuah hubungan yang signifikan antara banyaknya jumlah teman di Facebook dengan kebahagiaan yang dimiliki oleh pemilik akun Facebook tersebut.

Menariknya, dari hasil penelitian ini, hubungan atau korelasi antara jumlah teman di Facebook dengan Kebahagiaan pada user account Facebook adalah korelasi secara langsung, yang tidak perlu bermeditasi dengan dukungan sosial. Hal Ini berarti menunjukkan bahwa, siapapun yang memiliki banyak teman di Facebook tak membutuhkan dukungan sosial untuk bisa memperoleh kebahagiaan atau merasakan bahagia.

Jadi, bisa dikatakan, cukup dengan jumlah teman di Facebook saja, anda bisa merasa bahagia dengan mudah.

Lebih lanjut dikatakan oleh Kim dalam penelitiannya menyatakan bahwa jumlah teman yang terdapat pada halaman Facebook seseorang, bisa jadi merupakan sebuah gambaran ataupun bayangan dari pemilik akun Facebook dengan lingkungan sosialnya.

Hal inilah yang membuat mereka seringkali “meningkatkan” atau memberikan yang terbaik untuk mempercantik halaman Facebook mereka, seperti misalnya mengupload profile picture yang terbaik, status updates, dan sebagainya. Anda juga bisa melihat artikel sebelumnya tentang fakta menarik tentang alasan seseorang gemar membuka facebook

Banyak Teman Di Facebook Berdampak Buruk Pada Dukungan Sosial

Meskipun mereka yang memiliki banyak teman di Facebook merasakan kebahagian, namun ternyata penelitian dari Kim juga mengungkapkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi negatif antara jumlah teman di akun Facebook, dengan dukungan sosial yang diterima oleh pemilik akun.

Hal ini disebabkan karena sifat dari media sosial Facebook yang hanya berada di ranah dunia maya, sehingga para user tidak mampu dalam mendapatkan relasi atau hubungan yang dekat secara nyata.

Hal inilah yang menurut Kim bisa menjadi salah satu dampak buruk dari banyaknya jumlah teman di dalam Facebook. Kurang mendapatkan relasi secara real ini menyebabkan pemiliki akun Facebook bisa mengalami kurangnya dukungan sosial terhadap dirinya (dukungan sosial di dalam dunia nyata, bukan di dalam dunia maya).

Nah, itulah salah satu efek dari memiliki banyak teman di Facebook. Apakah anda sudah pernah merasakan efek memiliki banyak teman di Facebook ini?

By: Muhamad Fadhol Tamimy