Berbagai Fakta Menarik Modus Peipuan Modern Abad Ini

Modus penipuan modern. Penipuan saat ini kian marak terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Hal tersebut selain meresahkan, namun juga membawa dampak psikologis yang begitu mengkhawatirkan. Saat ini masyarakat di hantui oleh perasaan khawatir, paranoid, hingga rasa percaya yang kian terkikis akibat maraknya penipuan saat ini.

Mungkin dahulu kita hanya mengetahui modus penipuan dengan berpura-pura meminjam uang lalu tidak dikembalikan. Namun saat ini penipuan sudah berevolusi menjadi modus penipuan yang sangat rapih, terkordinir, dan canggih tekhnologi. Berikut ini akan kita sajikan berbagai fakta menarik modus penipuan modern, yang sekiranya dapat meningkatkan awareness dalam memulai melakukan perjanjian atau hal-hal lainnya.

Fakta menarik Modus Penipuan Modern

  1. Vaksin Palsu

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Vaksin palsu pun menjadi salah satu tren penipuan gaya modern saat ini. Tak hanya itu saja, peredaran vaksin palsu pun menjadi salah satu bisnis haram para oknum yang berkecimpung di bidang medis. Seperti berita yang baru-baru ini terjadi dengan tertangkapnya sepasang suami istri yang mengedarkan vaksin palsu di beberapa rumah sakit di seantero Jakarta. Banyak yang telah menjadi korban vaksin palsu ini. Sementara pelakunya senang-senang tuh di rumah baru, perumahan elite pula.

  1. Belanja Online

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Pesan barang ini itu, lalu transfer sekian juta. Berharap barang-barang pesanan seperti laptop dan gadget di tangan, eh tiba-tiba sekian waktu lama menunggu barang tak kunjung datang. Pun ketika datang, yang di antarkan hanya seonggok sikat gigi dan durian.

  1. Makelar PNS

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Hati-hati dengan modus penipuan yang satu ini. Makelar untuk menjebatani menjadi pegawai negeri sipil ini mungkin tak cuma tren di zaman modern saat ini, melainkan zaman dahulu kala pun sering terjadi. Namun yang membedakan adalah media komunikasi saja yang menjadi ranahnya. Jika dahulu masih harus lewat tatap wajah, sekarang media social pun bisa jadi tempat menjalanakan penipuan yang satu ini.

  1. Makelar PTN

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Penipuan yang satu ini pun juga harus di waspadai. Jangan sampai anda tertipu, khususnya bagi calon mahasiswa baru yang mendambakan jurusan favorit. Bisa jadi makelar yang anda pilih hanya merupakan satpam yang menyamar menjadi salah satu pejabat kampus loh. Daripada anda menggunakan cara yang tidak hallal, mendingan berusaha sendiri. Selain aman, hallal, juga berkah deh ilmunya.

  1. Sales Penipu

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Pelaku ini seringkali mengaku sebagai penjual barang. Namun anehnya mereka, tak memiliki barang yang nampak untuk di jual. Hati-hati dengannya karena bisa jadi mereka memiliki niat jahat untuk menggasak barang berharga di rumah anda.

By: Muhamad Fadhol Tamimy

Sebelumnya