Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

December 26, 2017 Off By admin

Berbagai Fakta Menarik Modus Peipuan Modern Abad Ini

Modus penipuan modern. Penipuan saat ini kian marak terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Hal tersebut selain meresahkan, namun juga membawa dampak psikologis yang begitu mengkhawatirkan. Saat ini masyarakat di hantui oleh perasaan khawatir, paranoid, hingga rasa percaya yang kian terkikis akibat maraknya penipuan saat ini.

Mungkin dahulu kita hanya mengetahui modus penipuan dengan berpura-pura meminjam uang lalu tidak dikembalikan. Namun saat ini penipuan sudah berevolusi menjadi modus penipuan yang sangat rapih, terkordinir, dan canggih tekhnologi. Berikut ini akan kita sajikan berbagai fakta menarik modus penipuan modern, yang sekiranya dapat meningkatkan awareness dalam memulai melakukan perjanjian atau hal-hal lainnya.

Fakta menarik Modus Penipuan Modern

  1. Mama Minta Pulsa

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Lagi asik-asiknya kumpul bareng keluarga, tiba-tiba ada sms masuk, “nak kirim pulsa ke No.xxxxx mama lagi di kantor polisi” padahal ibu anda sedang asik masak di dapur tuh atau sedang asik ngerumpiin anak tetangga. Bersyukurlah jika hal ini terjadi ketika anda lagi bersama ibu anda, jadi fikiran anda tenang. Namun apa jadinya jika anda berada di luar yang notabenenya tidak bersama ibu, wihh amsyong dah uang pulsa melayang.

  1. Ketik Amin/ Klik Disini

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Pernah liaat kan, beberapa postingan di media social macam facebook. Biasanya apa yang di posting berbau agama, namun anehnya di akhir kalimat di anjurkan untuk meLike and share, atau menyertakan link yang ternyata isinya berbeda dari postingan di media social. Bahkan tak sedikit yang mengarah pada pop-up iklan yang super-duper ngebetein, karena pada akhirnya perangkat laptop maupun ponsel secara otomatis mengarah ke pop up dengann sendirinya.

Duh semoga mereka yang menjual nama agama untuk menanggup keuntungan di berikan hidayah dari-NYA Aminnn.

  1. Bang Antrein Eneng

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Penipuan zaman modern selanjutnya adalah dengan menggunakan umpan eneng eneng cantik yang lagi tersesat atau butuh tumpangan. Biasanya mereka yang terkena tipuan jenis ini adalah para om-om yang demen genitan sama eneng emess. Berhati-hati lah kaum laki-laki karena di setiap godaan itu aka nada wanita sebagai umpan hehe.

  1. MLM Bodong

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

MLM bodong ini kerap terjadi dengan menjanjikan segudang keuntungan dan juga iming-iming rumah, mobil, peswat, hingga kapal pesiar. Duh jika kita bisa rasional saja, pernahkah terbersit dalam fikiran anda, jika memang mereka benar mengapa tidak sekalian di modalin hingga di tuntun sekalian. Kok malah kita ya, yang di suruh stor dan beli ke pada mereka.

Udah setor banyak modal eh ga taunya apes di dapat, upliners yang mengajak malah kabur entah kemana brohh… sedih jadinya 🙁

Terkadang MLM memang bisnis yang membunuh para downliners. Kita diperas secara tidak langsung untuk menguntungkann upliners lohhh. Think again sebelum ikut bisnins MLM bodong.

  1. Arisan Tipu-Tipu

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Arisan tipu-tipu ini juga kerap kali terjadi, terlebih di media online sebgai perantaranya. Karena terbujuk iming-iming mendapatkan keuntungan sampai dengan 150%, lantas rela menggelontorkan modal sampai puluhan juta. Setelah bulan berganti bulan, yaelahhh amblas tong tanpa bekas.

  1. Hutang

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Terkadang meminjamkan teman atau siapapun yang membutuhkan tanpa adanya ikatan perjanjian hitam di atas putih sangat beresiko loh. Boro-boro deh hutang sampai ratusan juta rupiah, lah hutang ratusan ribu saja jika tidak di buat akta perjanjian bisa menguap begitu saja tuh. Lah yang hutang mah asik-asik amnesia tiba-tiba seperti hilang tanpa jejak. Atau kasus unik mereka yang hutang ketika hendak di tagih, justru malah marah sama yang menagih, dunia memang telah berubah.

 

  1. Vaksin Palsu

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Vaksin palsu pun menjadi salah satu tren penipuan gaya modern saat ini. Tak hanya itu saja, peredaran vaksin palsu pun menjadi salah satu bisnis haram para oknum yang berkecimpung di bidang medis. Seperti berita yang baru-baru ini terjadi dengan tertangkapnya sepasang suami istri yang mengedarkan vaksin palsu di beberapa rumah sakit di seantero Jakarta. Banyak yang telah menjadi korban vaksin palsu ini. Sementara pelakunya senang-senang tuh di rumah baru, perumahan elite pula.

  1. Belanja Online

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Pesan barang ini itu, lalu transfer sekian juta. Berharap barang-barang pesanan seperti laptop dan gadget di tangan, eh tiba-tiba sekian waktu lama menunggu barang tak kunjung datang. Pun ketika datang, yang di antarkan hanya seonggok sikat gigi dan durian.

  1. Makelar PNS

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Hati-hati dengan modus penipuan yang satu ini. Makelar untuk menjebatani menjadi pegawai negeri sipil ini mungkin tak cuma tren di zaman modern saat ini, melainkan zaman dahulu kala pun sering terjadi. Namun yang membedakan adalah media komunikasi saja yang menjadi ranahnya. Jika dahulu masih harus lewat tatap wajah, sekarang media social pun bisa jadi tempat menjalanakan penipuan yang satu ini.

  1. Makelar PTN

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Penipuan yang satu ini pun juga harus di waspadai. Jangan sampai anda tertipu, khususnya bagi calon mahasiswa baru yang mendambakan jurusan favorit. Bisa jadi makelar yang anda pilih hanya merupakan satpam yang menyamar menjadi salah satu pejabat kampus loh. Daripada anda menggunakan cara yang tidak hallal, mendingan berusaha sendiri. Selain aman, hallal, juga berkah deh ilmunya.

  1. Sales Penipu

Berbagai Fakta Menarik Modus Penipuan Modern Abad Ini

Pelaku ini seringkali mengaku sebagai penjual barang. Namun anehnya mereka, tak memiliki barang yang nampak untuk di jual. Hati-hati dengannya karena bisa jadi mereka memiliki niat jahat untuk menggasak barang berharga di rumah anda. By: Muhamad Fadhol Tamimy